x

Apa Kabar Alexander Pulalo? Legenda Sepak Bola Papua, Menyesal Tak Bela Persipura

Kamis, 10 Maret 2022 12:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Apa Kabar Alexander Pulalo: Legenda Sepak Bola Papua, Menyesal Tak Bela Persipura

INDOSPORT.COM - Apa kabar Alexander Pulalo? Pesepak bola asal Papua yang menyesal karena tidak pernah membela Persipura Jayapura selama karir profesionalnya.

Alexander Pulalo adalah pesepak bola yang besar di era 90an. Ia berposisi sebagai bek, dan pernah membela sejumlah tim besar.

Sebut saja Semen Padang, PSM Makassar, Pelita Bakrie (Madura Utd), PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema Malang, dan yang terakhir Mitra Kukar.

Alexander Pulalo juga menjadi langganan Timnas Indonesia, baik dari kelompok umur hingga senior. Ia dikenal sebagai bek yang tangguh tanpa kompromi pada lawannya.

Baca Juga
Baca Juga

Berada satu zaman dengan pemain kaliber Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Budi Sudarsono, Rochy Putiray, dan Jacksen F. Tiago, lantas, apa kabar Alexander Pulalo?

Salah satu juniornya saat membela Arema, Hamka Hamzah, coba menyambangi rumah Alexander Pulalo di Jakarta, kemudian ia mengunggah video itu di kanal Youtubenya.

Rupanya, saat ini Alex Pulalo aktif melatih sebuah SSB di Jakarta, walaupun ia masih belum mengantongi lisensi kepelatihan.

"Kesibukan saya saat ini melatih SSB di daerah Pasar Minggu," ungkap Alex Pulalo.

Baca Juga
Baca Juga

Walau tak setenar teman-teman pesepak bola seangkatannya, tapi Alexander Pulalo mengaku masih ada beberapa orang yang mengenalnya, khususnya suporter Arema.

"Sampai sekarang masih ada suporter yang mengenali saya, khususnya Aremania dan The Jakmania. Kadang mereka juga nanya, kapan ke Malang," tutur Alexander Pulalo.


1. Menyesal Tak Bela Persipura

PON XIII 1993 (Persipura divisi satu). Berdiri: Ramses Rumbekwan, Yakob Rumayom, Robert Lestuni, Yohanis Bonay, Aples Tecuari, Nando Fairyo (C) Jongkok: Alex Pulalo, David Saidui, Chris Yarangga, Ritham Madubun, Abdul Haji Mayor.

Alexander Pulalo adalah pesepak bola asal Sentani, Papua, yang sudah bersinar sejak usia muda. Hanya saja, Alex tidak pernah membela Persipura di sepanjang karirnya.

Sosok 48 tahun itu mengaku sempat ada rasa penyesalan di hatinya, karena belum pernah membela klub tanah kelahirannya.

"Saya lahir di Sentani, Jayapura, tapi belum pernah main di Persipura. Pernah ikut PON Papua saja, dapat medali emas tahun 1993."

Baca Juga
Baca Juga

"Ada juga penyesalan, tapi mau bagaimana, dari kecil saya sudah di sini merantau, mau pulang juga bagaimana," ungkap Kaka Alex.

Sejatinya, setelah berprestasi di usia muda, Alexander Pulalo mendapat tawaran untuk membela Persipura Jayapura, tapi ia justru menolaknya karena memilih lanjut sekolah.

"Pernah ditawari masuk Persipura, waktu juara PON, cuma saya nggak mau ambil, alasannya mau sekolah dulu," tukas Alex.


2. Roberto Carlos dari Indonesia

Pemain Calcio Legend, Angelo Dilivio (tengah) mendapat tekel keras dari pemain Primavera Baretti, Alex Pulalo (bawah).

Pada masa kejayaannya, Alexander Pulalo pernah dijuluki sebagai Roberto Carlos dari Indonesia. Alex menceritakan asal-usulnya.

Kala itu, Alex memang terkenal karena gaya permainnya yang keras, lari yang cepat dan kekuatan kaki kiri yang sangat tajam, mirip dengan legenda Brasil, Roberto Carlos.

"Awalnya julukan itu dari Pelita, pas saya main tahun 1999, suporternya memanggil saya Roberto Carlos dari Indonesia," ucap Alexander Pulalo dengan perasaan bangga.

"Pas masuk Persija Jakarta, The Jak juga panggil saya Roberto Carlos," pungkasnya.

Persipura JayapuraAlexander PulaloTimnas IndonesiaIn Depth SportsLegenda OlahragaprofilApa KabarBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini