x

Presiden Jokowi Dukung Naturalisasi Pemain untuk Timnas Indonesia, Asalkan...

Kamis, 3 Maret 2022 18:25 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Menpora Zainudin Amali didamping ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengabarkan proses naturalisasi pemain yang diajukan PSSI untuk berseragam timnas Indonesia sedang berlangsung.

Pemerintah berusaha secepat mungkin 'melegalkan' nama yang diajukan agar bisa bermain untuk timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang. 

Sejauh ini sudah ada dua pemain yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh yang dokumennya sudah lengkap dan diproses. Menpora menyebut nanti ada pemain berikutnya yang menyusul yakni Shayne Pattynama yang masih menunggu kelengkapan berkas.

"Soal naturalisasi pemain, administrasi tinggal kami lengkapi karena jangan sampai tak bisa bertanding," kata Menpora, Zainudin Amali. 

Baca Juga
Baca Juga

"Sudah masuk (dokumen) dan pemerintah akan bantu semaksimal mungkin, kami akan percepat secepat mungkin dan sejauh ini baru ada dua pemain, nanti mau tiga tapi dalam proses," cetusnya.


1. Dapat Restu

Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Lebih lanjut, Menpora mengatakan proses naturalisasi pemain keturunan juga diketahui Presiden RI, Joko Widodo. Orang nomor 1 di Indonesia tersebut juga mendukung, asal dilakukan sesuai kebutuhan.

Namun, Presiden Jokowi juga meminta agar PSSI tidak melupakan akar dari kemajuan sepak bola yaitu pembinaan.

"Presiden beri kepercayaan ke PSSI. Tapi naturalisasi itu kan jangka pendek, jadi untuk jangka panjangnya tetap harus dilakukan pembinaan," ujar Menpora. 

Baca Juga
Baca Juga

2. 4 Pemain Keturunan

Menpora Zainudin Amali didampingi Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

PSSI berupaya melakukan naturalisasi empat pemain keturunan Indonesia untuk kepentingan tim nasional sesuai permintaan pelatih Shin Tae-yong. Mereka diproyeksikan menambah kekuatan skuat Garuda. 

Selain tiga nama di atas, PSSI juga tengah berupaya berkomunikasi dengan  kiper klub Liga Italia, Sampdoria Emil Audero Mulyadi. Pemain blasteran Indonesia-Italia itu jadi prioritas utama Shin Tae-yong. 

Tak hanya Emil, PSSI juga membidik gelandang klub Liga Swiss, FC Luzern, Jordy Whermann.

Baca Juga
Baca Juga
PSSINaturalisasiJokowiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini