x

Chelsea Kena Imbas Sanksi Inggris Terhadap Abramovich, Begini Reaksi Thomas Tuchel

Jumat, 11 Maret 2022 11:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Thomas Tuchel buka suara soal situasi dirinya di Chelsea usai imbas Roman Abramovich. Foto: REUTERS/Anton Vaganov.

INDOSPORT.COM – Thomas Tuchel menyatakan masih betah melatih Chelsea meski klubnya terkena imbas atas sanksi pemerintah Inggris terhadap pemilik klub yang orang Rusia, Roman Abramovich.

Tepat di hari ulang tahun klub yang ke-117 pada 10 Maret 2022, Chelsea harus menelan pil pahit imbas dari kedekatan sang pemilik Roman Abramovich dengan presiden Rusia, Vladimir Putin, yang menginvasi Ukraina.

Sebelumnya, Roman Abramovich sudah bersedia melepas haknya mengurus Chelsea dan berencana menjual klub London Barat tersebut ke investor yang berminat.

Belum selesai dengan urusan menjual Chelsea, Roman Abramovich malah sudah dijatuhi hukuman oleh Pemerintah Inggris. Sanksi tersebut berupa pembekuan semua aset dan larangan bepergian.

Baca Juga
Baca Juga

Memanaskan situasi Chelsea bakal ditinggal pergi Abramovich yang dikenal kaya raya tersebut, masa depan Thomas Tuchel di kursi kepelatihan The Blues mulai menjadi kasak kusuk.

Kabarnya, Manchester United yang tengah berburu manajer baru ingin menjadikan Tuchel sebagai kandidat pelatih baru, selain Mauricio Pochettino dan Erik Ten Hag.

Namun, rumor tersebut segera dibantah oleh mantan juru taktik Paris Saint-Germain. Thomas Tuchel menegaskan bahwa dirinya masih bahagia bisa melatih Chelsea yang performanya tengah menanjak belakangan ini.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya masih senang berada di sini dan masih senang menjadi manajer tim yang kuat,” kata Thomas Tuchel kepada BBC Sport, dilansir dari Daily Mail.

“Saya tahu ada banyak rumor di sekitar. Saya tidak punya jawaban lain untuk Anda. Kami sadar kami harus menghadapi semua rumor dan berita di luar sana,” sambungnya.


1. Thomas Tuchel Ingin Fokus ke Pertandingan

Thomas Tuchel buka suara soal situasi dirinya di Chelsea usai imbas Roman Abramovich. Foto: REUTERS/Anton Vaganov.

Thomas Tuchel sejatinya menyadari bahwa akan ada perubahan besar di tubuh Chelsea setelah sanksi ekonomi dan peralihan pemilik suatu hari nanti.

Namun, dia menegaskan akan tetap fokus mendampingi Kai Havertz dkk dalam berlatih dan menjalani pertandingan demi memetik kemenangan.

Baca Juga
Baca Juga

“Ini adalah perubahan besar dari kemarin hingga hari ini. (Namu) dari segi sepak bola masih aman ( dari imbas sanksi) itu,” jelas Tuchel.

“Saya merasa istimewa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam permainan, pelatihan dan sepak bola yang saya cintai.”

“Ini adalah berita besar. Ini sangat besar dan tentu saja memiliki dampak yang sangat besar sehingga menjadi topik pembicaraan.”

Baca Juga
Baca Juga

Thomas Tuchel membuktikan bahwa carut marut di dalam internal Chelsea tak memengaruhi performa timnya dalam beberapa pekan terakhir.

Teranyar, Chelsea justru menujukkan keperkasaannya saat menjalani lanjutan Liga Inggris 2021/22 pekan ke-30 melawan Norwich City, Jumat (11/03/22) din ihari WIB.


2. Chelsea Menang Besar atas Norwich

Thomas Tuchel buka suara soal situasi dirinya di Chelsea usai imbas Roman Abramovich. Foto: REUTERS/Anton Vaganov.

Dalam lawatannya ini, Chelsea masih tetap tangguh dan berhasil merebut tiga poin dari tuan rumah dengan kemenangan 3-1.

Chelsea berhasil unggul cepat di menit ke-3 lewat tandukan Trevoh Chalobah yang kemudian disusul oleh gol Mason Mount di menit ke-12.

Baca Juga
Baca Juga

Keunggulan itu bertahan cukup lama, yakni hingga babak kedua, sebelum akhirnya Norwich City memperkecil kedudukan menjadi 1-2 berkat gol penalti Teemu Pukki.

Di saat tuan tumah terus menerus memberikan tekanan, Chelsea diam-diam berhasil mencetak gol ketiganya di penghujung waktu normal lewat sontekan Kai Havertz.

Baca Juga
Baca Juga

Kemenangan ini membuat Chelsea memangkas jarak dengan Liverpool menjadi menjadi tujuh poin, yang bisa saja diperlebar kembali saat The Reds menghadapi Brighton (12/03/22).

RusiaChelseaRoman AbramovichThomas TuchelLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini