x

Liga 1: Hari Libur Nasional, Jadwal Latihan Perdana Persib Mungkin Berubah

Kamis, 12 Mei 2022 14:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Foto: Arif Rahman/Indosport.com.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sudah menjadwalkan latihan perdana timnya pada Senin (16/05/22), untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Meski begitu, menurut pelatih asal Belanda ini, ada kemungkinan jadwal latihan Persib akan mengalami perubahan, lantaran pada 16 Mei 2022 bertepatan dengan hari libur nasional, yakni Waisak.

Baca Juga

Robert Alberts menuturkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan asistennya dalam menentukan jadwal latihan, termasuk ketika agenda latihan bertepatan dengan hari libur nasional.

"Meskipun tanggal 16 itu merupakan hari libur, tapi sepak bola berbeda dengan pekerjaan kantoran," kata Robert Alberts, Selasa (10/05/22).

"Saya selalu berkoordinasi dengan para pelatih lainnya perihal libur nasional bagi semua orang dan keluarganya," ucap mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan.

Baca Juga

Selain itu, Robert Alberts akan lebih dulu menggelar pertemuan dengan asistennya atau staf pelatih Persib untuk membahas mengenai agenda latihan, mulai dari tanggal hingga tempat berlatih.

"Kami juga akan menggelar pertemuan pekan ini untuk membicarakan di mana dan kapan kami akan berlatih pada hari senin 16 Mei nanti," ujar Robert Alberts.

Sehingga, menurut Robert Alberts, jadwal latihan perdana Persib masih mungkin berubah, namun yang pasti skuat Maung Bandung akan memulai persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 pada pekan depan.

Baca Juga

"Tapi nanti akan kami lihat lagi apakah bisa kami berlatih di hari itu, atau sekadar pertemuan atau bahkan berlatih di keesokan harinya," ungkap Robert Alberts.

"Jika hari libur itu memang amat berarti bagi semua orang. Jadi itu akan kami putuskan setelah pertemuan di antara para pelatih," jelas Robert Alberts.


1. Intensitas Latihan

Pemain Persib mendapat pengarahan dari pelatih Robert Rene Alberts saat latihan. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Menjelang kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Robert Alberts membeberkan program latihan yang akan diberi kepada anak asuhnya pada pekan pertama.

Menurutnya, pada pekan pertama latihan untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 anak asuhnya hanya mendapatkan program dengan intensitas yang tinggi terlalu tinggi.

Baca Juga

Latihan dengan intensitas yang rendah sengaja diberikan kepada anak asuhnya, pasalnya mereka sudah cukup lama berlibur dan tidak berlatih bersama. Sehingga, Robert Alberts memberikan materi secara bertahap.

Sebagai informasi, setelah mendapat jatah libur seusai berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, tim kebanggaan Bobotoh akan kembali berlatih bersama pada pekan depan.

"Tentu saja di pekan pertama kami akan bekerja dengan fokus kepada aerobik, tapi dalam intensitas yang rendah, tapi juga banyak memberikan waktu bermain," kata Robert Alberts.

Baca Juga

Robert Alberts menambahkan, intensitas latihan akan terus ditingkatkan secara bertahap, agar anak asuhnya tidak kaget saat menjalankan program yang diberikan olehnya.

Selama aktivitas tim diliburkan, mayoritas pemain memilih untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing dan hanya menjalankan latihan mandiri untuk menjaga kondisi kebugarannya.

"Mereka akan senang bermain sepak bola makanya itu akan jadi hal utama latihan. Kami tidak akan berlatih secara intensif karena itu akan dilakukan di saat pramusim sebenarnya," jelas Robert Alberts.


2. Latihan dan Tes Kesehatan

Pemain Persib mendapat pengarahan dari pelatih Robert Rene Alberts saat latihan. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Meski aktivitas latihan tim akan dimulai pada pekan depan, namun menurut Robert Alberts, pekan ini anak asuhnya akan mulai berkumpul untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Menurut Robert Alberts, sebelum menjalankan materi latihan anak asuhnya akan lebih dulu menjalani tes kesehatan pada pekan ini.

Robert Alberts menambahkan, pemain yang hadir pada pekan ini kemungkinan besar belum komplet. Pasalnya, masih ada pemain yang harus menyelesaikan administrasinya terutama asing.

Selain itu, masih ada tiga pemain yang sedang memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021, yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

"Pekan ini kami akan menggelar tes kesehatan untuk sebagian besar pemain terkecuali bagi mereka yang butuh visa untuk bisa ke Indonesia, atau pemain lain yang masih tergabung di dalam Timnas," kata Robert Alberts.

Baca selengkapnya: Jelang Liga 1, Robert Alberts Beberkan Program Latihan Pekan Pertama Persib

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Robert AlbertsBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini