x

3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Tampil Bersinar di Laga Kontra Tira-Persikabo

Sabtu, 6 Maret 2021 08:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Penampilan menonjol ditunjukkan oleh tiga bintang Timnas Indonesia U-23 saat melawan Tira-Persikabo dalam laga uji coba jelang SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM - Penampilan menonjol ditunjukkan oleh tiga bintang Timnas Indonesia U-23 saat melawan Tira-Persikabo dalam laga uji coba jelang SEA Games 2021. 

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 2-0 di laga uji coba kontra PS Tira Persikabo yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jumat (05/03/21).

Pertandingan sepak bola profesional di Indonesia akhirnya digelar lagi lewat laga uji coba Timnas Indonesia U-23 melawan tim Liga 1, PS Tira-Persikabo. Secara keseluruhan, penampilan Timnas Indonesia belum sepenuhnya lepas alias masih terlihat nervous. 

Meski begitu, Rachmat Irianto dkk mampu meraih kemenangan lewat dua gol yang diciptakan masing-masing oleh Kadek Agung (45+1') dan Muhammad Rafli (49'). Meski begitu, banyak peluang dari timnas yang terbuang percuma di laga ini. 

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan atas Persikabo di laga uji coba setidaknya bisa membangkitkan rasa percaya diri skuad Garuda. Hal ini bisa menjadi modal bagus dalam persiapan jelang tampil di SEA Games 2021 bulan November mendatang. 

Shin Tae-yong menilai kemampuan terbaik para pemain Timnas belum sepenuhnya terekspos. Masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dan ia memahami hal itu karena semua pemain tak menjalani pertandingan setahun terakhir akibat pandemi. 

Walau begitu, dalam laga ini terlihat penampilan menonjol yang ditunjukkan oleh sejumlah pemain. Lalu, siapa-siapa saja pemain yang tampil paling bersinar di laga ini? Berikut ini ulasannya. 

1. Muhammad Rafli

Muhammad Rafli mendapat kesempatan tampil di laga ini saat dimasukkan pada babak kedua oleh pelatih Shin Tae-yong. Sebagai seorang striker, ekspektasi terhadap M. Rafli cukup besar di Timnas Indonesia. 

Untungnya, pada laga malam kemarin M. Rafli bisa membayar kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong. Baru masuk kurang dari lima menit, ia langsung mencetak gol lewat sundulan hasil umpan silang Kushedya Hari Yudo. 

Aksi M. Rafli patut mendapat pujian. Sebab sebagai striker, Rafli mampu mengubah permainan dengan gol yang diciptakannya. 

Indonesia memang patut berharap banyak pada sosok M. Rafli untuk menjadi striker masa depan Timnas Indonesia. Pemain Arema FC itu sudah menunjukkan kematangan di usianya yang masih sangat muda. 

Nama Muhammad Rafli mulai melambung ketika pemain 22 tahun itu menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas U-19. Di tangan Indra Sjafri, M. Rafli yang tadinya bermain sebagai gelandang disulap menjadi striker. 

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai striker M. Rafli tergolong cukup tajam. Pada dua tahun lalu ia sempat menjadi top skor Piala Merlion di Singapura. 


1. 2. Kushedya Hari Yudo

M. Raflo dan Kushedya Hari Yudo melakukan selebrasi gol bersama.

Tak bisa dipungkiri, Kushedya Hari Yudo sukses menaikan kualitas tim nasional Indonesia. Hari Yudo turut berkontribusi dalam memberikan assist cantik pada gol kedua Timnas yang dicetak oleh M. Rafli. 

Proses assist itu terjadi usai Kushedya melakukan penetrasi di sisi kiri serangan tim nasional. Dari situ ia melepaskan umpan terukur yang dikonversi menjadi gol oleh M. Rafli. 

Selama bertahun-tahun tim nasional Indonesia tidak memiliki sosok penyerang sayap kiri yang memiliki agresivitas dan determinasi seperti Kushedya Hari Yudo. 

Terlepas dari assist yang telah dibuatnya, Hari Yudo secara umum telah memberikan jaminan kualitas pada sisi sayap Timnas Indonesia. Cukup mengherankan memang pemain dengan kualitas seperti Kushedya Hari Yudo baru tercium tim nasional saat dirinya sudah berusia 26 tahun. 

Nama Kushedya Hari Yudo mulai bersinar ketika dirinya tampil gemilang bersama tim promosi, PS Sleman, di Liga 2 2019. Pada musim itu ia tampil 29 kali dengan catatan 5 gol dan 7 assist. 

Andai Liga 1 2020 tak dihentikan, mungkin ia bisa lebih gemilang di klub barunya, Arema FC, saat mampu membuat 2 gol dan 1 assist dari 3 laga. Saat ini, Kushedya Hari Yudo adalah pemain yang paling versatile di lini depan timnas dengan kemampuan bermain di tiga posisi, yakni sayap kanan, sayap kiri, dan striker tengah.

3. Rachmat Irianto

Nama berikutnya yang tampil bagus di laga Timnas Indonesia U-23 vs Persikabo adalah Rachmat Irianto. Bek tangguh milik Persebaya Surabaya ini membuktikan kualitasnya sebagai pemain belakang muda paling potensial saat ini. 

Keputusan Shin Tae-yong untuk memainkannya sejak menit pertama memang sangat tepat. Rachmat Irianto mampu tampil lugas dalam menghentikan serangan dari pemain-pemain Tira Persikabo

Selain itu, Rachmat Irianto memiliki kelebihan untuk memainkan sejumlah posisi di lini belakang. Ia tercatat bisa bermain di posisi bek tengah, gelandang bertahan, dan bek sayap kiri. Kemampuan ini tentu sangat berguna bagi Timnas Indonesia U-23 dan senior di masa mendatang.  

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaKushedya Hari YudoTRIVIATira-PersikaboMuhammad RafliBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini