x

Perebutkan Juara Tiga di Piala Presiden, 3 Klub Ini Malah Terdegradasi dari Liga 1

Sabtu, 2 Maret 2019 16:06 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga klub yang perebutkan juara tiga Piala Presiden langsung terdegradasi dari Liga 1

INDOSPORT.COM – Turnamen pramusim Piala Presiden 2019 telah berlangsung pada hari ini, Sabtu (02/03/19) sore WIB. Pertarungan antara Persib Bandung vs TIRA-Persikabo pun akan menjadi pembuka di ajang ini.

Namun Piala Presiden ini nyatanya memiliki sebuah kutukan tersendiri bagi para klub dan pemain yang hadir di ajang tersebut. salah satunya adalah top skor Piala Presiden di setiap ajang tak berhasil menorehkan hal yang sama di Liga 1.

Hanya penyerang Persija Jakarta Marko Simic yang terbilang masih bertaring di Liga 1 setelah menjadi top skor Piala Presiden 2018. Sedangkan dua top skor lainnya, yakni Cristian Gonzales dan Zulham Zamrun, justru melempem ketika bermain di Liga 1.

Baca Juga

Tak hanya itu, beberapa klub yang berprestasi di Piala Presiden justru berakhir tragis ketika bersaing di Liga 1. Karena klub yang memperebutkan juara ketiga di Piala Presiden dalam dua edisi terakhir, harus turun kasta ke Liga 2.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga tim yang berprestasi di Piala Presiden, namun harus terdegradasi dari Liga 1 pada tahun yang sama.


1. Semen Padang

Logo Semen Padang.

Semen Padang tampil cukup mengesenkan di Piala Presiden 2017 lalu. Karena tim yang mendapatkan julukan Kabau Sirah tersebut berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan di penyisihan grup dengan kemenangan.

Mereka pun berhasil melangkahkan kaki hingga semifinal hingga akhirnya disingkirkan Arema FC di babak tersebut. Itu pun membuat Semen Padang harus memperebutkan peringkat ketiga menghadapi Persib Bandung. Namun, mereka kalah 0-1 dari Persib.

Meski demikian, ini menjadi catatan yang sangat baik bagi Semen Padang untuk melangkah jauh di ajang ini. Namun catatan fantastis di Piala Presiden 2017 itu justru berakhir tragis di Liga 1 2017. Karena mereka harus terdegradasi ke Liga 2 usai mendekam di posisi ke-16.


2. Sriwijaya FC

Ilustrasi logo Sriwijaya FC.

Sriwijaya FC menjadi salah satu tim yang harus menerima hasil buruk di Liga 1 setelah tampil mengesenkan di Piala Presiden. Karena setelah Sriwijaya berhasil menjadi juara ketiga di Piala Presiden 2018, namun harus terdegradasi dari Liga 1 pada musim yang sama.

Namun hal mentgejutkan terjadi ketika tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut harus turun kasta ke Liga 2 setelah mendekam di peringkat ke-17 pada musim lalu.

Sriwijaya sendiri sukses berada di peringkat ketiga dalam ajang Piala Presiden 2018 setelah menumbangkan PSMS Medan dengan skor telak 4-0.


3. PSMS Medan

Logo PSMS Medan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika PSMS Medan berhasil melangkahkan kakinya ke babak perebutan peringkat ketiga di Piala Presiden 2018 lalu. Saat itu, PSMS Medan harus ditumbangkan 0-4 saat berhadapan dengan Sriwijaya.

Meski begitu, PSMS Medan telah memperlihatkan permainan yang fantastis karena mereka berhasil menumbangkan tim sekaliber PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya di ajang Piala Presiden 2018.

Baca Juga

Namun tim yang mendapatkan julukan Ayam Kinantan tersebut harus mengalami kegagalan di Liga 1 2018 setelah mereka tergusur dari kasta teratas sepak bola Indonesia. Itu terjadi ketika PSMS Medan berada di dasar klasemen Liga 1 2018.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Semen PadangSriwijaya FCPSMS MedanPiala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2017Piala Presiden 2018TRIVIA

Berita Terkini