x

Cyrus Margono, Kiper Iran yang Mau Bela Timnas Indonesia: Saya Jawa Banget!

Senin, 14 Maret 2022 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono

INDOSPORT.COM - Cyrus Margono, kiper berdarah Iran kelahiran Amerika Serikat, mengaku tertarik untuk membela timnas Indonesia. Ia juga mengaku kental dengan darah Jawa.

Beberapa waktu lalu, masyarakat dibuat terkejut dengan program naturalisasi PSSI untuk timnas Indonesia, yang menyasar nama kiper Italia, Emil Audero Mulyadi.

Baca Juga

Padahal, di sisi lain, ada kiper muda yang tak kalah potensial, yaitu Cyrus Margono, sosok kiper berusia 20 tahun yang saat ini bermain di Panathinaikos B, Liga 2 Yunani.

Bahkan, Cyrus Margono secara blak-blakan mengaku tertarik untuk mengikuti program naturalisasi demi bermain di timnas Indonesia.

"Saya yakin sudah banyak banget orang yang mendengar nama saya di sana, dan saya tertarik buat gabung di timnas, jadi bagian dari timnas Indonesia," ucapnya.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan Jika Cyrus Margono ingin membela timnas Indonesia. Sebab, sang ayah merupakan sosok kelahiran Bali, sedangkan kakeknya berasal dari Surabaya.

"Ayah saya dari Indonesia, semua keluarga saya lahir dan besar di sana, dia lahir di Bali dan besar di Surabaya," jelas Cyrus Ashkon Margono saat hadir di kanal Youtube KR TV.

Bahkan, sang kakek juga memiliki peran penting, mengapa Cyrus memiliki nama belakang Margono, nama yang kental dengan nuansa Jawa dan Indonesia.

Baca Juga

"Kakek saya pilih nama itu (Margono), saya panggil dia Opa. Dia pilih nama Margono karena awalan nama istrinya itu Mar, dan Margono adalah nama orang Jawa kan," cetusnya.

Cyrus Margono mengaku sudah dikontak oleh pelatih kiper Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon, sehingga ia berharap proses naturalisasi dapat berjalan dengan lancar.


1. Cyrus Margono Penggemar Manisan Mangga

Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono

Walau Cyrus Margono lahir dari ayah orang Indonesia, Ibu orang Iran, lahir di Amerika, dan kini berkarir di Yunani, tapi ia mengaku mantap untuk memilih Timnas Indonesia.

Pasalnya, Cyrus Margono mengaku memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia. Setiap tahun, ia selalu berlibur ke berbagai kota di Tanah Air, termasuk Jakarta dan Surabaya.

Baca Juga

"Sebenarnya saat itu saya masih tiga tahun, setiap musim panas, saya sama keluarga semuanya pergi ke Indonesia, kita pergi ke Jakarta, Surabaya, Bali, dan banyak lagi."

"Kita mungkin pergi satu bulan dalam setiap tahunnya, sampai saya umur sebelas tahun. Terakhir saya ke Indonesia itu sembilan atau sepuluh tahun lalu," ungkap Cyrus Margono.

Walau sudah lama tidak pulang ke kampung halaman, tapi Cyrus Margono mengaku tak pernah melupakan hiruk pikuk Jakarta, dan suasana alam Pulau Bali yang sangat indah.

Baca Juga

"Kalau diingat-ingat, sudah lama banget. Jakarta bagus banget, saya tahu di sana sangat sibuk, tapi di sana banyak banget kehidupan," ucapnya di Youtube KR TV.

"Saya dengar sekarang sedang dibangun daerah baru yang bagus di Jakarta. Bali juga sangat indah," ungkap Cyrus lagi.

Bahkan, saat host Roy Ricardo bertanya apa kuliner Indonesia kesukaan Cyrus Margono, kiper berusia 20 tahun itu lancar menyebutkannya dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga

"Saya suka nasi goreng, sate ayam, dan manisan mangga, saya suka banget. Setiap kali saya ke Indonesia, saya selalu bawa sekotak besar manisan mangga," ucapnya.


2. Menanti Cyrus Margono di Timnas

Skuat Timnas Indonesia pada laga saat melawan Timor Leste di laga ujicoba, dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Cyrus Margono menjadi perbincangan sejak ia berkunjung ke KBRI di Yunani, saat ia ditawari untuk bergabung menjadi WNI, karena sang ayah berasal dari Indonesia.

Cyrus Margono mengaku optimistis tentang kelanjutannya bergabung dengan timnas Indonesia. Dia juga sangat berharap dapat bermain dengan Skuat Garuda nantinya.

IranNaturalisasiKiperTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaCyrus Margono

Berita Terkini