x

Man United Beruntung! Starting XI Pemain yang Kemampuannya Meningkat di Tangan Erik ten Hag

Jumat, 22 April 2022 23:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut Starting XI pemain terbaik yang dikembangkan Erik ten Hag selama menjadi pelatih. Akankah hal ini terulang di Manchester United?

INDOSPORT.COM – Berikut Starting XI pemain terbaik yang dikembangkan Erik ten Hag selama menjadi pelatih. Akankah hal ini terulang di Manchester United?

Manchester United belum lama ini resmi mengumumkan manajer baru mereka, yakni eks juru taktik Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, pada Kamis (21/04/22).

Baca Juga

Klub berjuluk Setan Merah tersebut mengunggah sebuah poster dengan gambar Erik ten Hag dengan latar belakang Stadion Old Trafford.

“Erik ten Hag: manajer baru tim pertama Manchester United,” demikian bunyi pernyataan resmi Man United.

Manchester United resmi mengontrak Erik ten Hag dengan durasi selama tiga tahun alias sampai Juni 2025. Selain itu, klub juga memberikan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga

Melansir dari laman klub, direktur sepak bola Man United John Murtough menjelaskan alasan klubnya memilih Erik ten Hag sebagai suksesor Ralf Rangnick yang hanya dikontrak selama enam bulan saja.

Menurut Murtough, Ten Hag sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling sukses di Eropa ketika menangangi klub asal Belanda, Ajax Amsterdam selama empat tahun terakhir.

Selain itu, Ten Hag juga diyakini bakal membimbing pasukan Setan Merah ke dalam permainan sepak bola yang menyerang, dan berkomitmen memberikan kesempatan para pemain muda.

Baca Juga

Dalam perjalanannya sebagai pelatih, Ten Hag terbilang pelatih yang irit belanja pemain. Malahan, dia lebih banyak mengoptimalkan kemampuan pemain yang sudah ada.

Dari sekian banyak pemain, berikut 11 pemain terbaik di setiap posisi yang kemampuannya meningkat drastis di tangan Ten Hag.


1. Starting XI Pemain yang Potensi Terbaiknya Muncul di Tangan Ten Hag

Matthijs de Ligt bersama dengan suksesornya di Ajax Amsterdam, Perr Schuurs

Kiper: Andre Onana

Saat pertama kali menembus tim utama Ajax, Andre Onana diprediksi menjadi kiper hebat. Prediksi itu pun mampu dipoles oleh Ten Hag dan menjadi kenyataan.

Sejak kedatangan Ten Hag ke Ajax pada 2017 silam, Onana menjadi salah satu kiper terbaik di Eropa dengan refleknya. Selain itu, ia juga merupakan salah satu kiper terbaik dalam urusan olah bola.

Wajar jika Inter Milan pun kemudian merekrutnya sebagai penerus Samir Handanovic pada musim panas 2022 mendatang.

Baca Juga

Bek Kanan: Sergino Dest

Sergino Dest boleh jadi melempem selama di Barcelona. Tapi saat masih di bawah arahan Ten Hag, dirinya merupakan salah satu bek kanan muda terbaik.

Ten Hag mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam menyerang, yang membuat Barcelona dan Bayern Munchen memperebutkan tanda tangannya pada 2020 silam.

Namun, kepindahannya ke Barcelona berubah menjadi petaka. Meski begitu, di usia 22 tahun Dest diyakini masih bisa berkembang dan masih menarik perhatian tim-tim besar lainnya.

Bek Tengah: Matthijs de Ligt

Ajax sudah lama tak melahirkan bek tangguh kelas dunia. Namun di tangan Ten Hag, De Godenzonen akhirnya melahirkan Matthijs de Ligt.

Mantan peraih Golden Boy 2018 ini menjadi pemain yang dipercaya Ten Hag. Bahkan, di usia 19 tahun dirinya sudah dipasrahi ban kapten Ajax.

Berkat performanya itu, De Ligt pun kemudian menarik minat Juventus yang mendatangkannya dengan harga 70 juta euro pada 2019.

Baca Juga

Bek Tengah: Daley Blind

Pendukung Man United tak akan lupa dengan sosok Daley Blind. Ia dianggap salah satu pembelian gagal yang dibawa oleh Louis van Gaal, sehingga dicampakkan Jose Mourinho.

Oleh karenanya, Blind kemudian bergabung Ajax. Tak disangka, Ten Hag mampu memaksimalkan perannya, yang identik sebagai bek kanan dan gelandang bertahan, menjadi seorang bek tengah tangguh.

Kini di usia 32 tahun, Blind masih menjadi andalan baik bagi Ajax dan Timnas Belanda. Hal ini tak lepas dari kemampuannya sebagai Ball Playing Defender.

