x

Profil Klub Liga Primer Inggris 2019/20: Manchester City, Berburu Hattrick Gelar yang Bersejarah

Kamis, 1 Agustus 2019 15:29 WIB
Editor: Coro Mountana
Profil Tim Manchester City. Foto: Marc Atkins/Getty Images

INDOSPORT.COM – Tak terasa kurang dari 2 minggu, genderang perang Liga Primer Inggris 2019/20 akan segera digaungkan kembali di mana ada Manchester City yang akan berusaha berburu hattrick gelar yang bersejarah.

Manchester City yang merupakan pemilik gelar Liga Primer Inggris dalam dua tahun terakhir, sedang mengincar hattrick di musim ini. Hattrick gelar Liga Primer Inggris begitu penting bagi Manchester City karena akan menjadikan mereka mencetak sebuah sejarah baru.

Yaitu sebagai tim kedua yang berhasil meraih hattrick gelar Liga secara beruntun sejak era Premier League digelar pada 1992/93. Sebelumnya, hanya Manchester United saja yang mampu meraih hattrick gelar Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Untuk itu, Manchester City dalam menyambut musim yang baru ini, sedang mempersiapkan dirinya dengan serius. Manchester City pun begitu percaya diri yang tergambar dengan pernyataan Raheem Sterling beberapa waktu yang lalu.

“Tantangan kami untuk menjadi juara tiga musim secara beruntun adalah tantangan yang berat, namun kami siap melewati dengan itu. Kami sedang melakukan persiapan yang matang dan akan siap untuk musim mendatang," ungkap Sterling, seperti yang dinukil dari Sky Sports.

Baca Juga

Perjalanan Manchester City menuju target hattrick gelar pun akan dimulai pada 10 Agustus mendatang dengan melawat ke kandang West Ham United. Lantas sekuat apa skuat Manchester City saat ini?


1. Bedah Taktik dan Skuat

Starting terbaik Manchester City Liga Primer Inggris.

Manchester City di musim ini diyakini bakal semakin kuat berkat kedatanagn Rodrigo Hernandez (Rodri) dari Atletico Madrid. Pasalnya Rodri akan menambah kedalaman posisi gelandang bertahan yang di musim lalu hanya ditempati Fernandinho saja.

Seperti yang kita tahu, di musim lalu salah satu kelemahan Manchester City adalah tidak adanya pengganti Fernandinho ketika ia harus absen.

Namun sepertinya Rodri yang lebih muda akan menjadi pemain utama menggeser Fernandinho dalam starting XI Manchester City yang mengusung formasi 4-3-3.

Rodri resmi menjadi pemain Manchester City

Di mana posisi kiper akan diperkuat Ederson dengan dilapisi oleh Claudio Bravo. Ederson akan dibentengi duet bek tengah yang kemungkinan besar diisi oleh Aymeric Laporte dan John Stones.

Mereka akan diapit oleh Benjamin Mendy di sisi kiri dan Kyle Walker pada area kanan pertahanan Manchester City. Yang menarik adalah jika kita melihat persaingan di sektor gelandang Manchester City.

Tentu dengan adanya Rodri posisi gelandang bertahan telah dipatenkan, tetapi untuk gelandang tengah, persaingan masih begitu terbuka. Setidaknya untuk dua gelandang tengah yang terkadang bisa menjadi gelandang serang sedang diperebutkan 4 pemain.

Mereka adalah David Silva, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, dan Ilkay Gundogan yang akan terus bersaing dan membuktikan diri dalam sisa pramusim ini.

Baca Juga

Tapi rasanya jika kita melihat kerangka Manchester City sejak 2 musim lalu, nama David Silva dan De Bruyne layak dikedepankan.

Jika Bayern Munchen tidak jadi merekrutnya, maka nama Leroy Sane masih akan tetap menyisir posisi penyerang sayap bersama Raheem Sterling di sisi lainnya. Mereka akan saling bahu-membahu demi membantu penyerang tengah, Sergio Aguero.

Jangan lupakan juga Riyad Mahrez dan Gabriel Jesus yang bisa dimanfaatkan sebagai pemain pelapis jika dibutuhkan.

Dengan kedalaman skuat seperti itu di mana pemain cadangan berasa seperti pemain utama di klub lain, sangat jelas terlihat kalau Manchester City adalah kandidat utama gelar juara Liga Primer Inggris.

Skuat Lengkap Manchester City di Liga Primer Inggris 2018/19 (per 1 Agustus 2019)

Kiper: Ederson, Claudio Bravo

Bek: Aymeric Laporte, John Stones, Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, Benjamin Mendy, Oleksandr Zinchenko, Angelino, Kyle Walker, Danilo.

Gelandang: Rodri, Fernandinho, Aleix Garcia, Ilkay Gundogan, Phil Foden, Kevin De Bruyne, David Silva.

Penyerang: Raheem Sterling, Leroy Sane, Bernardo Silva, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Sergio Aguero.


2. Pelatih: Pep Guardiola

Pep Guardiola, pelatih Manchester City.

Rasanya tidak ada yangperlu dibahas dari Pep Guardiola bahwa ia adalah salah satu pelatih sepak bola terbaik saat ini. Terlebih dirinya baru masuk dalam nominasi pelatih terbaik pilihan FIFA untuk tahun 2019 ini.

Pep Guardiola terbilang sangat sukses bersama Manchester City di Liga Primer Inggris dengan menjadi juara dalam dua musim terakhir. Ia selalu tahu apa yang perlu diperbaiki dari Manchester City.

Seperti yang terjadi di musim pertamanya di mana ia merasa kiper yang ada pada saat itu tidak cukup baik sehingga datanglah Ederson.

Teranyar ia pun sadar jika gelandang bertahan yang ada sangat kurang sehingga Guardiola memutuskan untuk mendatangkan Rodri.

Bintang: Kevin De Bruyne

Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne merayakan gol ke gawang Burnley di Piala FA, Sabtu (26/01/19).

Meski jarang bermain karena lebih sering bergelut dengan cedera pada musim lalu, tapi kualitasnya sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Eropa tak perlu diragukan.

Kemampuannya dalam memberikan umpan kunci, visi bermain dan kemampuan menembak dari jauh sangat luar biasa.

Dengan kondisi saat ini dirinya telah pulih dari cedera, rasanya musim ini De Bruyne akan mengamuk lagi dengan sejumlah umpan kunci yang akan mempermudah tugas Aguero.

Oleh karena itu, peran De Bruyne akan sangat menentukan langkah Manchester City di Liga Primer 2019/20.

Raheem SterlingManchester CityPep GuardiolaLiga Primer InggrisKevin De BruyneLiga InggrisSepak BolaRodrigo Hernandez Cascante

Berita Terkini