x

Tak Gelar TC Jelang Liga 1, Ini Program yang Bisa Jadi Alternatif Persib

Rabu, 2 Juni 2021 18:14 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Persib Bandung mempersiapkan diri untuk Liga 1 2021 tanpa pemusatan latihan (TC).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021 yang akan bergulir pada 10 Juli 2021. Meski begitu, skuat Maung Bandung tidak memiliki agenda pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, membeberkan alasan timnya tidak akan menggelar pemusatan latihan pada masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021. Menurutnya, ada beberapa pertimbangan yang membuat skuat Maung Bandung kemungkinan besar akan tetap berlatih di Bandung.

"Mengenai pemusatan latihan, nampaknya sulit karena ini soal finansial dan kami tahu banyak klub tidak memiliki banyak uang untuk saat ini, tidak banyak pemasukan," kata Robert Alberts saat konferensi pers secara virtual setelah memimpin latihan, Selasa (01/06/21).

Baca Juga
Baca Juga

"Jadi, saya pikir kami tidak bisa melakukan pemusatan latihan, karena itu terlalu mahal untuk keuangan klub," jelas Robert Alberts menambahkan.

Robert Alberts menambahkan, pemusatan latihan tidak bisa digelar berdekatan dengan kick-off kompetisi. Lantaran, kondisi pemain pasti kelelahan dan membutuhkan waktu untuk memulihkan kebugaran, agar siap tampil pada pertandingan.

Jadi, idealnya pemusatan latihan digelar di awal-awal pramusim. Agar, pemain memiliki waktu untuk mengembalikan kebugaran setelah mendapat program latihan berat.

Baca Juga
Baca Juga

"Tidak (berdekatan dengan kick-off), karena pada dasarnya pemusatan latihan itu untuk membangun fisik dan mental pemain. Kami sekitar sepekan berada di hotel, berlatih dua kali sehari dan terkadang diberi materi teori juga,

"Jadi ketika kembali dari masa pemusatan latihan, pemain pasti kelelahan jadi tidak bisa langsung bermain di liga," ucapnya.


1. Alternatif Selain TC

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Meski tidak memiliki agenda pemusatan latihan, Robert Alberts menuturkan Persib Bandung bisa saja menggelar kamp motivasi, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021. Lantaran, program tersebut berbeda dengan TC.

"Tapi jika menggelar kamp motivasi itu berbeda, kamp motivasi tidak pergi ke hotel lalu para pemain 'terkunci' lagi, tapi pemain berpikir dan melakukan beberapa aktivitas. Untuk kamp motivasi mungkin dilakukan, karena kami tidak bisa menggelar pemusatan latihan,

"Jadi untuk kamp motivasi tentu masuk dalam program dan itu akan dilakukan setelah kami tahu kapan liga akan dimulai," ujarnya.

Pada kamp motivasi, Robert Alberts selain membeberkan program yang disiapkan olehnya juga akan memompa semangat anak asuhnya, agar saat kompetisi Liga 1 2021 bergulir bisa tampil maksimal.

"Iya, selain itu kami akan berbicara soal format liga, apa yang ingin kami capai dan membangun kekompakan tim, bagaimana menjadi tim terbaik di Indonesia," tegasnya.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Robert AlbertsBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini