x

Fakta-fakta Jordy Wehrmann, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia yang Pernah Setim dengan Van Persie

Rabu, 2 Maret 2022 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
Wonderkid Belanda keturunan Indonesia, Jordy Wehrmann.

INDOSPORT.COM - Jordy Wehrmann disebut-sebut menjadi salah satu pemain terbaru yang akan dinaturalisasi oleh PSSI dan Kemenpora. Berikut beberapa fakta menarik tentangnya.

Proses dua pemain keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri untuk dinaturalisasi yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat dikabarkan sudah rampung untuk diteliti.

Kepastian itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Selasa (01/03/22). Ia menyebut dokumen naturalisasi keduanya kini tinggal dilimpahkan ke Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Sebelumnya pihak Kemenpora mengabarkan proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat menemui kendala, karena administari yang masih kurang lengkap. Namun hal itu dibantah oleh PSSI lewat anggota Exco, Hasani Abdulgani.

"Sebenarnya bukan dokumen (yang menjadi hambatan)," tulis Hasani Abdulgani seperti dilansir dari Instagram-nya , @hasaniabdulgani.

Baca Juga
Baca Juga

"Tetapi pertanyaan atau kajian mengapa harus ada pemain naturalisasi, bagaimana dengan aturan FIFA, dan lainnya yang dipertanyakan tim hukum Menpora kepada PSSI."

"Mudah-mudahan dalam satu dan dua hari ke depan akan dikirimkan ke Menpora," tambah Hasani.

Masalah tersebut sudah diselesaikan oleh PSSI, dan Zainudin Amali pun berharap proses penelitian dokumen Sandy dan Jordi di Kemenpora akan rampung segera rampung.

"Mudah-mudahan pada Selasa depan pemberkasan sudah rapi semua," tutur politisi partai Golkar itu.

Setelah dua pemain di atas, PSSI masih terus mencari para pemain keturunan yang bersedia dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Sebelumnya ada beberapa nama yang sudah didekati oleh PSSI yakni Kevin Diks, Mees Hilgers hingga Tijjani Reijnders. Akan tetapi ketiganya menolak untuk berpaspor logo Garuda.

PSSI pun dapat satu nama yang bersedia, dia adalah Shayne Pattynama. Namun tambahan satu pemain dirasa belum cukup.

Kini PSSI tengah mengincar dua pemain keturunan baru untuk dinaturalisasi menggantikan nama-nama di atas. Adapun dua nama yang santer dibicarakan saat ini adalah Emil Audero dan Jordy Wehrmann.

“Rabu malam besok waktu Eropa atau Kamis pagi waktu Indonesia kolega (agen) kami sudah punya janjian dinner bersama manager dan Pemain yang diminati oleh coach Shin Tae Yong.

"Siapakah di antara Emil Audero Mulyadi dan Jordi Wehrmann yang menjadi pemain keturunan ke 4 Timnas?,” tulis Hasani Abdulgani di akun Instagram-nya.


1. Siapa Pemain Naturalisasi ke-4

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Sekadar diketahui, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sejak awal memburu empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dari empat nama yang diburu, baru tiga nama yang prosesnya sudah sampai di Kemenpora.

Mereka ialah Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa pemain keempat yang bakal dinaturalisasi menjadi WNI?

Emil Audero yang mentas sebagai penjaga gawang di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A, memiliki darah Italia-Indonesia.

Darah Indonesia-nya mengalir dari sang ayah yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemain milik Sampdoria itu sebelummnya sempat menolak dinaturalisasi.

Sebab dirinya masih berambisi untuk menembus skuat Timnas Italia. Bukan tanpa alasan, karena nama Emil sudah cukup malang melintang di timnas Italia, karena sudah membela tim kelompok umur, Italia U-15 hingga Italia U-23.

Akan tetapi hingga saat ini, ia masih kesulitan menembus skuad senior Italia. Namanya sempat masuk radar pelatih Timnas Italia untuk Euro 2020, akan tetapi ia kalah saing dengan nama tenar seperti Gianluigi Donnarumma.

Sedangkan Jordy Wehrmann, memiliki darah Indonesia-Belanda yang diturunkan dari sang ibu, sementara ayahnya orang Belanda asli. Saat ini, Jordy bermain di Liga Utama Swiss membela FC Luzern.

Dari 22 pertandingan di semua kompetisi yang sudah dijalani bersama FC Luzern, Jordy yang berposisi sebagai gelandang baru mencetak satu gol.


2. Fakta Jordy Wehrmann

Wonderkid Belanda keturunan Indonesia, Jordy Wehrmann.

Dari kasus sebelumnya, nama Jordy Wehrmann lah yang diprediksi kuat oleh publik pecinta sepak bola nasional untuk menjadi pemain ke-4 yang dinaturalisasi oleh PSSI untuk Timnas Indonesia.

Lantas apa saja fakta-fakta menarik sang pemain? berikut ulasannya;:

Mengaku Berasal dari Indonesia

Lewat YouTube Yussa Nugraha, Wehrmann menyebut kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. Sementara, ibunya lahir di Belanda.

Sering Berkunjung ke Tanah Air

Walau lahir dan besar di Belanda, juga meniti karier sepak bola di sana. Wehrmann tetap menjaga ikatan emosional dengan Indonesia.

Wehrmann sudah tiga kali ke Indonesia dan sering menyantap makanan Indonesia yang dibuat keluarganya.


3. Setim Dengan Robin Van Persie

Bouchra Elbali, istri pesepak bola Robin Van Perise

Wehrmann promosi ke tim utama Feyenoord pada musim 2018/2019. Pada musim itu, Feyenoord menutup musim dengan berada di posisi ketiga klasemen akhir Eredivisie, di bawah Ajax dan PSV.

Feyenoord punya skuad yang bagus pada musim 2018/2019. Salah satu nama yang patut dicatat adalah Robin van Persie. Ini adalah musim terakhir Van Persie sebagai pemain profesional. 16 gol dicetak Van Persie selama satu musim penuh.

Selain itu, ada juga nama Steven Berghuis yang kini bermain untuk Ajax. Ada persaingan ketat di skuad Feyenoord dan Wehrmann tidak memainkan satu laga pun sepanjang musim.

Sempat Bela Timnas Belanda

Penampilan Jordy Wehrmann saat masih junior rupanya cukup menonjol. Dia menjadi andalan di Feyenord hingga dipromosikan ke tim utama.

Dilatih Giovanni Van Bronckhorst

Legenda Timnas Belanda yang juga memiliki darah Indonesia, Giovanni Van Bronckhorst menjadi sosok yang berjasa dalam karier Jordy Wehrmann.

Sebab Van Bronckhorst lah yang memberikan kesempatan bermain di tim utama, saat Feyenord dilatih olehnya.

Pada musim 2018/2019, Van Bronckhorst mendaftarkan 29 pemain untuk skuad Feyenoord. Dua pemain diambil dari tim U-19 yakni Mats Knoester dan Jordy Wehrmann.

Namun ia didepak menyusul kepergian Van Bronckhorst, digantikan oleh Dick Advocat pada musim 2018/2019.

BelandaRobin van PersieTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaJordy Wehrmann

Berita Terkini