x

Meski Diremehkan, Ini 3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bakal Gulung Filipina dan Myanmar di SEA Games

Kamis, 12 Mei 2022 00:04 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan Indonesia vs Vietnam di SEA Games, Jumat (06/05/22). Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Berikut tiga alasan Timnas Indonesia U-23 bakal mendulang kemenangan saat bersua Filipina dan Myanmar dalam dua laga sisa Grup A SEA Games 2021.

Seperti diketahui, di ajang SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung ke dalam Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Baca Juga

Di laga perdana Grup A, mereka harus menelan pil pahit karena menjadi bulan-bulanan tuan rumah Vietnam dengan skor memalukan yaitu 0-3.

Kemudian di pertandingan kedua, pasukan Shin Tae-yong mampu bangkit dan mendulang kemenangan telak 4-1 atas Timor Leste.

Baca Juga

Setelah itu, Timnas Indonesia U-23 masih harus menghadapi dua lawan berat yaitu Filipina dan Myanmar. Kemenangan menjadi harga mati bagi skuat Garuda Nusantara demi mendapat tiket lolos ke semifinal.

Sementara itu, meski sempat meraih runner up Piala AFF 2022, namun tampaknya skuat Timnas Indonesia di SEA Games sedikit diremehkan oleh dua calon lawannya tersebut.

Pelatih Myanmar yakni Velizar Popov sempat menegaskan kalau Vietnam menjadi salah satu tim yang berpeluang besar lolos ke semifinal.

Baca Juga

Ia sangat percaya diri kalau Myanmar bakal mendampingi tuan rumah ke semifinal setelah kini secara mengejutkan menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup A. Mereka sukses menang 3-2 atas Timor Leste dan menggilas Filipina dengan skor yang sama.

Meski begitu, INDOSPORT memprediksi kalau Myanmar tidak akan kembali tersenyum saat bersua Timnas Indonesia U-23 karena beberapa alasan berikut:


1. Kepercayaan Diri Pemain Mulai Pulih

Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI

Kekalahan 0-3 dari Vietnam sempat membuat mental para pemain menurun. Namun di laga kedua melawan Timor Leste, mereka berhasil bangkit meski sempat bermain buruk di awal-awal babak pertama.

Skuad Garuda Nusantara mendapatkan perlawanan sengit dari Timor Leste. Beruntung, pasukan Shin Tae-yong berhasil menyudahi laga dengan kemenangan telak 4-1.

Baca Juga

Tiga poin perdana inilah yang menjadi awal kebangkitan Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. Mereka wajib mendulang kemenangan saat bersua Filipina dan Myanmar di laga sisa Grup A.

Baca Juga

Duo Eropa Mulai Tunjukan Kualitas

Ada dua pemain yang menjadi sorotan saat Timnas Indonesia U-23 sukses menang telak 4-1 atas Timor Leste. Mereka yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Baca Juga

Kembalinya duo Eropa yang bermain di FK Senica ini mampu menambah daya gedor skuat asuhan Shin Tae-yong bertambah tajam. Terbukti Egy berhasil menyumbang satu gol dan Witan mencetak brace.


2. Indonesia Haus Gelar Juara

Logo Sea Games Vietnam.

Alasan terakhir Timnas Indonesia U-23 bakal mampu mengalahkan Filipina dan Myanmar demi tiket ke semifinal karena mereka punya rasa haus gelar juara.

Di SEA Games sendiri, Timnas Indonesia hanya tercatat dua kali meraih medali emas yang diperoleh pada edisi 1987 dan 1991 silam.

Puasa medali emas selama puluhan tahun inilah yang akan membuat Egy Maulana Vikri dkk tersulut semangat yang berkobar. Mereka harus membuktikan kepada para penggemar yang selama ini meragukan kualitas skuat Garuda di kancah Internasional.

Baca Juga
SEA GamesMyanmarFilipinaTimnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini