x

3 Pemain Australia yang Wajib Diwaspadai Timnas Putri Indonesia

Jumat, 21 Januari 2022 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Berikut tiga pemain Australia yang wajib diwaspadai Timnas Putri Indonesia saat menjalani partai perdana Piala Asia Wanita 2022, Jumat (21/1/22).

Timnas Putri Indonesia akan mencetak sejarah untuk kali pertama tampil di Piala Asia Wanita sejak 33 tahun silam. Namun, di laga perdana penuh sejarah ini, skuat Garuda Pertiwi akan berhadapan dengan lawan berat dan unggulan juara, yakni Australia.

Timnas Putri Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Australia di laga perdana grup B, Jumat (21/1/22) pukul 17.00 WIB

Baca Juga
Baca Juga

Adapun venue yang jadi tempat pertandingan bersejarah bagi Timnas Putri Indonesia ini adalah Mumbai Football Arena, yang merupakan markas tim papan atas Liga Super India, Mumbai City FC.

Menghadapi Australia yang berstatus unggulan dan langganan Piala Dunia Wanita, Timnas Putri Indonesia justru tak gentar dan malah antusias.

Antusiasme ini tak lepas dari catatan sejarah di mana Timnas Putri Indonesia kembali ke Piala Asia Wanita setelah 33 tahun. Selain itu, Australia juga dihuni deretan bintang papan atas dunia yang berkiprah di Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan perbedaan materi yang bak langit dan bumi, Timnas Putri Indonesia nyatanya tak ciut nyali. Malahan, bagi Rudy Eka Priyambada selaku pelatih, laga ini akan menjadi laga spesial baginya dan anak asuhnya.

“Buat kami ini spesial, sebab situasi kita beruntung bisa bermain di Piala Asia. Terlebih bagi saya tidak ada yang tidak mungkin. Kita sudah mempersiapkan semua untuk laga besok,” ujar Rudy Eka Priyambada.

Kendati tak ciut nyali, Timnas Putri Indonesia tetap wajib mewaspadai para pemain Australia di partai perdananya di Piala Asia Wanita 2022. Berikut 3 pemain yang harus diwaspadai Rudy Eka Priymabada dan skuat Garuda Pertiwi.


1. Deretan Pemain Australia yang Harus Diwaspadai Timnas Putri Indonesia

Samantha Kerr bersama Timnas Wanita Australia / Matilda.

1. Sam Kerr

Sam Kerr merupakan bomber andalan tim wanita Australia. Ia menjadi juru gedor utama mengingat kiprahnya bersama tim Chelsea wanita.

Pemain berusia 29 tahun itu membela Chelsea wanita sejak 2019. Sejak saat itu, ia mampu mempersembahkan beragam gelar, termasuk Treble Winner di kancah domestik pada musim 2020/21.

Selain itu, Sam Kerr juga berstatus top skor Women Super League (liga wanita teratas Inggris) musim 2020/21 dengan sumbangsih 21 gol dari 22 laga.

Tak cukup sampai di situ, karena kiprahnya itu Sam Kerr terpilih menjadi Runner Up penghargaan FIFA Best Award 2021 di belakang Alexis Putellas selaku peraih Ballon d’Or wanita 2021.

2. Hayley Raso

Andaikata Sam Kerr melempem, Australia masih punya juru gedor lainnya. Tak tanggung-tanggung, si juru gedor ini biasa beroperasi di sektor gelandang. Sosok itu adalah Hayley Raso.

Pemain berusia 27 tahun ini merupakan rival Sam Kerr di ajang Women Super League. Tercatat ia membela tim wanita Everton di musim lalu dan kini membela Manchester City.

Sebagai gelandang yang juga beroperasi sebagai winger, Hayley Raso punya keunggulan dalam hal dribel dengan rataan dribel sukses 1,86 kali per 90 menit.

Selain itu, ia juga terkenal sebagai predator di kotak penalti dengan nilai 0,53 Non-Penalty Expected Goals (NPxG) dengan rata-rata menyentuh bola di kotak 16 sebanyak 4,77 kali per 90 menit.

Sumbangsihnya terlihat jelas. Dalam lima laga di kancah Women Super League 2021/22 bersama Man City, ia mampu menorehkan tiga gol dan tiga assist.

3. Ellie Carpenter

Di sektor belakang, ada nama Ellie Carpenter yang baru berusia 21 tahun. Kendati masih muda, dirinya punya pengalaman segudang di kancah Eropa.

Ellie Carpenter telah berpetualang ke Eropa sejak musim 2020/21 bersama tim wanita Olympique Lyon. Di musim perdananya, ia mungkin tak memberi banyak sumbangsih.

Namun di musim keduanya atau musim 2021/22 ini, Ellie Carpenter mampu memberi sumbangsih lebih dengan mencetak empat assist dalam sembilan laga.

Catatannya dalam menyerang pun berbanding lurus dengan gayanya bertahan, di mana Ellie Carpenter mampu membuat Lyon sebagai tim paling sedikit kebobolan, dengan empat gol saja dalam 11 laga.

AustraliaSepakbola WanitaTimnas Wanita IndonesiaSepak BolaTimnas Indonesia PutriPiala Asia Wanita

Berita Terkini