x

Federico Gatti, The Next Chiellini Milik Juventus yang 'Terlupakan'

Jumat, 11 Maret 2022 20:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Giorgio Chiellini (kanan) nampaknya sudah punya pengganti di Juventus. Foto: Tullio M. Puglia / Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Federico Gatti, rekrutan Juventus yang dilabeli The Next Giorgio Chiellini namun sedikit terlupakan.

Pergerakan Juventus di bursa transfer lalu telah menelurkan sejumlah amunisi baru yang ditujukan guna mempertajam kekuatan tim. Apalagi saat ini, Bianconeri sedang berjuang memanjat naik di klasemen Liga Italia.

Jika mengingat ke belakang, publik nampaknya larut dalam euforia perekrutan Dusan Vlahovic dai Fiorentina. Pasalnya, pemain yang satu ini sempat jadi rebutan banyak klub, bahkan sempat disebut makin dekat ke Arsenal.

Di sisi lain, kepindahannya juga menuai pro dan kontra, serta berujung pada sakit hatinya sejumlah suporter fanatik Fiorentina. Hujatan demi hujatan pun menghampiri Dusan Vlahovic tidak lama usai merapat ke Juventus.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan segala huru-hara serta keriuhan ‘menyambut’ Dusan Vlahovic tersebut, ada satu nama yang mungkin terlupakan di mata sebagian penggemar Juventus dan publik sepak bola dunia.

Ia adalah Federico Gatti, pemain yang didatangkan dari klub Serie B, Frosinone. Akan tetapi, Juventus langsung meminjamkannya ke klub asalnya tersebut hingga akhir musim.

Baca Juga
Baca Juga

Otomatis, berbeda dengan Dusan Vlahovic, batang hidungnya tidak terlihat di sejumlah pertandingan Bianconeri awal tahun ini. Federico Gatti sendiri merapat ke Juventus pada 31 Januari 2022 dengan kontrak empat setengah tahun.

Sepak terjangnya yang apik di Serie B memang mendapat banyak pujian dan perhatian dari publik, hingga akhirnya berhasil menarik hati Juventus untuk mendatangkannya ke kompetisi teratas Liga Italia, Serie A. 

 

1. Memanjat Naik Hingga Serie A

Federico Gatti akhirnya sampai di Serie A setelah direkrut Juventus. Foto: Andrea Staccioli/LightRocket via Getty Images.

Kedatangan Federico Gatti sendiri hanya berselang tidak lama setelah Denis Zakaria melakukan tes medis di Juventus.

Meski berasal dari klub gurem Italia, Federico Gatti disebut-sebut bisa jadi penerus Giorgio Chiellini karena gaya bermain mereka yang dianggap mirip.

Di sisi lain, ia bisa diproyeksikan sebagai penerus seniornya di Juventus itu yang sebentar lagi mungkin angkat kaki dari Turin.

Sempat punya kontrak yang akan kedaluwarsa, Giorgio Chiellini pada akhirnya menambah masa baktinya sampai 2023. Saat masa itu tiba, sang rekrutan dari Frosinone pun berpeluang mengambil tempatnya.

Hanya saja, untuk sampai ke sana Federico Gatti masih butuh perjuangan yang serba ekstra. Namun untungnya, ia sudah punya bekal yang lumayan lantaran pernah merasakan kompetisi Liga Italia di berbagai level.

Bak memanjat tangga, ia adalah pemain yang banyak menghabiskan karier di Serie D Italia (kasta keempat) sebelum sukses menarik hati kontestan Serie C, Pro Patria. Setelahnya, ia pun mendarat di Serie B bersama Frosinone.

Kini, pemain muda berusia 23 tahun tersebut sudah sampai ke Serie A dan patut dinanti akan seperti apa sepak terjangnya bersama Juventus, tentunya mulai musim depan.


2. Nyaris ke Rival Bebuyutan Juventus

Federico Gatti sempat akan merapat ke Torino sebelum mendarat di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Sebelum merapat ke Juventus, Federico Gatti sempat dikabarkan akan merapat ke sesama rival Turin, Torino. Bahkan, perubahan destinasinya sempat membuat sang ayah dan anggota keluarga lain tidak menyangka.

“Dalam beberapa bulan, saya tahu Juventus meminati anak saya. Kemudian Toro datang menyalip,” ujar sang ayah yang bernama Ludovico Gatti seperti diwartakan Tuttosport via ilBianconero.

Bahkan Ivan Juric pun sudah membeberkan rencana yang ia punya untuk Federico Gatti di Torino. Demikian menurut pengakuan sang ayah yang kemudian kaget lantaran putranya justru merapat ke Juventus.

“Tahu-tahu Juventus datang dan dia (Federico) ada di J-Medical dan menandatangani kontrak. Kami mengalami emosi yang tidak dapat dibayangkan,” tambahnya lagi.


3. Disambut Hangat Chiellini

Giorgio Chiellini (kanan) nampaknya sudah punya pengganti di Juventus. Foto: Tullio M. Puglia / Getty Images.

Bicara soal julukan The Next Chiellini, ayah Federico Gatti pun membebarkan bahwa anaknya sudah bertemu para ‘sesepuh’ Juventus.

Giorgio Chiellini pun menyambut juniornya tersebut dengan hangat. Bukan hanya itu, ia pun nampak sadar dengan label yang dilekatkan pada pemain baru Bianconeri tersebut.

“Ini dia penerus/keturunan saya!” ungkap ayah Federico Gatti saat menirukan ucapan sang pentolan Juventus.

Setelah mengobrol singkat, Federico Gatti pun kembali ke Frosinone untuk menyelesaikan masa peminjamannya hingga akhir musim.

Bursa TransferJuventusGiorgio ChielliniFrosinoneBerita TransferBerita Bursa TransferTransfer Pemain

Berita Terkini