x

10 Catatan Indah Manchester United Saat Hadapi Liverpool di Piala FA

Minggu, 24 Januari 2021 09:07 WIB
Editor: Isman Fadil
Tommy Docherty saat membawa Manchester United menjuarai final Piala FA 1977 mengalahkan Liverpool 2-1.

INDOSPORT.COM - Laga Manchester United vs Liverpool di Piala FA telah menjadi salah satu rivalitas terbesar dalam sejarah sepak bola dunia. Derby terpanas di jagat Inggris itu menyimpan sejuta kisah dan catatan yang jarang diketahui para fans kedua tim.

Pada babak sebelumnya, Manchester United menyingkirkan Watford di putaran ketiga. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer hanya menang tipis 1-0 melalui gol tunggal Scott McTominay.

Sementara itu, Liverpool membenanamkan Aston Villa dengan skor 4-1 di Villa Park. Sadio Mane memborong dua gol, sedangkan dua lainnya dicetak oleh Georginio Wijnaldum dan Mohamed Salah.

Baca Juga
Baca Juga

Manchester United dan Liverpool sudah bertemu di Liga Inggris 2020/2021. Kedua tim bermain imbang 0-0 di Anfield pada 17 Januari lalu.

Di panggung Piala FA, rivalitas Manchester United dan Liverpool sudah dimulai lebih dari satu abad yang lalu. Tapi Setan Merah boleh sedikit berbangga, jika ditelusuri dalam sejarahnya, The Kop kerap sial jika bertemu Man United.

Berikut 10 catatan indah Manchester United saat bertemu Liverpool di ajang Piala FA:

1. Manchester United menyingkirkan Liverpool dari Piala FA sebanyak tiga kali pada tahun 1848, 1985 dan 1999. Sementara itu, Setan Merah mengalahkan rvialnya itu dua kali di final pada tahun 1977 dan 1996.

2. Pada musim 1998/1999, Ole Gunnar Solskjaer mencetak gol di masa injury time untuk mengalahkan Liverpool di babak keempat Piala FA.

3. Eric Cantona menjadi pemain pertama yang bukan kelahiran Inggris dan Irlandia memenangkan gelar juara Piala FA sebagai kapten Manchester United. Dia juga mencetak gol di final 1996 melawan Liverpool.

4. Arthur Albiston melakukan debutnya di Piala FA pada final 1977 melawan Liverpool. Dia masuksaat Stwart Houston cedera, dan mmenyerahkan medali kepada rekan setimnya itu.

5. Manchester United memiliki 21 pencetak gol dari 8 negara berbeda di Piala FA (Inggris, Skotlandia, Irlandia, Wales, Prancis, Trinidad & Tobago, Norwegia dan Korea Selatan).

6. Sir Alex Ferguson adalah satu dari delapan pelatih yang pernah memimpin Manchester United melawan Liverpool di Piala FA. Rekor Sir Alex adalah 3 kali menang dari 5 pertandingan.

7. Pertandingan paling gemuruh antara Manchester United dan Liverpool di Piala FA adalah saat kedua tim bertemu di final tahun 1977. Ada 99.252 penonton yang datang ke Wembley untuk menonton pertandingan ini. Sementara 74.727 penonton terbesar yang pernah hadir di Old Trafford saat kedua klub bertemu di Piala FA.

8. Terakhir kali Manchester United bentrok dengan Liverpool di Piala FA terjadi pada tahun 2011. MU menang berkat gol dari Ryan Giggs. Steven Gerrard juga dikeluarkan dari lapangan dalam pertandingan ini.

9. Park Ji-sung adalah pemain yang mencetak gol terakhir ke gawang Liverpool di Piala FA, pada tahun 2012. Sementara itu, Jimmy Collinson mencetak gol pertamanya ke gawang Liverpool di kancah ini, pada tahun 1889. Saat itu, Manchester United masih bernama Newton Heath.

Baca Juga
Baca Juga

10. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 17 kali di Piala FA. Sebelumnya, Setan Merah berhasil memenangkan 9 pertandingan, kalah 4 kali dan seri 4 kali. Jelas, Manchester United adalah musuh bebuyutan abadi Liverpool di turnamen tertua di dunia tersebut.

Manchester UnitedLiverpoolPiala FALiga Inggris

Berita Terkini