x

SEA Games: Respons Menpora soal Kekalahan dan Buruknya Fasilitas untuk Timnas U-23

Minggu, 8 Mei 2022 21:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Menpora Zainudin Amali buka suara soal sepak terjang Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT.COM.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, angkat bicara soal kekalahan perdana Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Dia juga merespons buruknya fasilitas yang diterima skuat Garuda Muda.

Pada laga perdana Grup A SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 kalah telak 0-3 dari tuan rumah, Vietnam. Hasil tersebut cukup mengecewakan karena tim Merah Putih ditargetkan raih medali emas.

Baca Juga

Akan tetapi, Menpora mengatakan kekalahan dua hari lalu bukan akhir perjuangan di SEA Games 2021. Masih ada tiga laga tersisa dan Timnas Indonesia U-23 wajib memenangkan agar lolos ke fase berikutnya.

Menpora masih percaya ke pemain dan tim pelatih untuk meracik Timnas U-23. Kekalahan bisa diperbaiki dan target final masih belum tertutup.

"Saya kira pertandingan masih ada beberapa kali. Kami percaya kepada pimpinan cabor, pelatih, dan atlet kita.  Berikan kesempatan ke mereka, SEA Games lalu juga begitu," kata Menpora, Minggu (08/05/22).

Baca Juga

Pada SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam pernah berada satu grup di babak penyisihan.

Skuat Garuda Muda juga kalah dari Vietnam dengan skor 1-2, tapi akhirnya lolos semifinal sebagai runner-up Grup B.

Lebih lanjut, Menpora juga berharap panitia SEA Games 2021 memperbaiki pelayanan ke Timnas U-23. Dia akan meminta perwakilan NOC (Komite Olimpiade Indonesia) untuk menangani hal tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, Timnas U-23 mendapat fasilitas latihan yang kurang layak. Lapangan yang digunakan jaraknya cukup jauh, tidak sesuai standar internasional dan juga berlubang.

"Saya kira, CdM, wakil CdM, dan seluruh tim, dari Komite Olimpiade, KONI, dan sebagainya, kami mencari yang terbaik untuk tim kami. Supaya apa yang membuat tidak nyaman tidak akan terulang," tutur Menpora Zainudin Amali


1. Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SEA Games 2021, Jumat (06/05/22). Foto: PSSI.

Sementara itu, kekalahan dari Vietnam membuat Timnas Indonesia U-23 berada di peringkat empat klasemen sementara Grup A SEA Games 2021. Skuat Garuda Muda tertinggal tiga poin dari Filipina dan Vietnam.

Pada SEA Games 2021, Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas. Hal itu telah dikatakan ketua umum PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga

Untuk berlaga di SEA Games 2021, Timnas U-23 membawa 20 pemain. Tapi, di laga perdana lawan Vietnam, ada dua nama yang absen yakni Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott karena masih bela klubnya.

Klasemen sementara cabor sepak bola putra di SEA Games 2021:

Grup A

1. Filipina 3 Poin

2. Vietnam 3

3. Myanmar 0

4. Indonesia 0

5. Timor Leste 0

Baca Juga

Grup B

1. Malaysia 3 Poin

2. Laos 1

3. Singapura 1

4. Kamboja 0

5. Thailand 0


2. Shin Tae-yong Ingin Ketemu Vietnam di Final

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui tim asuhannya pantas kalah dari Vietnam di laga perdana Grup A SEA Games 2021, dua hari lalu.

Skuat Garuda Muda kalah telak 0-3. Shin Tae-yong mengatakan tidak cari alasan setelah dibantai Vietnam. Juru taktik 51 tahun itu sebut Timnas U-23 tidak dalam kondisi terbaik. 

"Kami kalah dari Vietnam, kami tak mau cari alasan lagi, pantas kalah, apalagi tanpa Asnawi, Elkan, dan Arhan, jadi tak 100 persen, sangat disayangkan," ujarnya.

Tetapi, kekalahan di laga perdana tak lantas menutup peluang Timnas U-23 ke fase berikutnya. Karenanya, Shin Tae-yong ingin mengubah suasana tim agar bangkit dan raih poin sempurna di tiga laga tersisa.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan melawan Timor Leste pada 10 Mei mendatang. Laga berikutnya menghadapi Filipina (13 Mei), dan lawan Myanmar pada 15 Mei. 

Baca selengkapnya: Akui Kekalahan Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Ngebet Ketemu Vietnam di Final SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaMenporaBola InternasionalZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini