x

Deretan Pemain Asing 'Magabut' di Liga 1 2019, Ada Jebolan Akademi Real Madrid

Rabu, 24 Juli 2019 20:22 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Mungkin istilah ‘magabut’ adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan deretan pemain asing Liga 1 2019 berikut yang jarang dimainkan.

10 pekan sudah Liga 1 2019 berjalan dengan dihiasi sejumlah aksi menawan dari para pemain asing yang memikat hati para pecinta sepak bola Indonesia. Sebagai contoh adalah Alex Goncalves yang sukses menyita perhatian dengan menduduki top skor sementara Liga 1.

Baca Juga

Torehan 8 gol yang dicetak untuk Persela Lamongan menjadikannya sebagai pemain asing yang cukup diperhitungkan. Selain Alex, ada Ciro Alves dan Rafael Silva yang juga menjadi pemain asing produktif dengan catatan gol mengagumkan,

Baca Juga

Di tengah para pemain asing yang terus memamerkan kebolehannya, ternyata ada juga yang tampil tidak terlalu maksimal hingga pekan ke-10 Liga 1 2019. Bahkan mereka cenderung ‘magabut’ atau jarang dimainkan oleh klubnya, siapa saja mereka?


1. Pavel Smolyachenko - Arema FC

Pavel Smolyachenko bak menjadi artis dadakan setelah menjadi buruan laris Aremania maupun Aremanita. Ian Setiawan/INDOSPORT

Pertama ada Pavel Smolyachenko yang merupakan pemain tengah Arema FC asal Uzbekistan. Tercatat dalam data Soccerway, Pavel Smolyachenko baru bermain sekali saja bersama Arema FC sepanjang Liga 1 2019 digelar.

Satu-satunya pertandingan yang diikuti oleh Pavel Smolyachenko adalah ketika Arema FC tampil melawan Madura United. Itupun, Pavel Smolyachenko tidak bermain penuh karena harus diganti di menit ke-75 oleh Muhammad Rafli.

Dalam laga yang dimainkan di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan itu, Madura United menang atas Arema FC dengan skor 1-0 berkat gol tunggal dari Andik Vermansah. Setelah laga itu, Smolyachenko tidak jua dimainkan oleh Arema FC.

Zah Rahan Krangar - Madura United

Zah Rahan Krangar melakukan tendangan di laga Bhayangkara FC vs Madura United.

Selanjutnya, ada Zah Rahan Krangar yang merupakan playmaker andalan Madura United. Namun di musim ini, Zah Rahan harus beristirahat akibat cedera parah yang menghantamnya sehingga membuatnya melewatkan putaran pertama Liga 1.

Zah Rahan divonis cedera putus otot pangkal paha yang membuatnya absen membela Madura United di awal Liga 1. Padahal peran Zah Rahan sangat dibutuhkan dalam tim bertabur bintang seperti Madura United.

Akibatnya kini muncul rumor Madura United ingin menggantikan peran Zah Rahan dengan Diego Assis. Sekadar informasi, Diego Assis adalah mantan pemain Persela Lamongan yang sempat mencetak gol tangan tuhan di musim lalu.


2. Mamadou Samassa – Persipura Jayapura

Striker Persipura Jayapura asal Mali, Mamadou Samassa

Di Persipura juga ada pemain ‘magabut’ yaitu Mamadou Samassa yang juga tidak begitu sering dimainkan. Samassa tercatat memang sudah tampil dalam 5 laga tapi, dari catatan menit masih cukup minim.

Total menit bermain Mamadou Samassa bersama Persipura hanya mencapai 353 menit saja. Tak hanya itu, Samassa juga hingga kini masih belum pernah mencetak gol bagi Persipura Jayapura hingga pekan ke-10.

Capaian itu tentu sangat membahayakan posisi Mamadou Samassa di Persipura Jayapura. Bukan tidak mungkin, di pertengahan musim Samassa bisa didepak oleh manajemen Persipura Jayapura yang sedang bangkit bersama Jacksen F. Tiago.


3. Eero Markkanen - PSM Makassar

Eero Markkanen mengambil bola atas pada laga saat melawan Becamex Binh Duong.

Cukup mengejutkan ada nama eks Real Madrid yang masuk dalam daftar ini yaitu Eero Markkanen yang bermain untuk PSM Makassar. Penyerang Timnas Finlandia itu entah mengapa masih kesulitan dengan atmosfer Liga Indonesia.

Eero Markkanen hanya tampil dalam 3 pertandingan saja dengan catatn 111 menit bersama PSM Makassar. Eero Markkanen juga masih belum mampu mencetak satupun gol bagi PSM Makassar di Liga 1 2019.

Mengingat statusnya yang pernah bermain di Real Madrid Castilla bersama Zinedine Zidane, tentu capaian Eero Markkanen begitu mengecewakan. Di PSM Makassar, posisi penyerang utama sering diberikan kepada Guy Junior dan Ferdinand Sinaga.

Mario Barcia -  Semen Padang

Mario Barcia pesepak bola asal Argentina

Terakhir ada gelandang Semen Padang, Mario Barcia yang berkebangsaan Argentina. Pemain berusia 29 tahun itu baru tampil dalam 2 laga dengan capaian 126 menit saja bersama Semen Padang musim ini.

Melihat Semen Padang yang sedang terperosok di juru kunci klasemen Liga 1 2019 sementara, tentu seharusnya Mario Barcia bisa memberikan dampak yang lebih. Jika Mario Barcia masih minim kontribusi, Semen Padang bisa saja mencari pemain asing yang baru.

Real MadridSemen PadangPersipura JayapuraPSM MakassarZah Rahan KrangarMadura United FCLiga IndonesiaArema FCLiga 1FeatureEero MarkkanenPavel SmolyachenkoMario BarciaBola IndonesiaMamadou Samassa

Berita Terkini