x

Bobol Gawang Korea Selatan, Marselino Akui Timnas Indonesia U-19 Masih Kalah Kelas

Rabu, 30 Maret 2022 22:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan mencetak satu-satunya gol ke gawang Korea Selatan dalam uji coba pada Selasa (29/03/22) kemarin.

Tampil pertama kali setelah telat bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 dalam TC di Korea Selatan, sundulan Marselino Ferdinan merobek gawang lawan dimenit ke-42. Sayang, Garuda terlebih dahulu tertinggal tiga gol dan kembali kebobolan dua gol di babak kedua.

Baca Juga

Marselino Ferdinan mengaku senang bisa cetak gol debut selama TC di Korea. Tetapi, dia mengakui Timnas U-19 masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki karena kalah dengan skor telak 1-5.

"Puji Tuhan saya bersyukur saya bisa mencetak gol. Tentunya ini kerja keras tim, support dari tim, kerja tim," katanya.

Baca Juga

"Kami Akui Korsel di atas kami, mereka punya semuanya, tapi kami bisa belajar, dan kami tunjukkan rasa pantang menyerah," imbuh gelandang Persebaya Surabaya tersebut.

Baca Juga

Kekalahan kemarin menjadi yang kedua bagi Timnas U-19 saat hadapi Korea Selatan U-19. Sebelumnya, skuad Garuda Nusantara dibantai 0-7 pada Jumat (25/03/22) lalu.


1. Shin Tae-yong Tetap Memberikan Apresiasi

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Meski Timnas U-19 kalah telak, pelatih Shin Tae-yong justru memberikan tepuk tangan. Dia mengapresiasi kemauan dan kerja keras anak asuhnya yang tanpa kenal lelah selama 90 menit.

Baca Juga

"Saya mau beri tepuk tangan untuk pemain walau kita kalah besar dengan skor 5-1," ujar Shin Tae-yong.

Juru taktik 51 tahun itu mengatakan Indonesia U-19 kalah bukan karena Korea Selatan U-19 tampil lebih bagus. Tapi, tim Merah Putih kurang konsentrasi dan melakukan kesalahan sehingga berujung kebobolan.

Baca Juga

Shin Tae-yong menegaskan tidak memasang target selama rentetan uji coba di Korea Selatan. Dia tak mempersoalkan hasil akhir karena yang terpenting adalah proses dan perkembangan para pemain.

Baca Juga

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023. Hal ini sangat penting karena Indonesia tampil sebagai tuan rumah. 


2. Alasan Memilih Korea Selatan Sebagai Tempat TC

Pemain Timnas U-19, Ronaldo Kwateh lakukan tendangan. Foto: PSSI

Shin Tae-yong memilih menggelar latihan di kampung halamannya dengan tujuan meningkatkan kekuatan fisik dan mental pemain.

Sebelum laga kemarin sore, Timnas U-19 sudah melakoni tiga laga uji coba. Hasilnya Skuad Garuda Nusantara dua kali telan kekalahan dan sekali menang.

Tim Merah Putih kalah dari Universitas Yeungnam (1-5), lalu kalah 0-7 dari timnas Korsel U-19 dan menang 2-1 atas Universitas Daegu.

Baca Juga
Korea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalMarselino FerdinanShin Tae-yong

Berita Terkini