x

Apa Kabar Alan Smith? Bintang Manchester United yang Dirusak Liverpool

Rabu, 22 Juli 2020 15:54 WIB
Editor: Coro Mountana
Apa kabar Alan Smith, bintang Manchester United sekaligus Leeds United yang dirusak kariernya oleh pemain Liverpool?

INDOSPORT.COM – Apa kabar Alan Smith, bintang Manchester United sekaligus Leeds United yang dirusak kariernya oleh pemain Liverpool?

Bicara soal Alan Smith, memang rasanya kita akan tertipu dengan sosok lain yang menjadi legenda Arsenal. Sebagai informasi, selain Alan Smith yang kita kenal adalah bintang Manchester United, ternyata ada juga nama Alan Smith lain yang merupakan legenda Arsenal.

Tapi jika kita mencarinya di laman pencari informasi, Alan Smith sang legenda Leeds United-lah yang lebih populer. Wajar saja bagi kita, penikmat sepak bola milenial, pasti bakal lebih mengenal dengan Alan Smith yang lahir di Rothwell, Inggris, kelahiran tahun 1980.

Baca Juga
Baca Juga

Dibesarkan dalam skuat legendaris Leeds United yang pernah mengejutkan seantero Eropa di Liga Champions, Alan Smith harus menerima kenyataan untuk hengkang ke Manchester United pada 2004. Alan Smith terpaksa pindah karena Leeds United harus terdegradasi dari Liga Inggris.

Berkat intuisi Sir Alex Ferguson yang merasa permainan keras legenda Leeds United itu akan lebih berguna di posisi gelandang bertahan, bukan striker,  Alan Smith tetap bersinar. Namun nahas, peristiwa yang akan mengubah jalan hidupnya menghampirinya pada Piala FA 2005/06.

Bintang yang Dirusak oleh Pemain Liverpool

Menjelang akhir pertandingan, Liverpool yang mendapat tendangan bebas jarak jauh mencoba untuk dimanfaatkan menjadi gol. John Arne Riise, bek kiri Liverpool yang dikenal memiliki tendangan sekencang kecepatan mobil ngebut pun didapuk untuk mengeksekusinya.

Baca Juga
Baca Juga

Alan Smith yang menyadari gawang Edwin Van der Sar dalam bahaya, langsung mendekati Riise dengan maksud ingin memblok tendangan kencang itu. Namun sayang, kaki Alan Smith terasa seperti dihajar laju mobil yang sangat kencang hingga membuatnya patah dan dislokasi ankle.

Kejadian tersebut konon katanya sampai membuat Cristiano Ronaldo dan Garry Neville trauma karena melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa kaki Alan Smith benar-benar patah. Padahal sebelumnya, Alan Smith sudah diperingatkan oleh kapten Manchester United, Roy Keane.

Bahwa dalam bermain sepak bola, jangan terlalu sering menggunakan tekel keras, karena itu bisa membahayakan Alan Smith. Ternyata wejangan sang kapten menjadi kenyataan, Alan Smith yang menahan tendangan gila Riise harus absen dari dunia sepak bola selama 15 bulan.

Tak bermain sepak bola selama itu, membuat karier Alan Smith pun secara tidak langsung, tamat. Sempat Kembali lagi bermain sepak bola, tapi Alan Smith bukan lagi sosok yang kita kenal, pergerakan serta insting-nya menjadi menurun drastis.

Hingga akhirnya Alan Smith memutuskan pensiun dari dunia sepak bola saat bermain di Notts County pada 2018 lalu. 2 tahun sudah berlalu dan Leeds United akhirnya Kembali ke Liga Inggris, bagaimana kabar Alan Smith?


1. Kabar Terkini Alan Smith

Alan Smith, legenda Leeds united yang kariernya dihancurkan Liverpool

Dikenal sebagai legenda Leeds United atau bintang Manchester United hingga akhirnya kariernya dirusak oleh terjangan John Arne Riise yang tak sengaja, Alan Smith mengakhiri karier dengan tragis. Tak pernah terpikirkan sebelumnya, bagaimana bisa wonderkid Inggris itu harus berakhir di klub divisi bawah.

Tapi itulah kejamnya sepak bola, cedera memang selalu menjadi penyebab utama dari hancurnya karier sang pemain. Berdasarkan kabar terbaru mengenai Alan Smith dari laporan Mirror pada 2018, sesaat setelah pensiun, sang legenda tinggal di Amerika Serikat.

Tepatnya, Florida di mana Alan Smith terlihat sangat senang ketika harus mengajari anak-anak setempat bagaimana caranya bermain sepak bola. Di waktu luangnya, Alan Smith juga memanfaatkannya dengan belajar berselancar.

Alan Smith juga begitu ditemui langsung bercerita kalau ia sadar jika cedera yang didapatkannya saat melawan Liverpool memang telah merusak kariernya. Tapi menurutnya, cederanya menjadi lebih buruk saat di Newcastle United.

“Dalam laga derbi melawan Sunderland pada tahun 2011, saya merasakan kedua kalinya cedera di ankle atau pergelangan kaki. Bisa dibilang itu lebih buruk dari sebelumnya karena semua logam penyangga akibat terjangan Riise mengalami pergeseran dan itu mengerikan,” cerita Alan Smith.

Pada akhirnya, Alan Smith saat ini sedang menikmati hidup yang tenang ditemani angin semilir dan hangatnya matahari Florida. Meski kariernya rusak di laga melawan Liverpool, Alan Smith tetap akan dikenang sebagai legenda Leeds United atau bintang Manchester United.

Manchester UnitedLiverpoolLeeds UnitedAlan SmithIn Depth SportsLiga InggrisFeatureApa KabarBerita Liga Inggris

Berita Terkini