x

Bedah Statistik Emil Audero dan Cyrus Margono, 2 Kiper Eropa yang Bakal Bela Timnas Indonesia

Sabtu, 5 Maret 2022 17:02 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bedah Statistik Emil Audero dan Cyrus Margono, 2 Kiper Eropa yang Bakal Bela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut statistik dua kiper Eropa yakni Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono yang bakal memperkuat Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong. 

Seperti diketahui, belum lama ini PSSI mengutus agen untuk bertemu dengan kiper klub Serie A Liga Italia, Sampdoria yakni Emil Audero Mulyadi pada Kamis (03/03/22) pagi WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, sang kiper berhalangan hadir kemudian diwakilkan oleh manajernya. Dalam kesempatan itu, manajer Emil Audero Mulyadi mengungkapkan kalau kliennya bersedia memperkuat Timnas Indonesia.

Akan tetapi, kiper Sampdoria itu meminta waktu hingga Minggu depan untuk membuat keputusan apakah mau dinaturalisasi menjadi WNI atau tidak.

Sementara itu, laman resmi PSSI beberapa hari lalu melaporkan kalau ada kiper muda berusia 20 tahun bernama Cyrus Margono yang berminat memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu setelah Duta Besar Indonesia untuk Yunani bernama Bebeb A.K Nugraha Djundjuna datang ke kantor PSSI dan bertemu Mochamad Iriawan alias Iwan Bule pada Rabu (02/03/22) lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Bebeb A.K Nugraha Djundjuna menjelaskan kalau ada kiper klub Yunani, Panathinaikos B yang berminat menjadi WNI. Iwan Bule merespon baik kabar tersebut, lantaran Cyrus Margono bisa menjadi WNI tanpa harus dinaturalisasi.

Rencana PSSI yang ingin membuat Emil Audero Mulyadi dan Cyrus Margono menjadi bagian Timnas Indonesia juga disambut baik para fans Garuda. Lantas bagaimana statistik keduanya?


1. Statistik Emil Audero Mulyadi

Statistik Emil Audero Mulyadi Bersama Sampdoria.

Dilansir dari situs Tansfermarkt, Emil Audero Mulyadi telah melakukan 30 cleansheet dari 134 penampilan bersama Sampdoria selama empat tahun terakhir di semua ajang.

Kemudian di musim 2021-2022, kiper keturunan Indonesia dan Italia itu sudah tampil sebanyak 20 kali dan membawa Sampdoria bertengger di posisi ke-15 klasemen sementara Serie A Liga Italia.

Baca Juga
Baca Juga

Rinciannya, ia melakukan 3 cleansheet dan sudah 37 kali kebobolan selama 1.755 menit. Kiper berusia 25 tahun sempat menjadi kiper utama Sampdoria di paruh pertama musim 2021-2022.

Akan tetapi, Emil Auderi sempat mendapatkan cedera otot perut pada awal 2022 lalu. Kondisi yang belum fit membuatnya belakangan ini kerap menjadi penghias bangku cadangan Sampdoria.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, bila mau bergabung ke Timnas Indonesia, ini menjadi kabar baik bagi seluruh masyarakat tanah air. Pengalaman berkarier di salah satu kompetisi terbaik dunia bisa membuat para pemain muda memiliki motivasi mengikuti jejaknya.


2. Statistik Cyrus Margono

Kiper Keturunan Indonesia yang membela klub Yunani, Panathinaikos B, Cyrus Margono.

Untuk statistik Cyrus Margono, hingga kini belum ada catatan spesifik mengenai kiprah penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut.

Apalagi di musim 2021-2022, ia belum diberikan kesempatan bermain secara kompetitif bersama klub kasta kedua Liga Yunani, Panathinaikos B.

Baca Juga
Baca Juga

Di laga terakhir saam bersua Kalamata pada Minggu (20/02/22) lalu, Cyrus Margono terlihat hanya duduk di bangku cadangan. Ia masih kalah bersaing dengan kiper berusi 22 tahun bernama Nikos Christogeorgos.

Meski begitu, Cyrus Margono memiiki kemiripan dengan Emil Audero Mulyadi yaitu soal postur tubuh yang mencapai 190cm.

Baca Juga
Baca Juga

Timnas Indonesia tetap memiliki keuntungan bila diperkuat oleh Cyrus karena pengalamannya bermain di Eropa. Apalagi PSSI tidak perlu pusing mengusur dokumen karena Cyrus bisa menjadi WNI tanpa dinaturalisasi.


3. Alasan Cyrus Margono Bisa ke Timnas Tanpa Naturalisasi

Alasan Cyrus Margono Bisa ke Timnas Indonesia Tanpa Jalani Proses Naturalisasi.

Cyrus Margono lahir dan besar di Amerika Serikat dam memiliki keturunan Indonesia dari sang Ayah. Kemudian ibunya merupakan warga negara Iran.

Berhubung belum genap 21 tahun, Cyrus Margono bisa mendapatkan paspor Indonesia tanpa harus menjalani proses naturalisasi yang lumayan ribet.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, Cyrus Margono bisa mendapatkan status WNI tanpa menjalani proses naturalisasi.

Pasalnya, dalam pasal 6 UU Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 diatur bahwa anak yang berkewarganegaraan ganda setelah berusia 18 tahun atau telah kawin, bisa memilih salah satu kewarganegaraan. Paling lambat tiga tahun setelah dirinya berusia 18 tahun atau telah menikah.

Baca Juga
Baca Juga

Berhubung Cyrus Margono baru berusia 20 tahun, ia belum melewati batas waktu yang ditentukan. Dengan begitu, Cyrus bisa berseragam Timnas Indonesia tanpa menjalani proses naturalisasi seperti Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.

YunaniPSSISampdoriaPanathinaikosEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaLiga ItaliaBola InternasionalShin Tae-yongCyrus Margono

Berita Terkini