x

Kabar Buruk! Sandy Walsh Cedera Parah, Terancam Gagal Wujudkan Mimpi Perkuat Timnas Indonesia?

Senin, 9 Mei 2022 14:40 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Kabar Buruk! Sandy Walsh Cedera Parah, Terancam Tak Bisa WujSandy Walsh alami cedera tulang selangka yang mengakhiri musimnya bersama KV Mechelen lebih cepat dan mungkin juga batal membela Timnas Indonesia di Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mendapat pukulan telak setelah calon pemain naturalisasi mereka, Sandy Walsh, dikabarkan mengalami cedera serius.

Sang bek kanan versatile berdarah Belanda tersebut mendapat cedera collarbone alias tulang selangka saat memperkuat klub Belgia, KV Mechelen.

Baca Juga

Musibah tersebut menimpa Walsh saat Mechelen memainkan pertandingan lanjutan kualifikasi lokal perebutan tiket ke kompetisi Liga Konferensi Europa kontra Gent pada Minggu (08/05/22) lalu.

Sandy Walsh bermain sebagai starter di sisi kanan pertahanan timnya namun hanya bisa berada di atas lapangan selama 45 menit sebelum digantikan Jannes Van Hecke.

Pada awalnya cedera Walsh terlihat tidak terlalu memprihatinkan namun setelah laga usai pihak Mechelen mengeluarkan pernyataan jika pemain 27 tahun itu sudah tidak bisa lagi merumput di sisa musim 2021/2022 mereka.

Baca Juga

Untuk saat ini pihak klub masih akan terus melanjutkan pemeriksaan pada jebolan akademi Genk dan Anderlecht tersebut untuk menentukan cara terbaik menangani masalahnya.

"Musim ini sudah usai untuk Sandy Walsh. Retak pada tulang selangka rupanya menjadi diagnosa untuknya setelah pertandingan kemarin," tulis KV Mechelen lewat Instagram resmi mereka.

"Pemeriksaan lebih jauh akan dilakukan esok hari untuk mencari tahu apakah tindakan operasi dibutuhkan atau tidak," tambah mereka lagi.

Baca Juga

Cedera Walsh adalah musibah besar untuk Mechelen karena ia adalah opsi utama di posisi bek kanan. Bahkan jika diperlukan, ia bisa difungskikan sebagai fullback kiri atau defender sentral darurat.

Walsh juga tampil produktif dengan sumbangan 3 gol plus 7 assist dari 30 pertandingan Jupiler Pro League alias kasta teratas liga Belgia.


1. Gagal Bela Timnas?

Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air.

Timnas Indonesia juga pasti juga akan sangat merugi karena mereka sudah lama menanti untuk bisa memanggil Sandy Walsh ke dalam skuat.

Rencananya Walsh ingin diajak untuk bergabung dengan armada asuhan Shin Tae-yong yang akan berlaga di kualifikasi terakhir Piala Asia 2023 pada Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Timnas Indonesia butuh suntikan tenaga ekstra mengingat di Grup A mereka bertemu banyak lawan-lawan superior macam Yordania dan Kuwait.

Belum diketahuinya waktu yang dibutuhkan Walsh untuk mempulihkan diri akan membuat persiapan Timnas Indonesia menjadi terganggu.

Akan tetapi, cedera atau tidak cedera pun Sandy Walsh belum tentu bisa tepat waktu membela negara leluhurnya.

Baca Juga

Saat ini bintang dengan garis keturunan Jawa tersebut belum bisa diberi surat undangan membela Tim Garuda secara resmi karena proses pergantian paspor tak kunjung selesai.

Proses naturalisasinya berjalan sangat lambat meski Walsh juga sudah sejak lama menginginkan untuk bisa berbaju Merah-Putih.

Baca Juga

Salah satu Exco PSSI yakni Hasani Abdulgani mengungkapkan jika sampai sekarang dokumen dari Belanda belum juga lengkap sehingga status WNI untuk para pemain keturunan masih digantung.

Saat ini para pendukung timnas Indonesia hanya bisa berharap dengan cemas agar KV Mechelen berusaha sebaik mungkin untuk mempercepat kesembuhan Sandy Walsh dan di saat bersamaan PSSI juga kian rajin mengurus naturalisasi.


2. Timnas Indonesia di SEA Games Berharap Tuah Asnawi

Asnawi Mangkualam

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap kedatangan bek kanan Asnawi Mangkualam Bahar, memberikan kontribusi positif untuk Timnas Indonesia U-23 yang tengah berjuang di SEA Games 2022.

Pada akun pribadi Instagram, Sabtu (07/05/22) malam WIB, pria yang akrab disapa dengan Iwan Bule ini mengunggah foto ketika Asnawi Mangkualam baru saja tiba  di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, Vietnam.

Pemain berusia 22 tahun itu akan bergabung dengan rekan-rekan setimnya di Timnas Indonesia U-23 yang sudah lebih dulu berjuang di SEA Games 2021.

Iwan Bule mengucap syukur karena Asnawi akhirnya bisa bertolak ke Vietnam, setelah sebelumnya sempat mengalami cedera saat tampil membela Ansan Greeners di turnamen K League 2.

Ketua Umum PSSI ini meyakini bahwa bek berusia 22 tahun ini bisa menjadi bala bantuan bagi Timnas Indonesia U-23 yang menargetkan meraih medali emas di multievent dua tahunan tersebut.

Baca selengkapnya: SEA Games 2021: Ketum PSSI Berharap Asnawi Bawa Aura Positif Bagi Timnas Indonesia U-23

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaKV Mechelen

Berita Terkini