x

1958, Saat Young Boys 'Kalahkan' Manchester United Tanpa Berkeringat

Selasa, 14 September 2021 17:31 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Young Boys saat menghadapi Manchester United di Liga Champions 2018-2019.

INDOSPORT.COM - Meski gagal mengungguli Manchester United di Liga Champions 2018-2019, Young Boys ternyata pernah punya kisah menarik melawan klub Inggris tersebut.

Sebagai pengingat, sebelum kembali berhadapan di Liga Champions 2021-2022 sebagai rival di Grup F, Young Boys dan Manchester United sempat bersua di fase yang sama pada edisi 2018-2019. Saat itu, mereka berada di Grup H.

Dari dua pertemuan saat matchday pertama dan kelima, Young Boys gagal tampil sebagai pemenang, bahkan harus rela tidak dapat memecah telur mereka.

Pada pertemuan pertama, mereka kalah 0-3, di mana gol kemenangan Manchester United dicetak oleh Paul Pogba (menit 35 dan 44) dan Anthony Martial (menit 66).

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian, pada pertemuan kedua, Young Boys lagi-lagi kalah, namun kali ini dengan margin skor yang tidak terlalu jauh, yakni 0-1. Kali ini, Marouane Fellaini tampil sebagai pencetak gol tunggal saat injury time.

Dengan demikian, pertandingan Young Boys vs Manchester United di fase grup Liga Champions pada Selasa (14/09/21) malam nanti dihitung sebagai pertemuan ketiga mereka di panggung Eropa.

Akan tetapi, pada kenyataannya, Young Boys dan Manchester United pernah dihadapkan sebagai rival pada edisi 1958-1959 silam.

Ya, lama sekali memang, hingga orang-orang mungkin sudah melupakannya, atau bahkan tidak ingat sama sekali.

Baca Juga
Baca Juga

Pada waktu itu, Manchester United yang baru mengalami insiden kecelakaan Munich, mendapat tawaran dari UEFA untuk bermain di Liga Champions yang masih bernama European Cup.

Setan Merah yang sedang dalam masa berkabung pun menerima tawaran tersebut. Mereka kemudian dijadwalkan melawan Young Boys di putaran preliminary.

Akan tetapi, badan sepak bola Football League tidak memberi lampu hijau bagi Manchester United untuk bertanding.

Ikut campurnya badan ini di kompetisi sepak bola Eropa sejatinya bukan barang baru lagi pada waktu itu. Sebelumnya, mereka sempat menghalang-halangi Chelsea tampil pada musim inagurasi European Cup 1955-1956.


1. Kisah Masa Lalu Young Boys dan Manchester United

Skuat Young Boys pada 2018.

Pertandingan antara Young Boys dan Manchester United di preliminary round European Cup 1958-1959 pun akhirnya urung digelar.

Keputusan ini pun membuat Young Boys seperti ketiban durian runtuh. Mereka mendapat bye dan berhak melaju ke fase selanjutnya.

Manchester United sejatinya sudah mengajukan banding, tapi pihak Football League tetap tidak mau mengalah. Pada akhirnya, The Red Devils pun menarik diri dari kompetisi.

Meski begitu, bukan berarti Young Boys dan Manchester United gagal berjumpa di lapangan hijau. Pertemuan yang semula dijadwalkan untuk European Cup pun dialihkan menjadi pertandingan persahabatan.

Laga tersebut digelar secara home dan away sesuai tanggal pertemuan mereka di European Cup yang gagal terlaksana.

Pertemuan pertama berlangsung di Stadion Wankdorf di Bern yang berakhir dengan kekalahan Manchester United 0-2.

The Red Devils pada akhirnya bisa membalas dendam di pertemuan berikutnya. Kemenangan 3-0 pun berhasil mereka raih berkat gol dari Ernie Taylor, Dennis Viollet, dan Albert Quixall.

Young Boys sendiri di European Cup 1958-1959 berhasil melaju sampai semifinal sebelum disingkirkan Reims. Sementara itu, Manchester United tidak bermain lagi kompetisi sepak bola Eropa sampai 1963-1964.

Setelah pertemuan di panggung Eropa yang gagal pada 1958 tersebut, Young Boys dan Manchester United kembali dipertemukan kurang lebih 60 tahun kemudian di Liga Champions 2018-2019.

Jika pada saat itu Manchester United yang berhasil tampil sebagai pemenang, bagaimana dengan duel musim ini?

Pertandingan Young Boys vs Manchester United bakal digelar pada Selasa (14/09/21) pukul 23.45 WIB.

Manchester UnitedLiga ChampionsYoung BoysBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini