x

Ke Media Korea Shin Tae-yong Akui Positif Corona, Gara-gara Indonesia?

Sabtu, 20 Maret 2021 14:51 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terinfeksi Corona. Media Korea menyebutnya efek dari Tanah Air?

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan kini datang dari Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia yang idap virus Corona. Terancam tak bisa beri pendampingan jelang kualifikasi Piala Dunia, benarkah media Korea menyebutnya terinfeksi di Tanah Air?

Semenjak ditinggal Luis Milla, prestasi skuat Garuda seolah tak berkembang pesat usai berbagai kegagalan di pentas internasional. Bayangkan saja, peringkat FIFA negara kepulauan terjun bebas ke angka 173 dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Percayakan tugas ke Simon McMenemy, sepak terjang tim malah gagal total ketika mengikuti kualifikasi Piala Dunia ronde pertama. Melawan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan UEA di babak grup G saja buat mereka jadi juru kunci dengan lima kali kekalahan.

Tak heran, Shin Tae-yong lantas dipercayakan sebagai pelatih utama yang menukangi Timnas Indonesia senior hingga Timnas U-19. Alasannya? Sederhana, pelatih asal Korea Selatan ini punya referensi apik ketika harumkan negara kelahirannya di Piala Dunia.

Setelah didatangkan sejak tahun 2020 lalu, peran serta pelatih berusia 50 tahun ini benar-benar tidak ada matinya. Meskipun ada Corona, ia masih tetap laksanakan kewajibannya untuk melatih para pemain Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Sempat berjalan lancar, sayangnya pelatih asal Negeri Ginseng itu tak bisa lari dari kenyataan jika dirinya juga terinfeksi Corona. Kabar mengejutkan ini pun baru terkuak lewat pernyataannya dengan media Yonhap News.

Lewat pernyataan langsung, media asal Korea tersebut pun menafsirkan jika kondisi Indonesia bisa jadi penyebabnya. Apalagi infeksi yang diderita oleh Shin Tae-yong ini ialah virus Corona tanpa gejala.


1. Media Korea Selatan Berhasil Dapatkan Pengakuan Shin Tae-yong yang Idap Corona

Shin Tae-yong berbincang dengan Menpora Zainudin Amali.

"Indonesia memiliki lebih dari 10 ribu kasus yang dikonfirmasi setiap harinya hingga Februari, tetapi sudah mulai menurun. Pada akhir tahun lalu pelatih Shin kembali ke Jakarta dan sempat lakoni latihan di Spanyol bersama 30 pemain Timnas U-19," tulis media itu.

"Mereka terinfeksi secara bergantian mulai dari Yoo Jae-hoon, pelatih sekaligus penerjemah, Kim Hae-woon, hingga Lee Jae-hong selaku pelatih fisik. Para pemain sering dikonfirmasi sejak tahun lalu, begitupun pelatih lokal," tambah tulisan itu.

Kepada media tersebut, Shin Tae-yong sendiri berkata: "Saya menjalani antigen di pagi dan sore hari, PCR bahkan sebanyak tiga kali, kesemuanya negatif. Pelatih Woo-jae Kim dinilai negatif dan semua orang berangsur pulih."

Pelatih Shin demam terus menerus, sakit tenggorokan, dan kehilangan nafsu makan, hingga buatnya frustasi. Covid-19 tanpa gejala ini kabarnya tak terlalu buruk dan membuatnya bertekad memeriksa ke rumah sakit di Jakarta hingga rawat inap jika perlu.

Jumlah penambahan yang tinggi tersebut itulah yang membuat asumsi media Korea kian menjadi-jadi jika Shin Tae-yong positif Corona di Indonesia. Jika kondisinya masih belum pulih, ia pun diragukan bisa membantu Timnas di kualifikasi Piala Dunia pada Juni depan.

Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalSepak BolaKualifikasi Piala Dunia 2022Shin Tae-yongVirus Corona

Berita Terkini