x

Alfredo Vera Out, Suporter Ingin Eks Kapten Timnas Indonesia Jadi Pelatih Persipura

Senin, 11 April 2022 13:15 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura harus segera mencari pelatih anyar sebelum mengarungi kompetisi kasta kedua. Pasalnya, mereka harus kehilangan Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya karena terbentur regulasi Liga 2.

Kabar tersebut lantas memunculkan pertanyaan siapa sosok yang akan menggantikan posisi Alfredo Vera, menukangi tim berjulukan Mutiara Hitam itu di Liga 2.

Baca Juga

Saran pun muncul dari pecinta Persipura yang mendorong agar manajemen menunjuk salah satu legenda mereka, Eduard Ivakdalam sebagai pelatih baru.

Mantan kapten dan gelandang nomor 10 Persipura itu pun memiliki kriteria yang layak untuk menjadi suksesor Alfredo Vera. Pasalnya, saat ini legenda yang akrab disapa Edu itu telah mengantongi lisensi A AFC.

Baca Juga

Jejak rekamnya pun terbilang bagus. Edu sebelumnya sukses mempersembahkan medali emas bagi tim sepak bola Papua pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX lalu.

Baca Juga

Dia juga mengorbitkan bintang-bintang baru seperti Ricky Cawor dan Alphons Migau. Edu punya kedekatan yang kuat dengan karakter Persipura Jayapura dan kultur sepak bola Papua. 


1. Tanggapan Edu

Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam.

Namun saat dikonfirmasi awak media INDOSPORT, Senin (11/04/22) perihal tersebut, Edu memilih merendah. Ia mengaku tak masalah siapapun pelatih yang ditunjuk oleh manajemen Persipura.

Baca Juga

"Kalau bagi saya, yang penting pelatih itu bisa memahami karakter dan budaya di sini dan dia betul-betul datang ke sini untuk mengangkat sepak bola kembali ke prestasi yang terbaik. Karena ini menjadi sorotan masyarakat," kata Edu. 

Mantan gelandang dan kapten Timnas Indonesia tersebut menyerahkan keputusan ini kepada manajemen klub dan masyarakat. Ia menegaskan akan mendukung siapapun siapa pelatih yang terpilih nanti.

Baca Juga

"Kalau saya yang ditunjuk, saya kembalikan saja ke masyarakat dan manajemen klub. Kalau memang ada pelatih yang lebih baik di sini yang mereka lihat tetap kita akan support."

"Entah saya atau pun pelatih dari luar sana kita harus memberikan apresiasi dan dukungan dan kepercayaan penuh untuk menangani tim ini," tambah Edu.


2. Tak Bisa Diperkuat Legiun Asing

Persipura Jayapura harus kehilangan Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya karena terbentur regulasi Liga 2.

Sebelumnya, pemberitaan di sejumlah media menyebutkan jika manajemen Persipura telah melepas Angel Alfredo Vera dan empat pemain asingnya yakni Yevhen Bokhashvili, Takuya Matsunaga, Ramiro Fergonzi, dan Hedipo Gutsavo.

Dilepasnya legiun asing Persipura itu karena regulasi Liga 2 yang tak memperbolehkan klub kontestan untuk menggunakan jasa pemain dan pelatih asing.

Eduard Ivakdalam merupakan legenda besar klub Persipura yang telah mengabdi selama 16 tahun (1994-2010) dengan turut mengantarkan klub Mutiara Hitam menjadi juara dua kali (2005 dan 2009).

Sebelumnya, usai melatih tim sepak bola PON XX, Edu sempat menukangi Persimer Merauke di kompetisi Liga 3 Zona Papua. Lalu kemudian ia memutuskan untuk mengambil lisensi A AFC.

Persipura JayapuraTimnas IndonesiaEduard IvakdalamLiga IndonesiaAngel Alfredo VeraLiga 1Liga 2

Berita Terkini