x

Para Pemain Mahal yang Gagal Bantu Barcelona Juara Liga Champions, Justru Merana Bertahun-tahun

Senin, 18 April 2022 19:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Barcelona sudah cukup banyak mendatangkan pemain demi mewujudkan misi juara Liga Champions sejak 2014-2015. Foto: Photo by David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sepak terjang Barcelona di kancah Liga Champions tujuh musim terakhir terbilang tidak berjalan mulus.

Musim ini saja contohnya, alih-alih melaju jauh ke fase gugur mereka malah terdampar dan terbuang ke Liga Europa.

Baca Juga

Untuk diingat kembali, Barcelona berada di Grup E Liga Champions 2021-2022 bersama Dynamo Kyiv, Benfica, dan Bayern Munchen.

Nama yang terakhir tentu paling difavoritkan lolos ke fase gugur dan bahkan cocok tampil sebagai juara - meski akhirnya kandas juga di tangan Villarreal.

Barcelona, tentu tidak kalah diunggulkan di Grup E ketimbang dua kontestan lain, Benfica, apalagi Dynamo Kyiv.

Baca Juga

Namun mengagetkannya, mereka justru terdepak begitu saja usai finis di peringkat tiga klasemen akhir.

Dari enam laga, wakil Spanyol tersebut hanya menang dua kali, sisanya bermain imbang satu kali dan menelan kekalahan dua kali.

Dengan selisih poin yang sangat tipis dengan Benfica, mereka harus rela menanggung malu karena lengser ke Liga Europa.

Baca Juga

Masalahnya, setelah bermain di Liga Europa pun, Barcelona ternyata tidak bisa berbuat banyak dan gugur di fase perempat final kontra Eintracht Frankfurt.

Perjuangan Barcelona di Liga Champions yang berujung pahit musim ini pun menambah parah luka mereka di kancah Eropa selama beberapa tahun terakhir.


1. Ada Pemain Super Mahal

Philippe Coutinho, salah satu pemain mahal yang gagal bantu Barcelona berjaya di Liga Champions. Foto: Alex Caparros/Getty Images.

Padahal, Barcelona diketahui telah mendatangkan banyak pemain bintang, setidaknya sejak terakhir kali mereka juara Liga Champions pada musim 2014-2015.

Ya, 2014-2015 adalah terakhir kali raksasa LaLiga ini mencicipi manisnya gelar raja Eropa. Saat itu, mereka menekuk Juventus di partai final dengan skor 3-1.

Baca Juga

Namun setelahnya, masa-masa kelam di kompetisi ini mulai menghantui Barcelona. Perekrutan para pemain bintang berharga selangit pun tidak terlalu membantu.

Sejak 2015-2016 alias musim selanjutnya setelah juara Liga Champions, Barcelona tercatat membawa sejumlah pemain ke skuat mereka. Beberapa di antaranya bahkan bernilai cukup fantastis. Siapa saja?

Philippe Coutinho

Nama pertama adalah Philippe Coutinho yang merapat dari Livepool pada musim 2017-2018, dengan nilai transfer 160 juta euro.

Baca Juga

Kepergian pemain berjuluk Little Magician tersebut memang sempat membuat sejumlah penggemar The Reds patah hati.

Namun para barisan sakit hati ini nampaknya bisa menghapus kedongkolan mereka lantaran sang pemain ternyata tidak bersinar di klub barunya.

Dibeli cukup mahal, Philippe Coutinho memang sempat tampil lumayan untuk Barcelona. Akan tetapi, secara keseluruhan penampilannya terbilang mengecewakan.

Baca Juga

Sempat dikirim sebagai pemain pinjaman ke Bayern Munchen, ia kini kembali merantau ke tempat lain.

Kembali ke Liga Inggris, Philippe Coutinho sekarang bermain bersama mantan rekannya di Liverpool, Steven Gerrard. Keduanya saling bahu-membahu musim ini bersama Aston Villa.

 

2. Ada Pula Pemain Berkaki Kaca

Ousmane Dembele (kiri), adalah pemain berkaki kaca di Barcelona. Foto: REUTERS/Albert Gea.

Ousmane Dembele

Kemudian, ada pemain yang tidak kalah mahal dari Philippe Coutinho, Ousmane Dembele. Datang dari Borussia Dortmund pada musim yang sama dengan sang Little Magician, 2017-2018.

Selama berseragam Barcelona, winger asal Prancis tersebut kerap membuat pusing klub dengan riwayat cederanya. Bahkan, sampai sering disebut pemain berkaki kaca.

Baca Juga

Ousmane Dembele diboyong Barcelona dengan harga 145 juta euro, namun beberapa kali dikaitkan dengan pintu keluar Camp Nou setiap bursa transfer dibuka.

Antoine Griezmann

Mendarat dengan cukup kontroversial dari Atletico Madrid pada musim 2019-2020 dengan harga 120 juta euro.

Sempat mendapat kritik bahkan jadi bulan-bulanan publik, Antoine Griezmann malah kembali ke pelukan Los Rojiblancos belum lama ini sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

Kontribusinya untuk Barcelona di Liga Champions pun bisa dibilang tidak seberapa meski tidak buruk juga. Selama dua musim pada 2019-2020 dan 2020-2021, ia mencetak empat gol dari 16 penampilan.

Frenkie de Jong

Setelah membahas pemain yang datang ke Barcelona dengan nilai di atas 100 juta euro (sekitar Rp1,5 triliun saat ini), saatnya bergeser ke harga yang lebih rendah.

Pada musim 2019-2020, Frenkie de Jong merapat ke Camp Nou dengan banderol konon mencapai 75 juta euro dari Ajax.

Baca Juga

Meski punya rapor yang cukup baik selama berseragam Blaugrana, sangat disayangkan ia belum bisa membantu timnya berjaya di Liga Champions.

Pemain Lainnya

Selain nama-nama di atas, Barcelona juga mendatangkan banyak pemain yang ternyata gagal dalam misi mereka jadi raja Eropa. Beberapa di antaranya Arda Turan, Samuel Umtiti, Yerry Mina, Clement Lenglet, dan masih banyak lagi.

BarcelonaLiga ChampionsBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini