x

3 Tim Liga 1 yang Pemainnya Tak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Rabu, 22 September 2021 20:15 WIB
Editor: Juni Adi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Tiga tim Liga 1 2021 ini tak dilirik oleh Shin Tae-yong dalam mencari pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru-baru merilisi daftar 36 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta, mulai Minggu (19/09/21).

Pemusatan latihan (TC) tersebut dilakukan sebagai bagian dari persiapan Timnas Indonesia tampil di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan pada Minggu (09/10/21).

Namun meski berstatus tuan rumah, Timnas Indonesia tidak bisa menjamu Taiwan di Tanah Air, akibat kasus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil pertandingan leg pertama dan leg kedua akan berlangsung di Thailand pada 09 Oktober dan 12 Oktober mendatang.

Shin Tae-yong sendiri melakukan pemanggilan terhadap 36 pemain untuk mengikuti TC, hasil dari pantauan dirinya dan tim pelatih di turnamen pramusim Piala Menpora dan Liga 1 2021 yang baru bergulir tiga pekan.

Total ada 14 klub yang mengirimkan pemainnya ke TC Timnas Indonesia. Tiga tim menjadi penyumbang paling banyak adalah Arema FC, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya.

Masing-masing klub di atas mengirim lima pemain. Arema FC diwakili oleh Johan Ahmad Farizi, Feby Eka Putra, Kushedya Hari Yudo, Muhammad Raffli, dan Dedik Setiawan.

Wakil Persebaya ada Ernando Ari, Arif Satria, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya. Sedangkan pemain Persib yang dipanggil adalah Much Aqil Savik, Victor Igbonefo, Bayu Fiqri, Febri Hariyadi, dan Ezra Walian.

Menariknya, dari 14 klub yang mengirim pemainnya ke Timnas Indonesia tidak semuanya diambil dari peserta Liga 1 2021.

Sebab, terdapat empat klub Liga 1 yang pemainnya tak dilirik oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Siapa saja?


1. 1. PSM Makassar

Rekrutan anyar PSM Makassar jelang Liga 1 2021/22, Ilham Udin Armaiyn.

Dalam agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini, PSM Makassar tanpa diduga tak ngirim pemainnya ke Skuat Garuda. Padahal sebelumnya Juku Eja tidak pernah absen mengirim wakilnya untuk membela Merah Putih.

Memang Shin Tae-yong punya alasan tersendiri, apalagi performa PSM Makassar sendiri di Liga 1 2021 tengah mengecewakan. Dari tiga laga yang sudah dilakoni, mereka belum sekalipun meraih kemenangan.

Akan tetapi meski tim tampil dalam tren negatif, tuah tersebut tidak tertular ke pemainnya. Sebab beberapa nama tampil cemerlang bersama PSM di Liga 1 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Ada dua pemain sejauh ini yang bersinar yakni Yakob Sayuri dan Ilham Udin Armayn. Keduanya telah menyumbang 3 gol, masing-masing mencetak 1 gol untuk Yakob, dan 2 gol untuk Ilham. Hal ini sempat dipertanyakan oleh pelatih PSM, Milomir Seslija.

"Apakah pelatih-palatih timnas tak lihat pertandingan di sini, talenta yang ada sekarang," kata Milo usai menjalani laga melawan Persebaya, Sabtu (18/09/21).

2. Persita Tangerang 

Persita Tangerang menjadi tim kuda hitam di awal kompetisi Liga 1 2021 ini. Sebab mereka saat ini bertengger di papan atas menempati urutan ke-5 degan 6 poin, hasil dari 2 kali menang, dan 1 kali kalah.

Performa apik Persita itu membuat publik terkejut. Pasalnya tim-tim besar justru kesulitan mencari kemenangan seperti Persija Jakarta, PSM Makassar, Madura United, hingga Arema FC.

Sudah selayaknya jika penampilan para pemain Persita di Liga 1 menjadi sorotan tim pelatih Timnas Indonesia. Sebab terdapat beberapa nama yang tampil apik salah satunya adalah Rifki Dwi Septiawan dan Irsyad Maulana.

Rifki menyumbang 1 gol dan Irsyad menyumbang 2 gol dari 3 pertandingan yang dilalui oleh Persita di Liga 1.

3. Persela Lamongan

Satu nama tampil mencuat di skuat Persela Lamongan musim ini di Liga 1 2021. Dia adalah Dwi Kuswanto.

Didapuk menjadi suksesor Choirul Huda di sektor penjaga gawang, Dwi mampu menjawabnya dengan penampilan apik di lapangan. 

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu kualitas terbaiknya diperlihatkan ketika ia tampil bak pahlawan, saat Persela melawan Persipura di pekan ke-2. 

Sejumlah penyelamatan membuat gawang Persela aman dari ancaman kebobolan. Penampilan apik Dwi Kuswanto membuat Laskar Joko Tingkir menang 1-0 atas Persipura.

Bahkan Dwi Kuswanto berhasil menjadi salah satu kiper dengan penampilan terbaik di pekan kedua Liga 1 2021.

Persita TangerangPersela LamonganPSM MakassarTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Liga IndonesiaTRIVIABerita Liga 1Shin Tae-yongLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini