x

Pelatih Brasil Sebut Kiper Persija dan Persib Terbaik, Diboyong ke Bali United?

Minggu, 3 April 2022 17:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper asal Brasil, Marcelo da Silva Pires menyebutkan empat kiper terbaik di ajang BRI Liga 1 2021-22, salah satunya kiper Persija dan Persib.

Sebagaimana diketahui, Marcelo da Silva Pires merupakan pelatih kiper Bali United. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu juga telah dinobatkan sebagai juara Liga 1 2021-22.

Baca Juga

Bali United saat ini memiliki empat kiper berkualitas, sebut saja Nadeo Argawinata, Wawan Hendrawan, Samuel Reimas, dan kiper termuda, yaitu Rakasurya Handika.

Nadeo Argawinata tampil dalam sepuluh laga Bali United di Liga 1 musim ini. Nadeo beberapa kali absen lantaran ia dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Wawan Hendrawan, kiper senior berusia 39 tahun, lebih banyak mendapatkan jam terbang musim ini, yaitu 16 penampilan.

Baca Juga

Sementara kiper muda, Rakasurya Handika, pernah tampil dalam satu laga, sedangkan Samuel Reimas musim ini belum mendapat menit bermain bersama skuat Bali United.

Pelatih Marcelo da Silva Pires mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya di Bali United. Namun, masih ada beberapa kiper lain yang tampil apik di Liga 1 2021.

Marcelo da Silva Pires menyebut kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, dan kiper milik Persib Bandung, Teja Paku Alam sebagai salah satu yang terbaik di Liga 1.

Baca Juga

"Saya suka Nadeo, saya suka Wawan, dan saya suka Teja, anak didiknya Luiz Passos. Satu lagi, Andritany dari Persija, kiper yang sangat bagus," sebut Marcelo di Tiento ID.

"Saya melihat ada banyak kiper berkualitas bagus di Indonesia, namun saya suka empat orang ini," lanjut Marcelo, pelatih yang pernah berkarir di Brasil hingga Arab Saudi itu.


1. Resep Juara Para Kiper Bali United

Nadeo dan Wawan Hendrawan di latihan perdana Bali United.

Pelatih kiper asal Brasil yang menukangi Bali United di kompetisi Liga 1 2021-22, Marcelo da Silva Pires, membongkar bagaimana sistem latihan di skuat Serdadu Tridatu.

Menurut Marcelo, sistem pelatihan kiper Bali United lebih personal. Tidak semua kiper mendapatkan materi yang sama.

"Contohnya, Wawan. Wawan berusia 39 tahun, kadang dia sangat kelelahan, dan itu normal, karena umurnya. Jadi saya punya program latihan tersendiri untuk Wawan."

Baca Juga

"Karena jika dia latihan keras terus, Wawan akan cedera. Saya pelan-pelan menyiapkan latihan tambahan untuk Wawan dan Nadeo, Samuel dan Raka," jelas Marcelo di Tiento.

"Setiap hari saya menyiapkan latihan. Misal hari ini saya ada latihan sore, saya sudah menyiapkan materi dari kemarin malam."

Baca Juga

Kemudian, salah satu hal yang diterapkan Marcelo dan dirasa cukup penting, yaitu komunikasi personal dengan pemainnya.

Jika pemain memiliki masalah di luar klub, umumnya akan berdampak pada performa di lapangan. Maka, Marcelo meminta kiper untuk menyelesaikan urusannya lebih dulu.

"Sebelum latihan, saya tanya, apakah kamu baik-baik saja, saya tanya ke setiap kiper. Jika semuanya bagus, kita mulai latihan."

Baca Juga

Sementara untuk intensitas latihan di Bali United, Marcelo mengaku tidak setiap hari berlatih keras, apalagi saat mendekati laga, maka latihan kiper akan dibuat lebih ringan.

"Jika kemarin terlalu banyak latihan keras, hari ini latihan ringan. Saya juga tidak suka latihan yang terlalu keras, apalagi sehari sebelum pertandingan," lanjut Marcelo.


2. Rakasurya, Kiper Masa Depan Bali United

Kiper Bali United, Rakasurya Handika.

Bali United memiliki dua kiper andalan di ajang BRI Liga 1 2021-22, yaitu Nadeo Argawinata dan Wawan Hendrawan.

Namun selanjutnya, pelatih Marcelo da Silva Pires mengaku akan menyiapkan kiper muda, Rakasurya Handika, untuk menjadi kiper andalan Bali United di masa depan.

"Raka ini pemain muda, usianya 21 tahun, tapi dia kiper yang bagus. Saya menyiapkan Raka untuk menjadi kiper masa depan Bali United," ungkap Marcelo da Silva Pires.

"Wawan dan Nadeo memiliki sangat banyak pengalaman. Saya senang, Bali United klub besar, perlu kiper berpengalaman," tukasnya.

Persib BandungPersija JakartaKiperAndritany ArdhiyasaBali UnitedNadeo ArgawinataLiga IndonesiaTeja Paku AlamBali United FCLiga 1Wawan HendrawanBerita Liga 1Rakasurya HandikaLiga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini