x

Ada Wonderkid Timnas Indonesia, 3 Pemain Muda yang Siap Bersinar di Piala AFF 2020

Sabtu, 27 November 2021 16:03 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Tiga pemain muda ini diprediksi akan tampil bersinar dan menyita perhatian di Piala AFF 2020 nanti.

Publik sepak bola di kawasan Asia Tenggara tidak lama lagi akan segera dihibur dengan bergulirnya turnamen antara negara paling bergengsi yaitu Piala AFF 2020.

Pada edisi kali ini Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal untuk menggelar semua pertandingan babak penyisihan grup, yang akan dimulai pada 05 Desember hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Indonesia dan Thailand dikabarkan sempat mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Namun, AFF memutuskan menunjuk Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 pada 28 September 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Sejatinya gelaran Piala AFF 2020 ini diselenggarakan pada tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 masih melanda di kawasan Asia Tenggara, AFF selaku Federasi Sepak Bola Asia Tenggara menundanya.

Terdapat tiga stadion di Singapura yang sudah dipastikan akan digunakan untuk menyelenggarakan Piala AFF 2020. Tiga stadion itu adalah Jalan Besar Stadium, Bishan Stadium, dan Singapore National Stadium. 

Meski terpusat di Singapura, format kompetisi Piala AFF 2020 tetap sama seperti edisi-edisi sebelumnya. 

Fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara.

Di Grup A terdapat Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Sedangkan di Grup B dihuni oleh Kamboja, Timnas Indonesia, Laos, Malaysia dan Vietnam.

Sangat bergengsinya ajang ini, membuat negara-negara peserta serius dalam melakukan persiapan. Kebanyakan dari mereka membawa skuat para pemain muda.

Maka terdapat sejumlah nama pemain muda yang siap menggebrak di Piala AFF 2020. Siapa saja mereka? berikut INDOSPORT.COM mengulasnya.


1. 1. Elkan Baggott

Elkan Baggott saat jalani latihan bersama Timnas Indonesia

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara peserta Piala AFF 2020 yang cukup disegani. Komposisi pemain muda dan senior yang bagus di bawah asuhan Shin Tae-yong adalah faktornya.

Apalagi mereka juga akan diperkuat pemain muda sarat talenta berdarah keturunan bernama Elkan Baggott

Elkan Baggott saat ini bermain di klub Liga Inggris, Ipswich Town berposisi sebagai bek. Debutnya di Timnas Indonesia sudah dilakukan saat tampil melawan Afghanistan beberapa waktu lalu.

Publik Tanah Air memberikan pujian atas performa dia, karena menunjukan permainan yang apik dalam mengawal gawang Skuad Garuda.

Baca Juga
Baca Juga

Baggott adalah bagian dari kebijakan pencarian pemain-pemain keturunan di luar negeri untuk berlaga di Piala Dunia U-20. 

Dia sempat mengikuti pemusatan latihan di Kroasia dan tampil mengesankan. Hal itu membuat dia selalu ada dalam skema Coach STY meskipun sempat ada miskomunikasi beberapa waktu lalu. 

Piala AFF 2020 akan jadi turnamen besar pertama yang diikuti Baggott bersama timnas Indonesia. Dia pun bertekad memberikan yang terbaik.

2. Thanawat Suengchitthawon

Selain Timnas Indonesia, Thailand menjadi salah satu negara yang akan tampil menjanjikan di gelaran Piala AFF 2020 ini.

Skuad Thailand untuk Piala AFF 2020 ini tidak main-main. Mereka memanggil sejumlah pemain lokal yang berkarier di luar negeri benua Eropa maupun Asia di Liga Jepang.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah wonderkid Leicester City, Thanawat Suengchitthawon. Pemain berumur 21 tahun ini mulai mencuat ke permukaan saat dipanggil ke Timnas Thailand pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Gaya main Thanawat kerap dibanding-bandingkan dengan eks gelandang Barcelona dan timnas Spanyol, Andres Iniesta. 

Setelah menjalani dua laga bersama Akira Nishino, patut dinantikan kiprahnya bersama Alexandre Polking yang kini menangani timnas Thailand.

Baca Juga
Baca Juga

3.Tien Linh Nguyen

Terakhir ada nama pemain Vietnam, Tien Linh Nguyen. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi andalan bagi Vietnam saat ini karena penampilan apiknya di sejumlah turnamen penting.

Berposisi sebagai penyerang, Tien Linh sudah mengemas 8 gol dari 20 penampilannya di semua ajang. Yang menjadi perhatian adalah ketajamannya teruji di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan mencetak 7 gol dari 13 laga.

Pemain milik klub Binh Doung ini sangat wajib diwaspadai oleh barisan belakang negara lain, mengingat ketajamannya yang sudah terbukti. Ditambah lagi Vietnam memang negara terkuat di ajang ini.

VietnamThailandSingapuraTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIAElkan BaggottPiala AFF 2020

Berita Terkini