x

Eks Pelatih Gagal Timnas Inggris Bakal Jadi Asisten Erik ten Hag di Manchester United?

Rabu, 6 April 2022 20:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, yang santer dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Timnas Inggris, Steve McClaren, dikabarkan akan kembali ke Manchester United untuk menjadi asisten pelatih asal Belanda, Erik ten Hag.

Mantan pelatih Timnas Inggris, Steve McClaren, memang bukan orang asing bagi Manchester United.

Baca Juga

Sebelum sukses membawa Middlesbrough ke final Piala UEFA (sekarang Liga Europa) 2005-2006, McClaren lebih dulu dikenal sebagai asisten pelatih Manchester United yang saat itu ditangani Sir Alex Ferguson.

McClaren merupakan asisten pelatih Manchester United sejak tahun 1999-2001 yang mana saat musim pertamanya berbuah treble winners legendaris.

Lantaran hal tersebut nama Steve McClaren dikabarkan mulai muncul sebagai calon asisten pelatih jika pelatih asal Belanda, Erik ten Hag, ditunjuk oleh Manchester United sebagai pelatih permanen.

Baca Juga

Erik ten Hag sendiri sudah menjalani wawancara sejak beberapa waktu silam sebagai calon pelatih Manchester United.

Dilansir dari The Irish Times, jika perjanjian kontrak kemudian jadi diteken, posisi asisten pelatih kemungkinan akan ditempati oleh Steve McClaren.

Namun demikian, ada yang menarik, karena McClaren lah yang menjadi salah satu guru Ten Hag dalam melatih sebuah tim.

Baca Juga

Pada musim 2009/2009 atau saat McClaren menangani klub Liga Belanda, FC Twente, Ten Hag menjadi asistennya.

Duo pelatih beda generasi ini mampu membawa Twente menjuarai Liga Belanda semusim berselang.


1. Pengalaman McClaren Dibutuhkan Ten Hag untuk Manchester United

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, yang santer dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Pengalaman McClaren tentu dibutuhkan oleh Ten Hag yang masih awam soal sepak bola Inggris.

Sang pelatih tercatat menangani Timnas Inggris selama 16 bulan pada tahun 2006/2007 atau sebanyak 18 pertandingan.

Baca Juga

Satu hal yang menjadi noda karier McClaren adalah kegagalan membawa tim tiga singa lolos ke Piala Eropa 2008 usai disingkirkan oleh Kroasia.

Selain itu, McClaren juga meraih satu trofi Piala Liga Inggris 2004 bersama Middlesbrough, sebelum mencoba peruntungan bersama beberapa klub lain, seperti klub Liga Jerman Wolfsburg, dua tim Divisi Championship, Nottingham Forest dan Newcastle United.

Selain itu, Queens Park Rangers juga sempat ditangani tiga tahun silam dengan prestasi buruk, yaitu dipecat karena finis di peringkat ke-17 Divisi Championship.

Baca Juga

Di luar Steve McClaren, ada satu nama lain yang dipertimbangkan untuk mengisi kursi asisten pelatih, yaitu eks Manchester United, Robin van Persie.

Dilansir dari Mirror, Ten Hag dikabarkan sudah melakukan pembicaraan informal dengan mantang penyerang Setan Merah, Robin van Persie.

Baca Juga

Van Persie merupakan salah satu pemain Belanda yang kariernya cukup sukses bersama Manchester United dan muncul di periode akhir kepelatihan Sir Alex Ferguson.

Kedatangannya dari Arsenal mampu membawa trofi Liga Inggris ke 20 untuk Man United dengan dilengkapi gelar sepatu emas Liga Inggris musim 2012/2013.


2. Ruud van Nistelrooy ke PSV Eindhoven

Ruud Van Nistelrooy (kanan) tangani klub Liga Belanda.

Sementara itu, mantan pemain Manchester United yang lain, Ruud van Nistelrooy, diketahui baru mendarat di PSV Eindhoven.

Baru-baru ini, Van Nistelrooy diumumkan akan menangani PSV Eindhoven pada musim depan 2022/2023.

Pria yang akrab disapa Ruutje ini sebenarnya diproyeksikan menangani PSV pada musim ini. Tetapi, klub Liga Belanda ini cukup khawatir dengan pengalaman Van Nistelrooy yang masih nol.

Untuk menangani tim utama, PSV kemudian menunjuk pelatih asal Jerman, Roger Schmidt, untuk mengisi posisi pelatih kepala.

Sedangkan Ruud van Nistelrooy kemudian menangani tim muda PSV atau disebut Jong PSV di Divisi kedua Liga Belanda pada musim 2021/2022.

Baca Selengkapnya: Legenda Manchester United Van Nistelrooy Resmi Tangani PSV Eindhoven

Manchester UnitedSteve McClarenLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini