x

Pernah Jadi Top Skor PSIS dan Kesayangan Bobotoh, Bagaimana Kondisi Terbaru Julio Lopez?

Kamis, 23 Mei 2019 13:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Julio Lopez, merupakan salah satu striker asing terbaik yang pernah ada di sepak bola Indonesia. Dia terkenal bersama PSIS Semarang dan juga jadi kesayangan Bobotoh.

Pastinya membingungkan, kenapa Julio Lopez yang terkenal melegenda bersama PSIS Semarang namun juga jadi kesayangan Bobotoh, suporter setia Persib Bandung?

Ya, Julio Lopez memang sempat membela Persib Bandung. Meski singkat, penampilannya membuat Bobotoh jatuh hati dan dia bahkan mendapat julukan J-Lo di Persib Bandung.

Baca Juga

Pertama kali datang ke sepak bola Indonesia pada musim 2001/02, Julio Lopez bergabung bersama PSIS Semarang dari klub asal Chile, CD San Luis de Quillota.

Bersama PSIS Semarang, Julio Lopez langsung tampil ganas dengan torehan 16 gol dari 25 penampilannya di Divisi Utama Liga Indonesia 2002. Dengan jumlah gol tersebut, J-Lo menjadi pemain asing dengan gol terbanyak dalam satu musim.

Julio Lopez pun menarik perhatian Persib Bandung yang akhirnya resmi bergabung di putaran pertama Liga Indonesia 2004 silam. Namun Julio Lopez hanya bertahan satu putaran saja, dia dicoret oleh klub berjuluk Maung Bandung itu.

Meski hanya bermain sangat singkat di Persib Bandung, Julio Lopez menjadi pemain kesayangan Bobotoh. Bahkan julukan J-Lo berasal dari Bobotoh untuk Julio Lopez.


1. Julio Lopez Sempat Bermain di Sepak Bola Eropa

Eks striker PSM Makassar, Julio Lopez.

Yang mengejutkan, setelah dicoret Persib Bandung, Julio Lopez meniti karier di sepak bola Eropa dan sempat pulang kampung membela klub Chile hingga 2007, sebelum memutuskan kembali ke Indonesia.

Tahun 2007, dia kembali mewarnai sepak bola Indonesia dan juga pulang ke PSIS Semarang. Musim tersebut, PSIS memang tidak terlalu berprestasi, namun berbeda dengan Julio Lopez.

Julio Lopez berhasil kembali menunjukkan ketajamannya di depan gawang lawan, dengan torehan 20 gol dari 26 penampilannya untuk PSIS Semarang. Membuat total torehan golnya menjadi 36 gol untuk PSIS.

Baca Juga

Rekor gol ini bertahan lebih dari 10 tahun sebelum disamai oleh Hari Nur Yulianto pada Juni 2018 lalu saat mencetak satu-satunya gol kemenangan PSIS Semarang atas Borneo FC di Liga 1 2018.

Tampil moncer bersama PSIS Semarang, Julio Lopez memutuskan untuk pindah klub lagi. Tahun 2008, giliran PSM Makassar yang dibela dan berpasangan dengan penyerang senegaranya, Alfredo Figueroa.

Bersama PSM Makassar, dia mencetak sebanyak 15 gol selama satu musim. Sayang sekali, PSM Makassar mentok di posisi ke-8 klasemen akhir Indonesia Super League 2008/09.

Kondisi Julio Lopez Saat Ini

Julio Lopez, eks bintang Persib Bandung memilih menghabiskan waktu dengan putrinya yang masih berusia balita. (Foto: instagram.com/juliojlolopez)

Setelah PSM, beberapa klub Indonesia juga pernah dibela oleh Julio Lopez sebelum pensiun. Yakni Persiba Balikpapan, Persisam Putra samarinda, Persijap Jepara dan Persikabo Bogor.

Di Persiba Balikpapan, Julio Lopez juga tampil cukup moncer dengan torehan 15 gol. Dia menempati urutan kelima top skor Indonesia Super League 2009/10, kalah empat gol dari Aldo Barreto yang bersinar di Bontang FC.

Persikabo Bogor menjadi klub yang beruntung menjadi persinggahan terakhir Julio Lopez sebagai pemain sepak bola di Indonesia. Julio Lopez memutuskan pensiun pada awal tahun 2012 lalu.

Baca Juga

Kini, Julio Lopez sudah tidak aktif lagi dalam dunia sepak bola, baik itu Indonesia atau juga di negara asalnya, Chile. Kabar terbarunya, dia terlihat memilih hidup tanpa sepak bola dan mengurusi putri cantiknya yang masih balita.

Kabar ini didapat dari unggahan Instagram Julio Lopez yang bernama @juliojlolopez. Meski sudah lama tak muncul, kolom komentar masih dibanjiri oleh para pecinta sepak bola Indonesia, khususnya Bobotoh.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersikaboPSIS SemarangBobotohPersiba BalikpapanIndonesia Super League (ISL)Liga IndonesiaLiga 1FeatureBola Indonesia

Berita Terkini