x

Demi Rombak Old Trafford saat Utang Menggunung, Man United Bakal Pangkas Anggaran Transfer Ten Hag

Selasa, 19 April 2022 01:02 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Old Trafford akan Manchester United pugar namun biaya yang besar mungkin membuat mereka harus memangkas dana di sana sini termasuk dana transfer.

INDOSPORT.COM - Setelah menjadi markas Manchester United selama lebih dari 120 tahun, Old Trafford akhirnya direncanakan untuk direnovasi.

Tidak tanggung-tanggung, raksasa Liga Inggris tersebut mencanangkan pemugaran skala besar dengan tujuan menambah kualitas fasilitas sekaligus kapasitas penonton.

Baca Juga

Old Trafford memang dikenal sebagai stadion yang besar dengan 74.000 lebih tempat duduk namun bukan stadion terbaik di dunia atau bahkan di Inggris.

Banyak masalah yang sebenarnya sudah dikeluhkan pengunjung tetap mereka seperti kebocoran atap, WiFi buruk, hingga adanya tikus di lapangan maupun sudut-sudut stadion.

Maka dari itu pemugaran akhirnya direncanakan mulai 14 April 2022 lalu. Panitia untuk proyek tersebut sudah dibentuk manajemen Manchester United yang bahkan siap menunjuk Populous, perusahaan arsitektur yang membangun stadion anyar Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Mike Keegan dari Mail Sport membocorkan bahwa Old Trafford nantinya akan diberi kira-kira 15.000 kursi tambahan sehingga menggendutkan daya tampung mereka menjadi 88.000 orang.

Penambahan kapasitas ditujukan untuk tribun Sir Bobby Charlton yang merupakan salah satu dari dua tribun terbesar selain tribun Sir Alex Ferguson.

Hanya saja sumber yang sama menyebutkan jika proyek ini akan memakan biaya yang amat besar. 200 juta Pounds atau 3,7 triliun Rupiah pun sepertinya tidak akan cukup.

Baca Juga

Manchester Evening News bahkan mengabarkan jika Manchester United butuh dana 1,5 milyar Pounds dan nantinya Old Trafford akan menjadi stadion paling mahal di Liga Inggris.

Sayangnya saat ini jumlah utang yang menggunung membuat Setan Merah tidak bisa lagi mengajukan pinjaman dalam jumlah besar ke bank. Proyek renovasi mereka pun akhirnya menimbulkan tanda tanya.


1. Potong Transfer

Old Trafford.

Salah satu cara untuk mengumpulkan dana besar adalah dengan memotong anggaran lain. Salah satu pengeluaran terbesar Manchester United adalah transfer pemain dan sektor tersebut bisa saja disunat.

Padahal musim depan mereka butuh banyak pemain baru agar bisa kembali bersaing di Liga Inggris di bawah pelatih baru yang kemungkinan besar adalah Erik ten Hag.

Baca Juga

Akan tetapi perbaikan Old Trafford dirasa lebih penting karena bisa mendatangkan banyak uang jika sukses dilaksanakan.

TalkSPORT menuliskan jika sebenarnya Manchester United diminati banyak investor baru yang ingin membeli mereka dari keluarga Glazer namun batal mengajukan tawaran setelah mengetahui kondisi Old Trafford.

Kelayakan markas memang terkadang jadi salah satu faktor yang diperhitungkan pengusaha-pengusaha besar sebelum mengakusisi sebuah klub.

Baca Juga

Pemilik anyar Newcastle United, Public Investment Fund, senang bisa memiliki The Magpies karena stadion merek dalam kondisi oke dan relatif besar dengan kapasitas 52.000 orang.

Dengan itu mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk renonasi dan fokus pada yang lain seperti transfer maupun falisitas lain.

Calon investor baru AC Milan, Investcorp, juga rumornya kepincut pada Il Rossoneri perkara stadion bagus.

Baca Juga

San Siro memang sudah usang layaknya Old Trafford, namun AC Milan sudah merencanakan punya kandang baru pada 2026/2027 mendatang dengan nama The Cathedral.

Maka dari itu Manchester United tampaknya harus rela mengorbankan banyak hal termasuk uang tranfer mereka demi sukses masa depan untuk pemolesan ulang Old Trafford.


2. Man United Disaingi Arsenal untuk Dapatkan Neves

Pemain Wolves, Ruben Neves

Arsenal mulai mencari pemain unggulan di bursa transfer 2022 mendatang dengan membidik bintang Wolverhampton Wanderers, Ruben Neves.

Sebelum Arsenal, sudah ada Manchester United dan Barcelona yang menyatakan ingin merekrut pemain berusia 25 tahun asal Portugal tersebut

Dari laporan Sky Sports, Arsenal saat ini sedang membutuhkan tambahan pemain di lini tengah. Dan Ruben Naves dianggap menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan posisi Granit Xhaka.

Mendatangkan gelandang baru pada bursa transfer mendatang merupakan agenda prioritas untuk Mikel Arteta. Hanya saja, persaingan dengan klub lain seperti Barcelona dan Manchester United tidak akan membuat hal ini mudah diwujudkan.

Arsenal perlu merogoh kocek yang dalam atas harga yang dibandrol guna mendatangkan Neves. Dikabarkan biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar 50 sampai 60 juta euro atau sekitar Rp 782 hingga Rp 982 miliar.

Baca selengkapnya: Arsenal Siap Tikung Barcelona dan Manchester United Demi Gaet Bintang Wolves

Manchester UnitedOld TraffordStadion Old TraffordLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini