x

4 Alasan Liverpool Akan Juara Liga Inggris Musim Ini

Jumat, 18 Maret 2022 11:34 WIB
Editor: Juni Adi
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Sadio Mane ke gawang West Ham United (06/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COMLiverpool berpotensi besar untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini usai mengalahkan Arsenal, dan menempel ketat Manchester City.

Duel seru tersaji di laga lanjutan Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool dalam laga lanjutan pekan ke-27 yang tertunda, di Stadion Emirates, Kamis (17/03/22) kemarin.

Baca Juga

Sengitnya pertandingan tersebut sudah terasa sejak menit awal. Liverpool punya peluang matang lebih dahulu pada menit ke-2. 

Virgil van Dijk menyambut umpan sepak sudut Trent Alexander-Arnold dan mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang, tapi masih bisa ditepis kiper Arsenal.

Tuan rumah tak tinggal diam, Arsenal juga mampu mengimbangi permainan Liverpool dan tercatat beberapa kali menebar ancaman.

Baca Juga

Pertandingan berlangsung seru karena kedua tim saling jual beli serangan. Menit ke-33 Arsenal mendapat peluang berbahaya.

Granit Xhaka mendapatkan ruang di tepi kotak penalti Liverpool untuk melepas tembakan melengkung. Sayang bidikannya tidak tepat sasaran dan melebar di sisi kanan gawang The Reds.

Namun hingga wasit meniup peluit tanda berakhir babak pertama, skor 0-0 tak berubah.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, kebuntuan akhirnya pecah. Adalah Liverpool yang mampu mencetak gol lewat kaki Diogo Jota menit ke-54 dan Roberto Firmino menit ke-62.

Tertinggal dua gol tidak membuat Arsenal mengibar bendera putih. Mereka terus menekan pertahanan Liverpool sembari mencari celah untuk mencetak gol. 

Memasuki 10 menit terakhir, upaya Arsenal masih belum membuahkan hasil. Skor 0-2 untuk keunggulan Liverpool tak berubah.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool kini kukuh di posisi kedua klasemen dengan 69 poin dari 29 laga, selisih satu angka dari Manchester City di puncak. Arsenal di posisi keempat dengan 51 poin dari 27 laga.

Performa impresif Liverpool yang konsisten sejak awal musim, membuat mereka menjadi salah satu kandidat terkuat memenangkan gelar Liga Inggris musim ini. Berikut beberapa alasannya:


1. 1. Start Impresif Liverpool

Selebrasi Virgil van Dijk pasca mencetak gol di laga Liverpool vs Southampton (27/11/21).

Liverpool mampu menunjukan konsistensi penampilan yang sangat baik sejak awal kompetisi.

Mereka bahkan mecatatkan start yang impresif dan menjanjikan di awal Liga Inggris musim ini.

Baca Juga

The Reds sempat menjadi tim tak terkalahkan di Liga Inggris hingga pekan ke-7 dengan raihan 4 kemenangan dan 3 kali imbang.

The Reds pun menjadi klub tertajam dengan mengoleksi 17 gol dari 7 laga. Sebuah bukti gaya bermain menyerang ala Jurgen Klopp yang efektif di musim ini.

Nampaknya akan menjadi persaingan sengit dengan Manchester City hingga pekan terakhir Liga Inggris.

Baca Juga

2. Kedalaman Skuad Liverpool

Kedalaman dan keseimbangan skuad Liverpool menjadi kunci keberhasilan mereka tampil konsisten dalam bersaing merebut gelar juara beberapa musim terakhir.

Padahal mereka tidak terlalu aktif pada bursa transfer musim panas termasuk musim panas tahun kemarin.

Pelatih Jurgen Klopp lebih banyak mengandalkan pemain muda potensial dari akademi klub untuk mengisi skuad musim ini.

Baca Juga

Harvey Elliot dan Curtis Jones sudah membuktikan kapasitasnya di musim ini dan mendapatkan kepercayaan dari Jurgen Klopp.

Kehadiran Ibrahim Konate dan Tsimikas menjanjikan pelapis yang cukup sepadan jika sewaktu-waktu van Dijk atau Robertson mengalami cedera.


2. 3. Hasil Buruk Pesaing

Selebrasi Virgil van Dijk pasca mencetak gol di laga Liverpool vs Southampton (27/11/21).

Alasan lain yang membuat Liverpool tetap dekat dengan jalur tangga juara Liga Inggris, karena hasil negatif yang diraih oleh pesaing terdekatnya Manchester City.

The Citizens yang saat ini memimpin dengan koleksi 70 gagal memperlebar jarak dengan Liverpool di urutan ke-2 dengan 69 poin.

Hal tersebut karena mereka baru saja dijegal oleh Crystal Palace di pekan ke-29. The Citizens ditahan imbang 0-0. 

Pep Guardiola menyayangkan ketidakmampuan timnya membongkar pertahanan Crystal Palace sehingga situasi perburuan gelar juara kian menjadi sengit.

"Keberuntungan tidak ada dalam sepak bola," ujar Pep Guardiola kepada BBC Sport dikutip dari Manchester Evening News, Selasa (15/3/2022).

"Kami harus mencetak gol dan kami tidak melakukannya. Kami bermain untuk mencetak gol dan kebobolan sedikit. Kami sedikit kesulitan.

4. Performa Mohamed Salah

Striker asal Mesir telah mengantongi 6 gol dan 3 assist dari 7 laga Liga Inggris. Salah baru-baru ini mencetak rekor gol ke-100 tercepat bersama Liverpool.

Dengan laju yang luar biasa ini, dia sekarang terpaut 27 gol dari pencetak gol terbanyak klub, Robbie Fowler.

Penampilan konsistensi Mohamed Salah ini mengingatkan kita saat Liverpool menjadi juara musim 2019/20 saat dia menjadi top skor klub dengan 19 gol dan ini berpotensi terulang di musim ini.

LiverpoolArsenalManchester CityMohamed SalahLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini