x

Persib Bandung Kembali Umumkan Pemain yang Dilepas

Senin, 4 April 2022 14:53 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Bek Persib Bandung, Indra Mustafa resmi ke Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung kembali mengumumkan nama pemain yang dilepas, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, kali ini giliran Indra Mustafa yang diumumkan berpisah dengan skuad Maung Bandung.

Pengumuman perpisahan dengan Indra Mustafa tersebut, disampaikan melalui akun media sosial salah satunya melalui Instagram @persib, Senin (04/04/22).

Baca Juga

Pada postingannya, akun Instagram Persib mengunggah foto Indra Mustafa bertuliskan hatur nuhun. Kemudian, dalam keterangannya skuat Maung Bandung mengucap terima kasih kepada pemain yang berposisi sebagai bek ini.

"Hatur Nuhun Indra Mustafa," tulisannya.

Indra Mustafa menjadi pemain kedua, yang resmi diumumkan tidak akan menjadi bagian dari skuat Maung Bandung pada kompetisi Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Pasalnya, sebelumnya akun media sosial Persib sudah lebih dulu mengumumkan perpisahannya dengan salah satu pemain naturalisasi, Esteban Vizcarra.

Bahkan, manajemen skuat Pangeran Biru sudah memberikan tanggapan mengenai dilepasnya Vizcarra. Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, kontrak Esteban Vizcarra sudah habis.

Manajemen Persib tidak memperpanjang kerjasama dengan pemain berusia 35 tahun tersebut atas rekomendasi dari pelatih Robert Rene Alberts.

Sejauh ini, manajemen Persib belum memberikan keterangan mengenai alasan dilepasnya Indra Mustafa, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Sebelumnya, Indra Mustafa sempat menjadi polemik, lantaran saat memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022 dia dikenalkan sebagai rekrutan anyar Borneo FC.

Pada pernyataan resmi yang dirilis Borneo FC terkait proses perekrutan dan status Indra Mustafa, dalam paragraf pertama pernyataan resminya Borneo FC menyebutkan jika status Indra Mustafa belum disahkan melalui sistem SIAP PSSI.
 


1. Masih Terikat Kontrak Bersama Persib di Liga 1 2021/2022

Bek Persib Bandung, Indra Mustafa saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Selain itu, ada enam poin yang disampaikan Borneo FC dalam pernyataan resminya. Salah satunya, untuk menindaklanjuti hal tersebut, Pesut Etam menilai perlu adanya tinjauan dan keputusan legal yang lebih berbobot dan komprehensif, karenanya mereka akan meneruskan persoalan ini ke NDRC.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan dalam keterangan tersebut sudah jelas pada paragraf pertama, jika Indra Mustafa tidak disahkan oleh PSSI untuk bergabung dengan Borneo FC.

Baca Juga

Hal itu, tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya menurut Teddy pemain yang berposisi sebagai bek itu masih menjadi bagian dari skuat Persib Bandung.

Sebelumnya, manajemen Persib sudah lebih dulu mengeluarkan pernyataan terkait status Indra Mustafa yang masih terikat kontrak dengan skuat Maung Bandung dan masih terdaftar untuk mengikuti kompetisi Liga 1 hingga akhir musim 2021-2022.

"Dilihat dari paragraf pertama, artinya tidak disahkan PSSI kan. Artinya pemain itu statusnya masih pemain Persib," kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Jumat (14/01/22).

Baca Juga

Sementara itu, karier Indra Mustafa bersama Persib Bandung dimulai ketika dirinya menimba ilmu di tim junior, setelah di Diklat Persib (Persib U-19) dia akhirnya promosi ke tim senior pada 2018.

Tepatnya ketika Persib Bandung masih dilatih Mario Gomez, Indra Mustafa mendapatkan jatah promosi ke tim senior bersama Aqil Savik.

Ia pun beberapa kali mendapat kesempatan tampil bersama tim utama Persib Bandung sepanjang Liga 1 2018.

Baca Juga

Menurut catatan situs Transfermarkt, Indra Mustafa musim 2018 total mencatatkan 10 penampilan. Bahkan, statistiknya musim itu terbilang lumayan apik, setiap kali Indra Mustafa tampil, Persib Bandung hanya menuai satu kali kekalahan saja.


2. Karier Indra Mustafa

Mario Gomez ditemani pemainnya Indra Mustafa saat konfrensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Kiprah Indra Mustafa bersama Persib Bandung ternyata sampai membuatnya mendapatkan panggilan Timnas Sepak Bola Indonesia. Ia masuk ke dalam Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Asia U-19 2018.

Nama Indra Mustafa juga sempat mendapat panggilan Timnas Indonesia U-22 yang menjuarai Piala AFF U-22 2019.

Namun sayang, Indra Mustafa kemudian tidak menjadi bagian tim itu, lantaran mendapat pencoretan pelatih beberapa hari sebelum kompetisi dimulai.

Pada kompetisi Liga 1 2019, Indra Mustafa mendapatkan kesempatan tampil dalam enam pertandingan, sedangkan di kompetisi 2021-2022 dia hanya tampil dalam satu laga menghadapi Persiraja Banda Aceh.
 

Persib BandungLiga IndonesiaIndra MustafaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini