x

Klub Sekota Ini ‘Kompak’ Berganti Nama di Musim 2019, Perseru Menyusul?

Minggu, 10 Februari 2019 07:10 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Skor akhir 2-4 untuk Bogor FC.

INDOSPORT.COM – Kabar pengunduran diri Perseru Serui dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia mengejutkan banyak pihak.

Perseru Serui dikenal sebagai klub yang pantang menyerah. Dua musim berturut-turut klub berjuluk Cendrawasih Jingga itu selalu selamat dari jeratan degradasi di pekan terakhir.

Tak khayal, banyak pecinta sepak bola Indonesia yang menyayangkan kepergian Perseru Serui dari Liga 1. Menurut kabar yang diunggah akun Twitter @kotaserui, Perseru Serui mundur lantaran alasan finansial dan tidak adanya sponsor.

Baca Juga

Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut terkait masa depan Perseru Serui, apakah akan merger dengan klub lain, turun kasta ke divisi yang lebih rendah, atau kemungkinan yang lain.

Melihat pengalaman klub-klub Indonesia sebelumnya, akuisisi menjadi salah satu solusi mengatasi krisis. Namun demikian, akuisisi berdampak pada ‘penjualan’ nama dan identitas daerah.

Di sisi lain, ada klub-klub sepak bola Indonesia yang berganti nama pada musim 2019 nanti. Menariknya, mereka berdomisili di kota yang sama! Ya, Bogor.

Mereka seakan ‘kompak’ karena secara tidak langsung berasal dari kota yang sama dan bermarkas di stadion yang berdekatan. Namun demikian, latar pergantian nama mereka memiliki perbedaan.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com mengulasnya untuk Anda.


1. PSI TIRA-Persikabo

Tira Persikabo

Tim sepak bola yang mayoritas diisi oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), PS TIRA, resmi mengubah nama menjadi PS TIRA Persikabo.

Kepastian perubahan nama ini diutarakan oleh Yandri selaku Sekretaris klub. Menurutnya, perubahan nama ini dilatarbelakangi oleh merger antara PS TIRA dengan Persikabo Bogor.

"Fix untuk nama kita di musim 2019 menjadi PS TIRA Persikabo," ucap Yandri ketika dihubungi awak portal berita olahraga INDOSPORT.com

Baca Juga

"Perubahan nama ini juga karena kita telah merger dengan Persikabo. Sehingga nama tersebut menjadi nama baru kita."

Logo klub PS TIRA Persikabo juga resmi diganti. Menariknya, dalam logo baru tersebut tetap tersemat dua logo lama masing-masing klub, PS TIRA dan Persikabo.

Namun demikain, jika melihat penyataan Presiden Klub TIRA Persikabo Bimo Wirjasoekarta masih melekatnya nama dan logo lama tersebut memang sesuai tujuan awal mereka yang tidak mau menghilangkan akar sejarah sepak bola di kota Bogor.

Baca Juga

"Pergantian nama ini  sesuai dengan tekad dan harapan kami untuk membangkitkan kembali sejarah sepak bola Bogor tanpa melupakan sejarah-sejarah sepakbola Bogor yang sudah ada sampai saat ini," terang Bimo Wirjasoekarta.

"Saya pastikan identitas dan sejarah Persikabo sebagai tim kebanggaan masyarakat Bogor tidak akan hilang karena ini sifatnya merger bukan akuisisi.”


2. Pajajaran Bogor FC

Logo Bogor FC.

Bogor FC merupakan klub yang baru saja promosi ke Liga 2 tahun 2018 lalu. Mereka kini membawa semangat baru dengan melakukan ‘merger’ dan pergantian nama.

Klub berjuluk Laskar Kujang ini menambahkan nama ‘Pajajaran’ di depan nama awal mereka sehingga berubah menjadi Pajajaran Bogor FC.

Menurut CEO Bogor FC, Effendy Syahputra, alasan penambahan nama tersebut karena Bogor FC ingin ‘merger’ dengan masyarakat dan kejayaan masa lalu Bogor Raya.

Baca Juga

“Kami ingin mengusulkan penambahan nama Padjajaran kepada PSSI di Kongres tahunan nanti,” ujar Effendy Syahputra dikutip dari Instagram resmi klub.

“Dengan pertimbangan geografis dan pengembangan klub Bogor FC ini, yang diharapkan mampu merangkul semua wilayah Bogor dan sekitarnya, juga menginspirasi kami untuk mengembalikan kejayaan Padjajaran tempo dulu.”

Pajajaran Bogor FC memilih Stadion Mini Cibinong sebagai markas mereka di kompetisi Liga 2 2019. Pemilihan stadion tersebut dilandasi nilai magis dan historisnya.

Baca Juga

“Kami milih Stadion Mini Cibinong karena stadion ini magis dan bersejarah. Banyak sejarah kejayaan sepak bola Bogor ditorehkan di sini dan kami ingin Laskar Kujang kembali mencetak sejarah di stadion ini,” ujarnya.

Bogor FC serius membangun tim. Usai merekrut mantan pemain asing Persib Bandung, Vladimir Vujovic sebagai pelatih, mereka turut memboyong pemain bintang dari Liga 1.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

PersikaboLiga IndonesiaBogorBogor FCPS TIRATRIVIATira-Persikabo

Berita Terkini