x

Kiper Sampdoria Segera ke Timnas Indonesia, Vietnam Ngotot Naturalisasi Penjaga Gawang Ceko

Jumat, 4 Maret 2022 05:06 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Prio Hari Kristanto
Kiper Sampdoria Segera ke Timnas Indonesia, Vietnam Ngotot Naturalisasi Penjaga Gawang Ceko.

INDOSPORT.COM - Mendengar Timnas Indonesia ingin melakukan naturalisasi kepada kiper Sampdoria yakni Emil Audero Mulyadi sepertinya membuat Vietnam panik.

Dilansir dari Thethao247, pelatih Vietnam, Park Hang-seo juga berencana untuk melakukan naturalisasi kepada penjaga gawang Timnas Ceko bernama Filip Nguyen.

Seperti diketahui, sebenarnya Asosiasi Sepakbola Vietnam (VFF) sudah berencana untuk memberikan paspor Vietnam kepada Filip Nguyen pada 2016 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Namun sepertinya VFF tidak serius dalam mengurus administrasi pemain dalam program naturalisasi. Alhasil, Filip Nguyen malah mendapatkan panggilan ke Timnas Ceko di UEFA Nations League kontra Skotlandia, Selasa (08/09/20) dini hari WIB lalu.

Menurut peraturan FIFA, setiap pemain yang telah berpartisipasi dalam laga (baik secara penuh atau sebagian) dalam kompetisi resmi kategori apa pun atau jenis pertandingan sepak bola apa pun untuk satu asosiasi tidak boleh memainkan laga internasional untuk tim perwakilan dari asosiasi lain.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, Thethao247 mengklaim kalau naturalisasi masih bisa terwujud. Filip Nguyen disebut akan kembali ke Vietnam untuk memperkuat klub Binh Dinh FC.

Kepulangan Filip Nguyen ke Vietnam akan membuka peluang dirinya dipanggil oleh Park Hang-seo sangat besar dan hampir pasti terwujud.


1. Emil Audero Galau Minta Waktu Hingga Minggu Depan

Kiper Sampdoria keturunan Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Emil Audero Mulyadi sepertinya masih galau apakah mau membela Timnas Indonesia atau tidak. Seperti diketahui, PSSI baru saja mengutus agen untuk melakukan pertemuan dengan manajer Emil Audero Mulyadi di Italia pada Kamis (03/03/22) pagi WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kesempatan itu, manajer Emil Audero Mulyadi mengungkapkan kalau kiper Sampdoria itu meminta waktu untuk berpikir apakah bersedia memperkuat Timnas Indonesia atau tidak.

Kabar ini baru saja disampaikan oleh Exco PSSI, Hasani Abdulgani lewat postingan di Instagram pribadinya pada Kamis (03/03/22) malam WIB.

Baca Juga
Baca Juga

"Kolega kami di Itali sudah bertemu dengan manajernya Emil Audero," 

"Mereka minta waktu sampai minggu depan (bukan 1 hari) untuk menjawab, ikut atau tidak. Semoga aja Emil berkenan gabung Timnas," tulis Hasani Abdulgani soal naturalisasi Emil Aduero untuk Timnas Indonesia. 


2. Shin Tae-yong Pasrah dengan Keputusan Emil

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebenarnya tidak berharap banyak soal naturalisasi Emil Audero Mulyadi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebenarnya tidak berharap banyak soal naturalisasi Emil Audero. Pelatih berusia 51 tahun itu sekedar menawarkan, syukur-syukur eks kiper timnas Italia U-21 itu bersedia.

Baca Juga
Baca Juga

"Kalau kiper memang Emil yang posisinya sedikit berbeda dengan pemain lainnya. Tapi saya mau pemain berkemampuan baik seperti itu datang ke sini," kata Shin Tae-yong, Rabu (02/03/22) lalu.

"Kasih contoh serta budaya (sepak bola) yang baik ke kiper lokal, tapi saya tidak bisa pastikan dia bisa datang atau tidak," ucapnya menambahkan.

Baca Juga
Baca Juga

Selain Emil Audero, Shin Tae-yong juga sudah mengajukan beberapa nama untuk dinaturalisasi, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Bahkan berkas mereka sudah diproses di Kemenpora.

VietnamSampdoriaNaturalisasiEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini