x

Liga 1: Statistik Barito Unggul Atas PSM, Rahmad Darmawan Ogah Jemawa

Jumat, 28 Januari 2022 07:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Bek kanan PSM Makassar, Asnawi Mangkualam (merah marun), mencoba melewati hadangan pemain Barito Putera, Ambrizal Umanailo (kuning).

INDOSPORT.COM - Statistik pertemuan Barito Putera dan PSM Makassar memang berpihak pada Laskar Antasari. Tapi pelatih Rahmad Darmawan tak mau terlena hal ini.

Barito Putera akan menghadapi PSM Makassar di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Jumat (28/1/22). Dalam laga ini, Barito menargetkan poin penuh atas PSM.

Barito Putera sebagai penghuni zona merah, harus berhadapan dengan PSM Makassar yang notabene tengah berjuang untuk menapaki 10 besar klasemen Liga 1 2021-2022.

Namun, melihat head to head kedua tim, Barito Putera justru lebih unggul atas PSM Makassar. Putaran pertama lalu, Rizky Pora Cs berhasil menang 2-0 atas lawannya.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian, dari enam pertemuan mereka di kompetisi kasta tertinggi, Barito Putera juga berhasil memenangkan tiga laga, imbang dua kali, dan hanya kalah satu kali saja.

Hanya saja, pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengaku tidak mau terlena melihat statistik pertemuan kedua tim yang berpihak pada Laskar Antasari.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami hanya fokus ke pertandingan yang ada di hadapan kami, karena kami ingin memperbaiki klasemen," ucap Rahmad Darmawan dalam sesi konferensi pers.

"Apakah rekor PSM lebih baik atau jelek, itu tidak berpengaruh, karena sepak bola itu dinamis, pemain berubah dan pelatih pun berganti," ucap pelatih berusia 55 tahun tersebut.


1. Harus Menang

Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan dan pelatih fisik, Vitor Tinoco.

Setelah jeda Liga 1 2021-2022, Rahmad Darmawan mengaku punya cukup waktu untuk membangun chemistry pemain lama dan pendatang baru di Barito Putera.

Coach RD, sapaan akrabnya, berharap dengan terbangunnya chemistry, bisa menambah motivasi bagi pemain untuk meraih poin penuh, dengan harapan bisa keluar dari zona degradasi.

"Kami ingin memperbaiki klasemen. Semua pemain tahu dan sadar bagaimana mereka harus bekerja, buat saya penting untuk membangun motivasi itu," jelas Coach RD.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, mantan pelatih timnas Indonesia itu juga tahu bahwa PSM Makassar bukan lawan yang bisa dianggap enteng. Kubu lawan bermain dengan mentalitas berjuang yang tinggi.

"Bahkan saat kondisi tertinggal, mereka tetap tampil bagus, artinya mereka punya mentalitas yang bagus dan punya ritme permainan yang baik," pungkas Rahmad Darmawan.

Barito PuteraRahmad DarmawanPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini