x

Kualitas wasit Kurang Mumpuni, Piala AFF 2020 Batal Gunakan Teknologi VAR

Rabu, 17 November 2021 14:26 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Latihan timnas Indonesia di Turki

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2020 dipastikan tidak akan menggunakan teknologi VAR lantaran kualitas wasit masih kurang mumpuni.

Selasa (16/11/21), media Malaysia, Vocket FC menyoroti tentang batalnya penggunaan VAR di Piala AFF 2020 Turnamen tersebut rencananya akan dilangsungkan di Singapura pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022 mendatang.

Tentunya Piala AFF akan menjadi sorotan ribuan penggemar sepak bola dari negara-negara anggota Asia Tenggara.  Seperti halnya Piala Dunia versi Asia Tenggara yang selalu menghadirkan persaingan sengit.

Baca Juga
Baca Juga

"Namun, penggemar mungkin merasa sedikit frustrasi ketika teknologi Video Referee Assistance (VAR) tidak akan digunakan di semua pertandingan untuk memastikan wasit membuat keputusan yang tepat," tulis Vocket FC.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Patit Supaphong melalui pernyataan di Siam Sports.

"Saya dapat memastikan bahwa VAR tidak akan digunakan di Piala AFF tahun ini. VAR bukanlah alat yang dapat dipasang dan digunakan kapan saja. Kami membutuhkan lisensi dari FIFA sebelum menggunakan teknologi ini," ujar Patit.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Patit Supaphon juga mengungkapkan bahwa tidak banyak wasit di Asia Tenggara yang berpengalaman menangani teknologi VAR dan tuan rumah Singapura jarang menggunakannya di pertandingan domestik.

"Jika menginginkan VAR, berbagai aspek perlu diperhitungkan, termasuk biaya logistik. Di Asia Tenggara, tidak banyak wasit yang dilatih menggunakan teknologi ini," sambungnya lagi. 

"Karena itu, Singapura tidak akan menggunakan VAR di Piala AFF yang berlangsung bulan depan," pungkasnya.


1. Terbatasnya Penggunaan VAR di Asia Tenggara

Latihan Timnas Indonesia di Turki

Di Asia Tenggara, hanya Liga Thailand yang menggunakan teknologi VAR di semua pertandingan Thai League 1. Sedangkan Vietnam hanya menggunakan teknologi itu pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion My Dinh.

Di kawasan Asia Tenggara memang belum banyak wasit yang mendapatkan pelatihan terkait penggunaan VAR. Bukan cuma masalah SDM, teknologi itu juga tidak bisa dipasang secara singkat.

Padahal ajang Piala AFF 2020 akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia kini sedang menjalani pemusatan pelatihan di turki untuk mempersiapkan turnamen tersebut.

SingapuraBola InternasionalPiala AFF 2020

Berita Terkini