x

Sudah Pamit dari Klub, Ini Alasan Kevin Rumakiek Tinggalkan Persipura

Kamis, 14 April 2022 19:40 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Prio Hari Kristanto
David Kevin Rumakiek sudah menyatakan akan meninggalkan Persipura Jayapura, klub yang telah ia bela sejak kompetisi Liga 1 2017 lalu.

INDOSPORT.COM - David Kevin Rumakiek sudah menyatakan akan meninggalkan Persipura Jayapura, klub yang telah ia bela sejak kompetisi Liga 1 2017 lalu. Kevin tak lagi memperkuat tim Mutiara Hitam karena kontraknya telah berakhir.

Selain tak ada perpanjangan kontrak, Kevin beralasan hengkang dari Persipura karena ingin mencari tantangan baru dalam kariernya di klub lain.

Baca Juga

"Iya benar, kontrak saya di Persipura sudah habis dan saya juga ingin mencari tantangan baru," kata Kevin saat dihubungi awak media INDOSPORT, Rabu (13/04/22).

Kakak kandung bintang tim nasional Indonesia, Ramai Rumakiek itu mengakui telah diminati oleh sejumlah klub kontestan di Liga 1. 

"Memang benar sudah ada tawaran dari klub lain juga," ujar Kevin.

Hanya saja, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu tak mau membocorkan klub mana saja yang tertarik untuk menggunakan jasanya.

"Kalau soal klub yang tertarik itu saya belum bisa kasih kabar akan ke mana," ungkapnya.

Baca Juga

Sebelumnya, manajemen Persipura Jayapura buka suara soal status dua bersaudara, David Kevin Rumakiek dan Ramai Rumakiek. Manajemen membeberkan jika Kevin sudah memutuskan pamit dari klub, sedangkan sang adik, Ramai masih akan dipertahankan.

Manajemen Persipura melalui Ketua Umum Benhur Tomi Mano dalam rilis yang diterima awak media belum lama ini mengatakan, kontrak Kevin di Persipura sudah berakhir.

Perihal tersebut, Kevin sudah meminta surat keluar dan berpamitan dengan manajemen klub secara baik-baik.

Baca Juga

"Kevin Rumakiek kontraknya sudah habis. Dia sudah datang dan pamit secara baik-baik kepada kami. Kita doakan semua yang terbaik untuk Kevin, semoga Tuhan selalu memberkati dia," kata Tomi Mano.


1. Enam Pemain Tinggalkan Persipura

Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

Manajemen juga sekaligus mengklarifikasi kabar atau rumor yang beredar bahwa Ramai akan menyusul meninggalkan Persipura. Tomi Mano menyebutkan, Ramai masih akan dipertahankan karena kontraknya di Persipura masih berjalan.

"Sebenarnya yang pergi adalah Kevin Rumakiek, sang kakak, sementara Ramai Rumakiek masih dengan kita, karena kontraknya masih berjalan, dan tidak bisa kita lepas karena tenaganya masih sangat kita butuhkan," jelasnya.

Baca Juga

Sekadar diketahui, sampai saat ini sudah enam pemain yang meninggalkan Persipura. Selain Kevin Rumakiek dan Doni Monim, empat di antaranya adalah legiun asing. Mereka yakni  Yevhen Bokhashvili, Hedipo Gustavo, Takuya Matsunaga dan Ramiro Fergonzi. 

Keempatnya bersama pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera, harus meninggalkan Persipura karena terbentur regulasi Liga 2 yang tak bisa menggunakan jasa pelatih dan pemain asing. 

Baca Juga

Persipura Jayapura harus segera mencari pelatih anyar sebelum mengarungi kompetisi kasta kedua. Pasalnya, mereka harus kehilangan Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya karena terbentur regulasi Liga 2.

Kabar tersebut lantas memunculkan pertanyaan siapa sosok yang akan menggantikan posisi Alfredo Vera, menukangi tim berjulukan Mutiara Hitam itu di Liga 2.

Saran pun muncul dari pecinta Persipura yang mendorong agar manajemen menunjuk salah satu legenda mereka, Eduard Ivakdalam sebagai pelatih baru.

Baca Juga

Mantan kapten dan gelandang nomor 10 Persipura itu pun memiliki kriteria yang layak untuk menjadi suksesor Alfredo Vera. Pasalnya, saat ini legenda yang akrab disapa Edu itu telah mengantongi lisensi A AFC.


2. Dapat Dukungan dari Pelatih Top Liga Thailand

Wanderley Machado Da Silva Junior, Mantan pelatih Persipura yang gemilang di Liga Thailand

Harus turun dari kasta tertinggil Liga Indonesia, Liga 1, musim depan, tim Persipura mendapat dukungan moril dari berbagai kalangan termasuk oleh pelatih top Liga Thailand.

Persipura Jayapura dipastikan terdegradasi dari BRI Liga 1 2021-2022 kendati berhasil meraih kemenangan di pekan terakhir, Kamis (31/03/22).

Persipura Jayapura memang berhasil meraih kemenangan 3-0 saat menghadapi Persita Tangerang di pekan ke-34 atau pekan terakhir BRI Liga 1 2021-2022.

Sayang kemenangan tersebut tidak bisa menyelamatkan Persipura untuk tetap bertahan di Liga 1 musim depan.

Persipura Jayapura hanya mampu mengumpulkan poin akhir 36 di Liga 1. Poin ini yang didapat tersebut sejatinya sama dengan Barito Putera yang duduk di peringkat ke-15.

Baca Selengkapnya: Terdegradasi dari Liga 1, Persipura dapat Dukungan Pelatih Top Liga Thailand

Liga Indonesia

Berita Terkini