Baca Juga

Bek Kiri: Nicolas Tagliafico

Pada 2018, Ten Hag mendapatkan seorang bek kiri yang tak terkenal dari Independiente bernama Nicolas Tagliafico. Ia datang dengan mahar hanya 4 juta euro saja.

Namun harga rendah tersebut berbanding terbalik dengan kualitasnya, yang mampu dikembangkan oleh Ten Hag sehingga dirinya menjadi salah satu bek kiri terbaik di Eropa.

Selama 164 laga, Tagliafico mencetak 15 gol dan 23 assist bagi Ajax. Wajar jika Barcelona pun sempat tertarik pada kemampuannya untuk menggantikan Jordi Alba.


2. Starting XI Pemain yang Potensi Terbaiknya Muncul di Tangan Ten Hag

Selebrasi Donny van de Beek usai membawa Ajax unggul atas Tottenham, Rabu (01/05/19), Marc Atkins/Getty Images.

Gelandang Tengah: Donny van De Beek

Tak ada yang menyangsikan betapa hebatnya Donny van de Beek selama berseragam Ajax. Kemampuannya tersebut tak lepas dari polesan Ten Hag.

Van de Beek merupakan jebolan akademi Ajax, bersama De Ligt. Sejak kemunculannya, ia merupakan salah satu gelandang Box to Box terbaik di Eropa.

Sayangnya, pamor Van de Beek meredup usai bergabung Man United. Akankah Ten Hag nantinya bisa mengeluarkan magisnya untuk dirinya kembali?

Baca Juga

Gelandang Tengah: Zakaria Labyad

Beralih ke FC Utrecht, ada satu gelandang yang menjadi idola Ten Hag. Sosok itu adalah Zakaria Labyad yang kini merupakan penggawa Ajax.

Labyad menjadi salah satu pilar andalan Ten Hag selama melatih. Kemampuannya sebagai gelandang Box to Box menghasilkan 26 gol dan 22 assist dalam 96 penampilan di bawah arahannya.

Kini Labyad pun juga akan pergi dari Ajax. Meski begitu, ia tak akan mengikuti jejak Ten Hag bergabung Man United.

Baca Juga

Sayap Kanan: Hakim Ziyech

Sang pesulap, begitulah julukan Hakim Ziyech. Di tangan Ten Hag, pria asal Maroko ini menjadi salah satu winger mematikan yang kaya akan kreativitas.

Karena Ten Hag pula, Ziyech terpilih sebagai pemain terbaik Belanda sebanyak dua kali berturut-turut. Hal ini membuat Chelsea kemudian memboyongnya.

Namun Ziyech gagal berkembang bersama Chelsea dan selalu kesulitan menembus tim utama The Blues kini di bawah era Thomas Tuchel.


3. Starting XI Pemain yang Potensi Terbaiknya Muncul di Tangan Ten Hag

Selebrasi gol Sebastian Haller di laga Ajax Amsterdam vs PSV Eindhoven..

Gelandang Serang: Dusan Tadic

Jika ada satu pemain yang kemampuannya meningkat drastis di tangan Ten Hag, maka sosok itu adalah Dusan Tadic.

Sebelum bertemu Ten Hag, Dusan Tadic merupakan pesakitan. Ia didiamkan oleh Southampton arahan Mark Hughes.

Hanya saja, Ajax kemudian memboyongnya dan Ten Hag berhasil menjadikannya salah satu Playmaker terbaik di Eropa saat ini dengan 91 gol dan 89 assist.

Baca Juga

Sayap Kiri: Quincy Promes

Di era Ten Hag, Ajax tak pernah kekurangan pemain hebat yang punya label pemain tak dianggap. Salah satunya adalah Quincy Promes.

Ia merupakan penyerang sayap yang punya skill mumpuni dan ketajaman. Buktinya hadir dari 39 gol dan 17 assist yang ia cetak bagi Ajax.

Namun selepas pergi dari Ajax, Promes malah melempem dan sulit menemukan performa terbaiknya di lapangan.

Baca Juga

Striker: Sebastien Haller

Selain Dusan Tadic, pemain gagal dari Liga Inggris lainnya yang menjadi pemain hebat di tangan Ten Hag adalah Sebastien Haller.

Haller sendiri sempat kesulitan bermain di Inggris bersama West Ham United. Hal ini membuatnya dilepas ke Ajax dengan mahar hanya 25 juta euro.

Tak disangka, Ten Hag mampu menciptakan sistem yang cocok baginya hingga Haller menjadi salah satu penyerang top hingga saat ini menduduki daftar top skor Liga Champions 2021/22.

Manchester UnitedAjax AmsterdamDaley BlindHakim ZiyechBola InternasionalQuincy PromesMatthijs de LigtSepak BolaDusan TadicDonny van de BeekErik ten HagAndre OnanaSergino DestSebastien Haller

Berita Terkini