x

San Siro Lebih Beruntung, 8 Stadion Ini Diabaikan bagaikan Rumah Hantu

Selasa, 25 Juni 2019 18:36 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Stadion Candlestick Park, stadion di California yang ditutup sejak tahun 2014 dan kini tampak tak terurus.

INDOSPORT.COM – Kandang klub sepak bola AC Milan dan Inter Milan, San Siro atau Giuseppe Meazza siap dibongkar dan dibangun stadion baru.

Media La Repubblica menyebut, AC Milan dan Inter Milan sepakat mendirikan stadion baru setelah lama memakai San Siro bersama-sama sejak 1947.

Belum ada kepastian waktu pembongkaran San Siro. Stadion milik Pemerintah Kota Milan itu diharapkan sudah dapat digunakan kembali pada musim 2022/23.

Berdiri megah di kota Milan, San Siro menjadi satu-satunya stadion di sana. Mau tidak mau, AC Milan dan Inter Milan harus menggunakan stadion sewaan tersebut.

Baca Juga

Legenda AC Milan, Gennaro Gattuso, sempat melontarkan pesan menohok mengenai rencana pembongkaran San Siro. Menurutnya, bermain di San Siro yang lama sudah seperti mimpi.

"Bermain di stadion seperti itu (San Siro) adalah sebuah mimpi, di sini anda bisa merasakan kesegaran sepak bola. Tapi di sepak bola modern, memiliki stadion sendiri sangatlah penting," kata Gattuso dilansir dari situs resmi.

Sebagai satu-satunya stadion di Milan, San Siro tidak mungkin ditinggalkan oleh AC Milan dan Inter Milan. Meski nantinya harus mengungsi, kepada San Siro atau Giuseppe Meazza-lah AC Milan dan Inter Milan akan kembali.

San Siro masih beruntung. Beberapa stadion di wilayah-wilayah belahan dunia menjadi tak terurus usai diabaikan dan ditinggalkan oleh klubnya.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 8 stadion yang diabaikan bagaikan rumah hantu yang lebih beruntung dari San Siro.


1. Pontiac Silverdome

Pontiac Silverdome (Pontiac, Michigan)

Stadion Pontiac Silverdome di Pontiac, Michigan, Amerika Serikat merupakan kandang bagi tim National Football League (NFL), Detroit Lions.

Stadion tersebut dibangun pada 1975 dengan menghabiskan dana 55,7 juta dolar Amerika Serikat (Rp787 miliar). Biaya penggantian hak nama dari Silverdome saja mencapai 40 juta dolar Amerika Serikat (Rp565 miliar).

Pontiac Silverdome dibuka kembali pada 2002. Butuh dana senilai 700 juta dolar Amerika Serikat (Rp9 triliun) untuk merenovasinya.

Akan tetapi, Pontiac Silverdome justru terabaikan setelah gencarnya tim NFL membangun stadion baru. Pontiac Silverdome dengan cepat ditinggalkan dan tak terurus lagi.

Tiger Stadium

Tiger Stadium (Detroit, Michigan)

Klub-klub Major League Baseball Amerika Serikat memiliki banyak stadion pada awal abad ke-20. Beberapa di antaranya merupakan stadion yang ikonik.

Namun demikian, tidak sedikit di antara stadion tersebut yang telah berubah menjadi tempat parkir, termasuk stadion lama tim Detroit Tigers, yakni Tiger Stadium. Tiger Stadium ditutup pada 2001 dan hingga kini tak lagi terawat.

Baca Juga

Miami Marine Stadium

Miami Marine Stadium (Miami, Florida)

Setelah peristiwa Badai Andrew, masih ada wilayah di Florida yang dibiarkan “mati”. Salah satu stadion olahraga ikonik di sana turut menjadi korban, yakni Miami Marine Stadium.

Miami Marine Stadium di Miami, Florida merupakan rumah bagi turnamen balapan perahu mototr terbesar di dunia. Badai Andrew pada 1992 meninggalkan kerusakan yang besar sehingga Miami Marine Stadium tak lagi terdengar gaungnya.

Herschel Greer Stadium

Herschel Greer Stadium (Nashville, Tennessee)

Stadion ini berubah berantakan usai ditinggal klub baseball Nashville Sounds pada 2015. Herschel Greer Stadium kosong melompong setelah semua properti diangkut ke kandang baru mereka.

Pengurusan stadion tersebut lantas diberikan kepada pihak kota. Akan tetapi, Herschel Greer Stadium langsung dirusak oleh vandalisme dan dihuni para tunawisma.


2. Candlestick Park

Stadion Candlestick Park, stadion di California yang ditutup sejak tahun 2014 dan kini tampak tak terurus.

Candlestick Parkdi San Francisco, California merupakan stadion ikonik terakhir yang ditutup. Stadion legendaris tersebut ditutup pada Agustus 2014.

Selama World Series 1989, Candlestick Park menjadi saksi gempa Loma Prieta yang mengerikan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, World Series ditunda selama 10 hari karena Candlestick Park harus diperiksa.

Busch Stadium

Busch Stadium (Indianapolis, Indiana)

Busch Stadium telah menjadi bagian dari tim baseball Indianapolis Indians. Pada 1997, stadion tersebut hendak menjadi jalur bawah tanah, tetapi mengalami pemunduran selama dua tahun.

Perlahan-lahan Busch Stadium berubah berantakan dan dijadikan tempat parkir. Area Busch Stadium belakangan akan dijadikan apartemen.

Baca Juga

Washington Coliseum

Washington Coliseum (Washington, D.C.)

Washington Coliseum dibuka pada tahun 1941 sebagai arena olahraga hockey dan basket. Ketimbang tempat olahraga, Washing Coliseum selamanya lebih dikenal sebagai lokasi konser pertama The Beatles di Amerika Serikat.

Tahun 1973 sampai 1994, Washington Coliseum mulai tak terurus. Tempat tersebut bahkan digunakan sebagai tempat penimbunan sampah pada 1994 sampai 2003.

D.C. Preservation League memasukkan Washington Coliseum sebagai salah satu ‘Tempat Paling Terancam Punah pada 2003’. Ada upaya untuk menghidupkan tempat itu, namun belum kunjung terlaksana.

Rubber Bowl

Rubber Bowl (Akron, Ohio)

Rubber Bowl di Akron, Ohio selama 68 tahun menjadi stadion sepak bola University of Akron Zips. Setelah mendapatkan stadion baru, Rubber Bowl ditinggalkan selama hampir sepuluh tahun sejak 2008.

Rubber Bowl telah diminta untuk dibongkar pada Juni 2018. Akan tetapi, rencana renovasi tak kunjung terlaksana dan mulai terbengkalai bak rumah hantu.

AC MilanInter MilanStadion San SiroBaseballStadionBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini