x

2 Stadion yang Berpeluang Digunakan PSIS Semarang di Sisa Liga 1 2020

Rabu, 24 Juni 2020 17:35 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Lorong PSIS Office yang terletak di lantai 2 komplek Stadion Citarum.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2020 saat ini telah resmi diputuskan PSSI selaku federasi olahraga sepak bola di Indonesia untuk dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang.

Namun, PSSI sepertinya akan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat dengan belum memperbolehkan penonton hadir langsung ke stadion menyaksikan laga Liga 1.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan kondisi seperti itu, salah satu peserta Liga 1 2020, yakni PSIS Semarang, tampaknya akan memakai stadion yang terletak di sekitar Kota Lumpia ketimbang harus jauh-jauh ke Magelang selaku homebase sementara mereka sejak 2018.

Di Kota Semarang dan sekitarnya, PSIS kini tengah merawat dua venue, yakni Stadion Citarum dan Stadion Kebondalem yang berlokasi di Kendal.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT mencoba memaparkan dua stadion yang saat ini tengah dirawat PSIS Semarang dan berpeluang dipakai di sisa Liga 1 2020.

1. Stadion Citarum

Stadion yang terletak di Kota Semarang ini sangat memungkinkan dipakai PSIS di sisa Liga 1 2020 apabila memang diselenggarakan tanpa penonton.

Saat ini, Stadion Citarum hanya berkapasitas 5.000 penonton sehingga hal tersebut tak berpengaruh apabila kompetisi dilaksanakan tanpa suporter.

Kemudian berbicara soal rumput, walaupun sintetis, stadion milik Pemkot Semarang yang belakangan dikelola PSIS ini diketahui telah berstandar FIFA sehingga secara verifikasi pasti lolos.

Baca Juga
Baca Juga

Stadion Citarum saat ini juga sudah memiliki lampu penerangan walaupun harus sedikit ditingkatkan agars sesuai standar PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga.

Apabila PSIS berkandang di Citarum, bisa juga menjadi sebuah keuntungan karena tim-tim Liga 1 lainnya belum terbiasa bermain di lapangan rumput sintetis.


1. 2. Stadion Kebondalem

Stadion Utama Kebondalem, Kabupaten Kendal, digadang-gadang sebagai kandang PSIS Semarang di Liga 1 2020.

Markas Persik Kendal ini sebenarnya disiapkan PSIS sebagai alternatif kandang di Liga 1 2020 supaya tak harus jauh-jauh ke Magelang. Adanya pandemi virus corona membuat Stadion Kebondalem belum jadi dipakai di Liga 1 2020.

Jika berbicara soal rumput, stadion milik Pemkab Kendal ini cukup layak karena PSIS Semarang telah bekerja sama dengan perusahaan profesional pengelola rumput asal Boyolali, yakni Lestarindo.

Di bawah perawatan Lestarindo, rumput di Stadion Kebondalem terawat dengan baik dan memiliki pola yang memanjakan mata di permukaannya. Sayangnya, venue ini belum ada lampu sehingga manajemen PSIS harus memasangnya sebelum Liga 1 kembali bergulir.

Waktu sekitar tiga bulan ke depan tampaknya cukup memungkinkan bagi manajemen PSIS Semarang untuk memasang lampu representatif andaikan berkeinginan menggunakan Stadion Kebondalem sebagai salah satu home base.

Baca Juga
Baca Juga

Namun hingga Rabu (24/06/20), manajemen PSIS belum mengambil sikap akan menggunakan Stadion Citarum atau Stadion Kebondalem sebagai homebase di Liga 1. 

Pihak manajemen PSIS Semarang masih menunggu keputusan resmi dari PSSI soal regulasi dan aturan-aturan baru yang akan ditetapkan untuk Liga 1 2020.

PSIS SemarangSemarangLiga IndonesiaLiga 1MagelangBola IndonesiaBerita Liga 1Stadion Citarum

Berita Terkini