x

3 Pemain Bersinar yang Bawa Timnya ke Perempat Final Piala Afrika

Kamis, 27 Januari 2022 16:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mohamed Salah saat bermain untuk Timnas Mesir. Foto: Visionhaus/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Gelaran Africa Cup of Nations (AFCON) alias Piala Afrika 2021 kini telah memasuki fase perempat final.

Sebanyak delapan tim memastikan tiket mereka usai berjibaku di pertandingan 16 besar yang seluruh jadwalnya selesai hari ini, Kamis (27/01/22).

Mereka adalah Gambia, Kamerun, Mesir, Maroko, Equatorial Guinea, Burkina Fasio, Tunisia, dan Senegal. Jika tidak ada halangan, laga-laga perempat final Piala Afrika edisi kali ini akan digelar mulai 29 Januari mendatang.

Dengan jumlah kontestan yang makin mengerucut, peta persaingan pun juga turut menyempit. Dari daftar tim perempat final, ada empat mantan juara Piala Afrika edisi-edisi sebelumnya, yakni Kamerun, Mesir, Maroko, dan Tunisia.

Baca Juga
Baca Juga

Kamerun dan Mesir pun masih jadi tim yang difavoritkan untuk melaju jauh di Piala Afrika 2021 ini. Meski begitu, para peserta lain tentu tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Apalagi, beberapa di antara mereka berpeluang besar jadi kuda hitam yang bisa membuat gebrakan mengejutkan.

Kerja sama tentu salah satu faktor penting di balik kesuksesan delapan tim di atas lolos ke perempat final Piala Afrika 2021. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa ada peran sejumlah pemain bersinar yang turut andil di dalamnya.

Baca Juga
Baca Juga

Entah itu sebagai man of the match, sebagai pahlawan, maupun sebagai sosok kunci yang membantu timnya meraih kemenangan di 16 besar.

Nah, berikut tiga pemain yang layak mendapat atensi lebih karena sepak terjang gemilangnya untuk timnas masing-masing. Siapa saja?

 

1. Sepak Terjang Gemilang 3 Pemain

Intip para pemain yang bersinar saat membawa timnya ke perempat final Piala Afrika 2021.

Mohamed Salah (Mesir)

Mungkin pemain yang paling sering dipantau gerak-geriknya selama membela Timnas Mesir di Piala Afrika 2021. Apalagi kalau bukan statusnya sebagai pemain top Liga Inggris yang sukses bersama Liverpool.

Prestasi gemilangnya di level klub pun berhasil ditunaikan juga ketika mengemban tugas negara. Kini, Mohamed Salah dkk berhasil membawa Timnas Mesir ke perempat final Piala Afrika.

Mereka baru saja menekuk Pantai Gading dengan drama adu penalti lantaran pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Skor akhir penalti 5-4 pun menjadi penutup langkah yang manis bagi Timnas Mesir di 16 besar. Semua pemain yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugas dengan baik, termasuk Mohamed Salah.

Pemain berusia 29 tahun tersebut tampil paling terakhir, kartu as yang menyempurnakan perjuangan empat eksekutor sebelumnya.

Ketika Mohamed Salah dkk meraih angka sempurna untuk adu penalti, di sisi lain Pantai Gading harus menelan kekecewaaan usai bola yang ditendang Eric Bailly sebagai eksekutor ketiga gagal menembus gawang Mesir.

Mohamed Abo Gabal (Mesir)

Masih dari Timnas Mesir. Kali ini ada Mohamed Abo Gabal, sosok kunci lainnya di balik kesuksesanThe Pharaohs menginjakkan kaki di perempat final Piala Afrika 2021.

Walaupun hanya kiper pengganti, pemain yang kini membela Zamalek di level klub ini mengemban tugas besar ketika Mesir harus melangkah ke babak adu penalti.

Akan tetapi, keberhasilan menyelamatkan gawangnya dari bola tendangan Eric Bailly membawa dampak signifikan terhadap hasil akhir Pantai Gading vs Mesir semalam.

Jesus Uwono (Equatorial Guinea)

Selain Mohamed Abo Gabal, kiper Equatorial Guinea ternyata juga tidak luput dari sorotan usai jadi pahlawan timnya di babak adu penalti melawan Mali.

Timnas Equatorial Guinea memang secara mengejutkan menendang Mali keluar dari Piala Afrika 2021. Padahal, sejak awal mereka bukan tim yang diunggulkan.

Sedikit lebih menegangkan dari Pantai Gading vs Mesir, adu penalti Mali vs Equatorial Guinea berakhir dengan skor 5-6.

Emilio Nsue membuka penalti Equatorial Guinea dengan kegagalan usai bolanya melambung di atas mistar gawang. Tidak lama kemudian, Mali juga gagal lewat Massadio Haidara sebagai penendang ketiga.

Tendangannya berhasil ditepis oleh Jesus Uwono. Hamari Traore jadi pemain Mali selanjutnya yang gagal sebagai eksekutor, begitu pula Pablo Ganet (Equatorial Guinea), hingga situasi berubah jadi sudden death.

Jesus Uwono tampil sebagai pahlawan usai menggagalkan tendangan Falaye Sacko. Equatorial Guinea pun memenangkan laga dan berhak melaju ke perempat final Piala Afrika 2021.

KamerunMohamed SalahPiala AfrikaMarokoMesirTunisiaSenegalBola Internasional

Berita Terkini