x

3 Alasan Marcelo Bielsa Bisa Gagal Bersama Leeds United di Liga Inggris

Kamis, 23 Juli 2020 08:31 WIB
Editor: Coro Mountana
3 Alasan Marcelo Bielsa Bisa Gagal Bersama Leeds United di Liga Inggris

INDOSPORT.COM – Meski berhasil membawa Leeds United promosi, setidaknya ada 3 alasan Marcelo Bielsa bisa saja gagal di Liga Inggris.

Marcelo Bielsa dengan sekejap langsung diangkat sebagai pahlawan bagi Leeds United, karena hanya ia yang bisa membawa tim Kembali ke Liga Inggris setelah belasan tahun. Berkat kejeniusannya, Bielsa sukses meramu skuat pas-pasan Leeds United jadi penguasa di kasta kedua Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Banyak pengamat sepak bola yang sudah tidak sabar menantikan bagaimana aksi Marcelo Bielsa bersama Leeds United di Liga Inggris musim depan. Maklum saja, Bielsa ternyata bukan orang sembarangan.

Bisa dikatakan, ia adalah mahaguru dari sejumlah pelatih berbakat saat ini seperti Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino. Taktik serta pendekatan bermain, sedikit banyak telah menginspirasi bagaimana strategi yang dimainkan oleh klub-klub besar Eropa saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, ada 3 alasan yang justru bisa saja membuat ekspektasi itu berakhir antiklimaks dengan kegagalan mengejutkan Marcelo Bielsa bersama Leeds United di Liga Inggris, apa itu?


1. Bielsa Adalah Pelatih Gila

Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United.

Sudah menjadi rahasia umum kalau Bielsa dikenal sebagai pelatih gila yang dalam tanda kutip, sulit untuk memahami apa yang diinginkannya. Berbagai tindakan kontroversi pernah dilakukan Bielsa selama menjadi pelatih.

Salah satunya adalah saat Bielsa hanya melatih Lazio selama dua hari saja, sejak 6 Juli hingga 8 Juli 2016 saja. Bielsa berkilah jika Lazio saat itu ingkar janji dalam hal bursa transfer sehingga Bielsa yang merasa dikhianati, memutuskan untuk hengkang.

Tentu Leeds United harus menjaga suasana hati Bielsa, jangan sampai ia merasa tersinggung jika tidak, bisa saja ia akan mencari masalah dengan tim. Dengan kata lain, jangan heran jika Bielsa gagal bersama Leeds United, karena sang pelatih bukanlah sosok yang mudah ditebak.

Kualitas Pemain Pas-pasan

Harus diakui jika kualitas pemain yang dimiliki Leeds United dapat dikatakan pas-pasan. Tak ada pemain bintang yang terdapat dalam skuat Leeds United saat ini, tentu ini sangat berbahaya jika tak melakukan perombakan saat tampil di Liga Inggris.

Lihat saja Norwich City yang musim ini tampil dengan skuat seadanya tanpa seorang bintang pun, akhirnya harus turun kasta akibat tak mampu bersaing. Tentu Leeds United tak ingin mengulangi kisah sedih Norwich City.

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas pemain, yaitu dengan mendatangkan pemain hebat. Soalnya dengan skuat yang saat ini hanya Kiko Casilla (eks Real Madrid) saja pemain berpengalaman di kasta teratas, sangat menyulitkan bagi Leeds United dan Marcelo Bielsa bersaing di Liga Inggris.

Strategi di Bursa Transfer Bisa Berujung Malapetaka

Memang mendatangkan pemain di bursa transfer bisa menjadi solusi, tetapi sebenarnya cara ini bagaikan pisau bermata dua. Soalnya jika mendatangkan pemain yang tidak tepat guna alias mubazir, maka malapetaka yang akan didapatkan Leeds United.

Ambil contoh Aston Villa yang mendatangkan banyak pemain tapi nyaris tak ada yang cocok sehingga membuat klub kini di ambang terdegradasi. Oleh karena itu, Marcelo Bielsa sekalipun belum tentu akan meraih kesuksesan bersama Leeds United di Liga Inggris.

Leeds UnitedMarcelo BielsaLiga InggrisTRIVIAFeatureBerita Liga Inggris

Berita Terkini