x

Raphinha, Calon 'Harta Karun' Baru Liverpool Penerus Mohamed Salah

Kamis, 11 Februari 2021 19:44 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Raphinha, pemain Leeds United yang dikaitkan dengan Liverpool di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, lagi-lagi dikaitkan dengan rencana mendatangkan pemain anyar di bursa transfer. Kali ini targetnya adalah pemain Leeds United, Raphinha.

Mengapa nama Raphinha yang mendadak mencuat ke permukaan? Apalagi, mengingat eksistensinya yang terbilang masih baru di jagat sepak bola Inggris.

Tak kenal maka tak sayang. Lalu, siapa sebenarnya Raphinha? Untuk diketahui, Raphinha adalah seorang pesepak bola muda asal Brasil yang berusia 24 tahun dan bernama lengkap Raphael Dias Belloli.

Ia memulai kariernya di dunia sepak bola dengan menjadi bagian klub Brasil, Avai, pada tahun 2014. Memutuskan pergi mengembara ke luar negeri, Raphinha pun mendarat di Portugal dan membela Vitoria Guimaraes.

Baca Juga
Baca Juga

Tidak sampai di situ saja, ia pun bergabung dengan mantan klub Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes, Sporting Lisbon. Di usianya yang relatif masih muda, bermain untuk tim yang berkompetisi di liga tertinggi Portugal tentu jadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Pada tahun 2019, ia kemudian merapat ke Rennes dan membantu timnya itu meraih peringkat tiga di klasemen akhir Ligue 1 Prancis di bawah Paris Saint-Germain (PSG) dan Marseille. Tiket Liga Champions pun mereka raih.

Kesuksesan Raphinha di Rennes itu pun pada akhirnya sampai ke telinga Leeds United yang mendatangkannya pada bulan Oktober 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Baru sebentar bermain di bersama Marcelo Bielsa, apakah sang pemain ingin segera hengkang ke tempat baru lagi? Namun jika klub peminatnya adalah Liverpool, rasanya akan jadi tawaran yang terlalu menggiurkan untuk ditolak.

Menurut sejumlah pemberitaan yang beredar, Jurgen Klopp dan Liverpool tengah mencari tambahan amunisi baru untuk memberi persaingan kepada trio Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane yang terkadang tampil melempem di lapangan.

Selama bermain di Liga Inggris, Raphinha sejauh ini sudah tampil di 17 pertandingan dengan catatan empat gol dan empat assist. Dengan demikian, ia sudah berkontribusi untuk delapan gol Leeds United musim ini.


1. Penerus Mohamed Salah

Mohamed Salah suatu saat akan tergantikan di Liverpool. Raphinha calon penerusnya?

Raphinha berhasil membuktikan diri sebagai salah pemain menjanjikan yang kerap membuat para bek kiri lawan kewalahan. Dengan catatan-catatan impresif yang tentunya masih bisa bertambah, ia pun berpotensi jadi penerus Mohamed Salah.

Selain bisa bermain di beberapa posisi seperti pemain asal Mesir tersebut, Raphinha adalah pemain berkaki kidal yang biasa beroperasi di sebelah kanan.

Selain suka masuk ke area tengah lapangan yang notabene cukup berbahaya, Raphinha juga kerap dijadikan target utama untuk dikirimi bola ketika timnya sedang memenangkan ball possession.

Raphinha diberkahi kemampuan dan kreativitas untuk mengoptimalkan situasi ketika ia menguasai bola. Ia akan berusaha menciptakan banyak peluang gol baik untuk dirinya sendiri maupun rekan-rekannya.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Mohamed Salah atau penyerang kawak lainnya yang dimiliki Liverpool, Raphinha masih butuh lebih banyak jam terbang, namun sepertinya hal tersebut tidak akan sulit baginya.

Untuk ukuran pemain yang baru merapat ke Liga Inggris kurang dari enam bulan, Raphinha sudah bisa beradaptasi dengan baik. Jika ia datang ke Anfield, Liverpool bisa menjadikannya pemain hebat untuk masa depan.

Terlebih lagi, jika mengingat usia Mohamed Salah yang semakin bertambah dari hari ke hari, Raphinha bisa bersiap-siap jadi suksesornya kelak. Karena bagaimanapun juga, masa puncak kejayaan seorang pemain akan sirna juga.

Pujian dari Bruno Fernandes

Puja-puji untuk Raphinha pun sempat terlontar dari mantan rekannya di Sporting Lisbon yang kini membela Manchester United, Bruno Fernandes.

Komentar Fernandes tahun lalu soal Raphinha sendiri belakangan viral dan mencuat ke permukaan setelah kawannya tersebut ramai dikaitkan dengan Liverpool.

“Dia bisa mengerti saya dengan cepat. Dia tahu, lewat bahasa tubuh saya, ke arah mana saya akan mengirim bola padanya. Dia juga sosok yang bertanggung jawab dan pekerja keras,” kata Fernandes, dikutip dari Team Talk.

Dengan segala kualitas yang melekat pada diri Raphinha, akankah Liverpool mendatangkannya di bursa transfer pemain musim panas ini?

Bursa TransferLiverpoolLeeds UnitedSepak BolaBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer PemainRaphinha

Berita Terkini