x

Sandy Walsh dan Shayne Pattynama Cedera, PSSI Tetap Kebut Naturalisasi demi Timnas Indonesia

Jumat, 13 Mei 2022 07:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Sandy Walsh dan Shayne Pattynama akan segera susul Jordi Amat rampungkan naturalisasi untuk bela timnas Indonesia segera.

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Shayne Pattynama, dijadwalkan menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh ke Jakarta pada akhir Mei nanti demi menuntaskan proses pergantian paspornya.

Begitu kompetisi Liga Norwegia tempat klubnya saat ini, Viking, berkompetisi memasuki masa libur, sang bek serbabisa akan langsung menuju Jakarta.

Baca Juga

Sebelumnya sempat dilaporkan jika naturalisasi ketiga pemain berdarah Eropa tersebut mengalami masalah pada kelengkapan dokumen sehingga harus menunda peresmiannya.

Ditambah lagi Pattynama dan Walsh mengalami cedera sehingga mobilitas mereka praktis terhambat termasuk demi mendekatkan mimpi berbaju Merah-Putih ala timnas Indonesia.

Beruntung menurut salah satu Exco PSSI yakni Hasani Abdulgani, kondisi Shayne Pattynama sudah membaik sehingga kini federasi kembali mendapat angin segar.

Baca Juga

Sandy Walsh yang bahkan dikabarkan mengalami cedera penghabis musim oleh klubnya, KV Mechelen, pun juga siap pulih lebih dini.

Masalah pada tulang selangka bek sayap kanan tersebut dikabarkan akan hilang dalam tempo tiga pekan dan bakal siap menyertai Amat dan Pattynama ke Indonesia.

Baca Juga

“Minggu depan Jordi Amat dan Sandy Walsh akan ke Indonesia. Kedatangan mereka untuk menuntaskan dokumen di kedubes Spanyol dan Belanda di Jakarta,” tulis Hasani di akun Instagram pribadinya.

“Shayne Pattynama menyusul disaat liga Norwegia break di akhir Mei. Semoga semuanya berjalan dengan lancar,”

“Kabar Bagus. Baru dapat berita kalau cedera Sandy Walsh akan sembuh dalam tiga minggu. Sedangkan Shayne Pattynama memberitahu dirinya sudah membaik,” tambahnya lagi


1. Siap Hadapi Kualifikasi Piala Asia

Sandy Walsh.

Sebelumnya fans timnas Indonesia sempat dibuat cemas kala PSSI mengungkapkan jika naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama menemui banyak ganjalan.

Pasalnya ketiganya adalah pemain yang sudah sangat ditunggu-tunggu kontribusnya untuk Sang Garuda karena diprediksi akan langsung bisa mendongkrak kualitas tim.

Baca Juga

Terutama karena ada kualifikasi akhir Piala Asia 2023 yang sudah harus digelar pada Juni 2022 mendatang.

Timnas Indonesia cukup tidak beruntung karena mereka harus tergabung di satu grup dengan Yordania dan Kuwait yang secara garis besar lebih kuat.

Baca Juga

Kedatangan Amat, Pattynama, dan Walsh diharapkan membuat timnas Indonesia punya kans yang lebih besar saat bertemu kedua negara tersebut.

Tidak ada jaminan jika pelatih Shin Tae-yong akan langsung bisa menjejalkan ketiganya dalam starting XI terkait adaptasi taktik dan kendala bahasa namun peluang sekecil apapun tetap bermakna besar.

Baca Juga

Kini PSSI akan sekuat tenaga untuk bisa segera memberikan Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama paspor baru yang mereka idamkan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selama ini membantu proses naturalisasi ini. Proses administrasi telah berjalan, dan kami berharap semuanya berjalan lancar, sehingga baik Jordi dan Sandy bisa segera memperkuat timnas Indonesia,” ujar Yunus Nusi selaku sekjen PSSI.


2. Protes Shin Tae-yong Disindir Media Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Pelatih kepala timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, lagi-lagi mengkritik soal buruknya fasilitas tempat latihan anak-anak asuhnya di gelaran SEA Games 2021.

Tak ayal juru taktik asal Korea Selatan tersebut kembali jadi bahan perbincangan media Vietnam selaku tuan rumah kompetisi.

Pada Rabu (11/05/22) lalu, Shin Tae-yong mengunggah sejumlah video yang ia rekam sendiri ke Instagram mengenai situasi salah satu lapangan yang timnas Indonesia U-23 gunakan untuk melakukan persiapan sebelum bertanding.

Tampak lapangan yang rumputnya sudah sangat menguning karena kering sampai-sampai nyaris tidak nampak semburat kehijauan selayaknya lapangan normal.

Akan tetapi yang paling memprihatikan adalah ukurannya terlampau kecil sehingga tidak memenuhi standar lapangan internasional.

Baca selengkapnya: Keluhkan Lagi Fasilitas Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Dapat Perhatian Khusus Media Vietnam

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini