x

Bawa RANS Promosi dan Selamatkan Barito, Kemana Lagi Rahmad Darmawan Berlabuh?

Sabtu, 2 April 2022 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, kemudian juga menyelamatkan klub Barito Putera dari jerat degradasi, kemana lagi Rahmad Darmawan?

INDOSPORT.COM - Sukses membawa RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1, kemudian juga menyelamatkan klub Barito Putera dari jerat degradasi, kemana lagi Rahmad Darmawan berlabuh?

Sebagaimana diketahui, Rahmad Darmawan merupakan pelatih lokal berlisensi AFC Pro, yang memiliki pengalaman cukup banyak dalam menangani klub di Liga Indonesia.

Baca Juga

Sepanjang tahun 2021 saja, Rahmad Darmawan tak pernah menganggur. Pada awal musim, ia membesut Madura United.

Namun, perjalanannya tidak sampai tuntas. Pelatih yang akrab disapa Coach RD itu pun merapat ke RANS Cilegon FC yang berjuang di kompetisi kasta kedua, yakni Liga 2 2021.

Hasilnya, Rahmad Darmawan menjawab tantangan itu dengan membawa tim RANS Cilegon FC ke final Liga 2, hingga dipastikan promosi ke Liga 1 pada Desember 2021 lalu.

Baca Juga

Awal tahun 2022, Rahmad Darmawan lagi-lagi dipercaya untuk membesut tim, kali ini Barito Putera yang menjadi pelabuhannya.

Kala itu, Barito Putera terbenam di zona merah klasemen sementara BRI Liga 1 2021. Rahmad Darmawan diberi tantangan besar untuk menyelamatkan tim dari degradasi.

Di awal kedatangannya, Rahmad justru mendapat tekanan bertubi-tubi dari pihak suporter, lantaran Barito Putera tak pernah menang dalam enam pertandingan Liga 1.

Baca Juga

Namun perlahan-lahan Rahmad mampu membuktikan jika timnya bisa bangkit dari zona merah. Terbukti di lima laga terakhir, Laskar Antasari justru tak terkalahkan.

Termasuk dalam laga pamungkas kontra Persib Bandung, Barito berhasil menahan imbang tim dan meraih satu poin, hingga akhirnya Barito selamat dari degradasi.


1. Rahmad Darmawan Minta Waktu Libur

Rahmad Darmawan.

Setelah perjalanan panjang di tahun 2021 hingga 2022 ini, lantas, kemana lagi pelatih kaliber Rahmad Darmawan akan berlabuh?

Ya, Rahmad Darmawan memang belum memastikan masa depannya bersama PS Barito Putera dalam waktu dekat, apakah akan diperpanjang atau sampai di sini saja.

Baca Juga

Rahmad mengatakan, sebenarnya ia masih memiliki hasrat besar untuk menjadi pelatih kepala di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Akan tetapi, pelatih asal Lampung itu ingin beristirahat terlebih dahulu, sebelum ia menekan kontrak bersama tim selanjutnya.

Baca Juga

"Untuk musim ke depan saya masih terus melatih. Kalau soal melatih di mana (belum tahu), saya mau istirahat seminggu dulu," kata Rahmad Darmawan pada Kamis (31/03/22).

Lebih lanjut, Rahmad Darmawan mengaku ingin istirahat dari sepak bola, lantaran saat ini sudah memasuki bulan suci Ramadan.

Baca Juga

Rahmad mengaku saat ini ingin melepas rasa rindunya terlebih dahulu bersama keluarga. Pasalnya, ia sudah cukup lama meninggalkan keluarganya di Jawa Barat.

"Mau sama keluarga dulu, sama seperti puasa pertama biasanya, maunya sama keluarga," tukas sang pelatih kenamaan.


2. Statistik RD di Barito Putera

Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera.

Bersama Barito Putera, Rahmad Darmawan, berhasil mencatatkan lima kemenangan, enam hasil imbang, dan enam kekalahan.

Hasil ini membuat Barito Putera meraih 36 poin pada pekan terakhir BRI Liga 1 2021-22. Poin yang sama juga didapatkan oleh tim Persipura Jayapura pada pekan terakhir liga.

Namun, Persipura Jayapura kalah head-to-head dua pertandingan dari Barito Putera. Alhasil, Barito bertahan di Liga 1, dan Persipura harus terdegradasi ke Liga 2 2022 nanti.

Barito PuteraRahmad DarmawanRans Nusantara FCPelatihMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini