x

Apa Kabar Pemain Persija yang Tampil di Liga Champions Asia 2001/02?

Minggu, 10 Februari 2019 14:45 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Pemain Persija yang sempat rasakan tampil di Liga Champions Asia 2002, diantaranya Anang Maruf

INDOSPORT.COM – Salah satu klub ternama sepak bola Indonesia, Persija Jakarta memiliki kesempatan bermain di babak kualifikasi Liga Champions Asia musim 2019 ini. Itu terjadi ketika ketika mereka berhasil menjadi juara di Liga 1 2018 lalu.

Tantangan berat harus dilalui Persija untuk bisa mendapatkan satu tempat di penyisihan grup Liga Champions Asia 2019 mendatang. Tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut harus melewati tiga pertandingan terlebih dahulu.

Persija sendiri sudah menyelesaikan tantangan pertamanya saat menumbangkan Home United beberapa hari lalu. Namun mereka masih harus menghadapi klub asal Australia, Newcastle Jets dan Kashima Antlers (jika menang atas Newcastle Jets).

Baca Juga

Jika Persija bisa menorehkan kemenangan di kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019 kontra Newcastle Jets, maka momen 2001/02 akan terulang kembali. Pasalnya, Persija akan kembali berhadapan dengan raksasa Jepang di babak terakhir kualifikasi Liga Champions Asia.

Persija saat itu harus menelan pil pahit ketika dibantai 1-4 atas Kashima Antlers di kualifikasi Liga Champions 2001/02 silam. Satu-satunya pemain Persija yang sukses menyarangkan gol adalah Budi Sudarsono.

Lalu bagaimanakah kabar para pemain Macan Kemayoran yang telah berjuang di kualifikasi Liga Champions 2001/02 silam? Berikut INDOSPORT mencoba untuk memberikan informasi mengenai empat pemain inti Persija pada pertandingan tersebut.


1. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono menjalani peran baru sebagai asisten pelatih Kalteng Putra FC.

Budi Sudarsono merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Persija. Hal itu terbukti ketika mantan penyerang Timnas Indonesia tersebut berhasil menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol di kualifikasi Liga Champions Asia 2001/02.

Setelah pensiun, Budi memutuskan untuk menekuni dan terjun langsung ke dunia politik, profesi yang tak lazim dilakukan oleh olahragawan. Pria berusia 38 tahun tersebut maju untuk bertarung menjadi Caleg Pileg 2019 yang diusung PPP.

Kabar pencalonan tersebut diperkuat oleh pernyataan Wasekjen PPP, Achmad Baidowi. Menurutnya, Budi telah resmi diusung oleh partainya guna mengikuti pencalonan di Pileg 2019.


2. Bambang Pamungkas

Selebrasi khas pemain senior Persija, Bambang Pamungkas setelah mencetak 1 gol untuk Persija.

Bambang Pamungkas menjadi salah satu pemain Persija Jakarta yang diberikan kesempatan untuk bermain di kualifikasi Liga Champions Asia 2001/02. Meski usianya masih sangat muda, namun Bambang tetap dipercaya memainkan peran di pertangahan pertandingan.

Penyerang yang lebih akrab disapa Bepe tersebut nyatanya menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif di persepakbolaan Indonesia. Seperti yang diketahui, Bambang Pamungkas masih terdaftar sebagai pemain Persija di kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Bambang Pamungkas sendiri tak diberikan kesempatan bermain di putaran pertama kualifikasi Liga Champions Asia kontra Home United. Dirinya hanya duduk dibangku cadangan selama 90 menit.


3. Anang Ma’ruf

Anang Ma’ruf saat jadi pengemudi ojek online.

Anang Ma’ruf merupakan salah satu pemain ternama di era 90-an. Bagaimana tidak, dirinya selalu memperkuat klub-klub besar di awal karier sepak bola profesionalnya, yakni Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta.

Meski demikian, namun kehidupan Anang Ma’ruf sendiri tak segemilang yang dipikirkan. Pasalnya, sang bek kiri tersebut sempat dikabarkan mengalami kesulitan finansial hingga memaksa dirinya menjadi pengemudi ojek online.

Gendut Doni

Gendut Doni saat berseragam Persija.

Gendut Doni merupakan pemain andalan di lini serang Persija Jakarta pada periode 2000-2002 silam. Sayangnya Gendut Doni tak mampu memberikan kontribusi nyata untuk Persija di pertandingan kontra Kashima Antlers beberapa tahun silam.

Baca Juga

Pria yang kini sudah berusia 40 tahun tersebut akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2012 lalu. Persikota Tangerang pun menjadi klub terakhir Gendut Doni dalam karier sepak bola profesionalnya.

Kini Gendut Doni pun dikabarkan telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Meski demikian, Gendut Doni masih cukup aktif bermain sepak bola bersama rekan-rekan kerjanya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Persija JakartaBambang PamungkasLiga Champions AsiaAnang Ma'rufBudi SudarsonoLiga IndonesiaGendut DoniKashima AntlersTRIVIA

Berita Terkini