x

Diperpanjang Kontrak, Ini 3 Jasa David Luiz untuk Arsenal

Kamis, 25 Juni 2020 17:53 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Meski dihujani oleh banyak kritik, namun ada sejumlah alasan mengapa David Luiz cukup pantas mendapat perpanjangan kontrak dari Arsenal di Liga inggris.

INDOSPORT.COM - Meski dihujani oleh banyak kritik, namun ada sejumlah alasan mengapa David Luiz cukup pantas mendapat perpanjangan kontrak dari Arsenal di Liga inggris. 

Langkah mengejutkan diambil oleh Arsenal setelah dilaporkan memperpanjang kontrak bek asal Brasil, David Luiz.  

Sebagaimana diketahui, David Luiz menjadi sorotan banyak pihak, termasuk fans Arsenal, usai melakukan blunder konyol yang mengakibatkan The Gunners menelan kekalahan dari pesaingnya, Manchester City, di pekan ke-29.

Saat itu, David Luiz masuk sebagai pemain pengganti usai Pablo Mari mengalami cedera. Sayangnya kehadirannya tak begitu membantu. Bahkan pria asal Brasil ini melakukan kesalahan fatal yang berbuah dua gol bagi The Citizens.

Baca Juga
Baca Juga

Tak pelak banyak pihak yang mencemoohnya. Bahkan fans Arsenal pun di media sosial meminta David Luiz untuk hengkang bersamaan dengan kontraknya yang akan habis pada 30 Juni 2020 mendatang.

Namun permintaan fans Arsenal tak dituruti oleh petinggi klub dan Mikael Arteta. The Gunners dilaporkan malah memperpanjang kontrak David Luiz untuk satu musim ke depan.

Keputusan mengejutkan dari Arsenal ini memang mengherankan banyak fans. Meski begitu, sejatinya David Luiz sendiri telah memberikan sejumlah kontribusi penting untuk Arsenal. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Versatille

Meski bukan gelandang selevel Romagnoli atau Giorgio Chiellini, namun David Luiz cukup dibutuhkan di lini belakang Arsenal.

Hal ini karena kemampuannya bermain di sejumlah posisi. Selain menjadi bek tengah, David Luiz juga bisa main sebagai gelandang bertahan. 

Bek asal Brasil ini terbukti cukup baik bermain sebagai gelandang bertahan. Di Arsenal ia beberapa kali main sebagai gelandang bertahan. 

Seperti diketahui, saat ini Arsenal memiliki pertahanan yang kropos. Salah satu masalah yang harus segera ditambal adalah pada kedalaman lini tengah. Mungkin pula ini alasan Arteta untuk mempertahankan David Luiz lebih lama lagi di dalam timnya. 

2. Terbaik di Antara Lainnya

Arsenal tak perlu banyak menuntut. Meski David Luiz beberapa kali melakukan kesalahan, namun dirinya adalah salah satu bek terbaik di skuat The Gunners saat ini. 

Di bawah Mikael Arteta, David Luiz menunjukkan peningkatan penampilan meski tak seperti masa jayanya dulu saat di PSG dan Chelsea. 

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, secara kualitas, Luiz masih lebih bagus ketimbang Shkodran Mustafi, Rob Holding, dan bahkan bek anyar mereka, Pablo Mari. 


1. 3. Masuk Tim Inti

David Luiz dikeluarkan dalam laga Manchester City vs Arsenal

Biar bagaimanapun, David Luiz menjadi pilar penting Arsenal dalam dua musim terakhir, termasuk musim 2019-2020 ini. Sepanjang musim ini ia telah tampil di 26 laga dengan catatan dua gol dan satu assist. 

Meski dikritik banyak orang, buktinya David Luiz masih dipercaya oleh pelatih Arsenal baik itu Unai Emery maupun Mikael Arteta. Ia juga main lima kali di ajang Liga Europa. 

Pengalaman serta kemampuannya masih dibutuhkan oleh Arsenal. Meski begitu, David Luiz memang perlu tampil lebih tenang untuk meminimalisir blunder serta sifat temperamennya di Liga Inggris

ArsenalDavid LuizMikel ArtetaLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini