x

Pemanasan Sebelum AFC, Pelatih Bali United Dukung Piala Walikota Solo 2022

Senin, 4 April 2022 16:57 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Bali United menginginkan adanya turnamen bergengsi sebelum tampil dalam ajang Piala AFC 2022.

INDOSPORT.COM - Bali United menginginkan adanya turnamen bergengsi sebelum tampil dalam ajang Piala AFC 2022. Pertandingan bergengsi menjadi modal agar tampil bagus melawan wakil-wakil negara Asia Tenggara.

Bali United menjadi satu dari dua wakil Indonesia pada Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara. Selain Bali United, ada pula tim asal Sulawesi Selatan, PSM Makassar.

Baca Juga

Bali United bakal tergabung di Grup G bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Kaya Iloilo (Filipina) dan Visakha FC (Kamboja).

Dibanding PSM Makassar, Bali United terbilang beruntung. Federasi sepak bola Asia, AFC, sudah memilih Bali sebagai tuan rumah Piala AFC grup G.

Baca Juga

Sebagai tuan rumah, Bali United tentunya ingin maksimal pada pertarungan fase grup 24-30 Juni 2022 mendatang. Untuk itu, persiapan wajib dilakukan dengan maksimal.

Namun, latihan saja tentunya tak cukup. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menginginkan adanya pertandingan bergengsi sebelum melawan wakil Malaysia, Filipina dan Kamboja.

Baca Juga

Ketika Liga 1 2022 sudah diputuskan mulai bulan Juli, alternatif lainnya adalah turnamen. Saat ini, baru ada sinyal bahwa Piala Walikota Solo, yang batal digelar 2021 lalu, akan digelar usai lebaran.


1. Digelar Tahun Ini

Piala Walikota Solo dikabarkan akan digelar tahun ini jelang bergulirnya Liga 1 2022/2023.

Informasi yang didapat INDOSPORT, turnamen sistem gugur ini akan digelar tahun ini karena panitia sudah menjalin kesepakatan dengan beberapa sponsor.

Baca Juga

"Bagus ketika itu (Piala Walikota Solo) bisa digelar, karena kita butuh pertandingan sebelum ikut AFC," kata Stefano Cugurra Teco.

Teco menuturkan bahwa turnamen menjadi solusi ketika Liga 1 baru bergulir bulan Juli mendatang. Di negara lain, kompetisi lokal akan berjalan beriringan dengan Piala AFC 2022.

Baca Juga

Seperti Liga Malaysia 2022 dan Liga Kamboja 2022 yang baru dimulai bulan Maret lalu. Sementara Liga Filipina masih terhenti sejak 2021, digantikan dengan turnamen bertajuk Copa Paulino Alcantara.

"Tim dari negara lain pasti sudah main. Ketika mereka datang ke sini, pasti kondisinya lebih siap dari kita," tutur Teco.


2. Usulan ke PSSI

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Teco pun memberi usulan agar PSSI menggelar dua turnamen bergengsi dalam setiap musim. Dengan begitu, ada tiga hajatan dalam satu tahun.

"Musim kemarin ada Piala Menpora dan Liga. Dua kompetisi dalam satu tahun sangat sedikit. Minimal harus ada tiga kompetisi, seperti yang ada di Thailand," papar Teco.

Kehadiran satu liga dan dua turnamen juga membuat sepak bola lebih bergairah. Dengan begitu, ketika sebuah klub tak bisa meraih satu gelar, masih ada dua gelar lain yang diperebutkan.

"Buat tim dan suporter pasti ini bagus karena ada tiga piala. Ketika tidak juara Liga 1, masih bisa juara di dua piala lain," jelas Teco.

Dengan banyak pertandingan, klub maupun pemain Indonesia bisa lebih siap ketika bersaing di internasional, seperti Bali United dan PSM Makassar akan ikut Piala AFC 2022.

Teco sendiri memasang target awal bahwa Bali United bisa lolos dari fase grup G. Setelah itu, baru kemudian Bali United melihat peta persaingan lagi.

"Kita harus lolos dari grup. Setelah itu baru kita akan lihat," ucap Teco.

Bali United saat ini masih libur setelah kompetisi Liga 1 2021/2022 rampung pada 31 Maret lalu. Kemungkinan program tim akan berjalan setelah lebaran.

Piala AFCBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Gibran Rakabuming RakaPiala Walikota Solo 2021

Berita Terkini