x

Termasuk Duo Bengal, 3 Kapten Terbaik Sepanjang Masa Manchester United

Selasa, 17 Mei 2022 12:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat kembali tiga kapten terbaik sepanjang masa Manchester United, di mana dua di antaranya merupakan pemain yang terbilang bengal.

INDOSPORT.COM – Melihat kembali tiga kapten terbaik sepanjang masa Manchester United, di mana dua di antaranya merupakan pemain yang terbilang bengal.

Jabatan kapten di Manchester United merupakan salah satu hal yang sakral, mengingat seorang kapten tim didapuk untuk membawa nama besar Setan Merah dan terus berprestasi.

Baca Juga

Namun sejak kepergian Sir Alex Ferguson, jabatan kapten di Man United seakan hilang kesakralannya, di mana ban kapten kerap berpindah tangan dalam tempo yang cepat.

Memang benar Man United memberikan ban kapten kepada para pemain senior sejak kepergian Sir Alex Ferguson, namun lambat laun jabatan kapten ini hanya menjadi bak pajangan saja.

Hal ini ditandai dengan banyaknya pergantian pelatih yang dilakukan Man United sejak kepergian Sir Alex Ferguson. Setiap pelatih pengganti, memiliki pilihan kapten tersendiri.

Baca Juga

Alhasil, kerap berpindahnya jabatan kapten membuat Man United pun kesulitan meraih hasil maksimal di setiap laga, dan bahkan bersambung pada prestasi.

Sorotan akan ban kapten Man United kian menjadi-jadi dengan ditunjuknya Harry Maguire sebagai kapten tim di era Ole Gunnar Solskjaer.

Penunjukkan Maguire sendiri dirasa aneh mengingat masih ada nama David De Gea. Terlebih, pemain asli Inggris itu punya rekam jejak buruk dalam karier sepak bolanya.

Baca Juga

Penunjukkan Maguire sebagai kapten hingga saat ini pun membuat pendukung Man United geram. Apalagi jika membandingkan jiwa kepemimpinannya dengan tiga kapten terbaik sepanjang masa Man United.

Setidaknya ada tiga kapten terbaik dalam sejarah Man United. Tak disangka, dua di antaranya merupakan pemain yang bengal. Siapa sajakah mereka?


1. 1. Roy Keane

Cristiano Ronaldo, Roy Keane, dan John O'Shea

Roy Keane bisa dikatakan sebagai kapten terbaik sepanjang masa Man United. Kepemimpinannya terasa dari watak kerasnya sebagai pemain.

Di bawah kepemimpinannya di atas lapangan, pria asal Irlandia ini menjadikan Man United sebagai lawan yang begitu disegani di akhir 90 an hingga awal 2000 an.

Baca Juga

Total delapan tahun Roy Keane menjabat sebagai kapten Man United. Dalam rentang waktu tersebut, dirinya membawa Setan Merah memenangkan tujuh gelar bergengsi.

Salah satunya adalah musim Treble Winners 1998/99, di mana Roy Keane ia mengilhami Comeback bersejarah Man United kala melawan Juventus di semifinal dan rela mengorbankan dirinya demi timnya menembus partai final.

Baca Juga

Sosok tegas terpancar dari diri Roy Keane. Wataknya yang keras pun membuatnya begitu dihormati oleh kawan dan dibenci oleh lawan.

Bahkan, ketegasan dan kepemimpinan Roy Keane masih terlihat usai gantung sepatu, di mana ia kerap mengkritisi Man United saat ini yang terlihat hilang arah.


2. 2. Eric Cantona

Eric Cantona saat memperkuat Manchester United.

Pemain bengal lainnya yang menjabat kapten Man United selain Roy Keane adalah Eric Cantona. Jabatan kapten yang diembannya pun terbilang melahirkan fakta menarik.

Eric Cantona menjadi kapten non Britania Raya pertama dalam sejarah Man United saat ditunjuk oleh Sir Alex Ferguson pada 1996 seiring kepergian Steve Bruce.

Baca Juga

Berbeda dengan Roy Keane, Cantona merupakan tipe pemimpin yang tak banyak bicara. Namun semua rekan setimnya menghormatinya karena sosoknyayang kharismatik.

Selama berkarier di Old Trafford, Cantona berhasil membuat Man United meraih beragam prestasi apik di kancah domestik, dengan menjuarai empat gelar Liga Inggris dan sederet trofi domestik lainnya.

Baca Juga

Namun jabatan kapten yang diemban Cantona tak bertahan lama. Pada 1996/97 ia mencopot ban kapten itu sendiri karena dirinya memutuskan pensiun dini.

Meski hanya menjabat sebagai kapten selama satu musim, kharismanya dan tindak tanduknya membuat pendukung Man United menjadikannya sebagai salah satu kapten terbaik sepanjang masa Setan Merah.


3. 3. Bryan Robson

Legenda Manchester United, Bryan Robson.

Jauh sebelum era Premier League, Sir Alex Ferguson dan Man United punya kapten yang ikonik dalam diri Bryan Robson.

Bryan Robson merupakan pemain legendaris Man United yang telah membela Setan Merah sejak 1981 hingga 1994 atau selama 13 tahun.

Baca Juga

Penunjukkannya sebagai kapten sendiri bermula saat Ron Atkinson, pelatih sebelum Sir Alex Ferguson, memberikannya ban kapten pada 1982.

Hingga Ron Atkinson digantikan oleh Sir Alex Ferguson, ban kapten itu tetap melekat di lengannya hingga akhirnya berpindah tangan ke Steve Bruce pada 1994.

Baca Juga

Selama 12 tahun menjabat sebagai kapten Man United, Bryan Robson memang keteteran di akhir-akhir tahun 1980 an akibat dominasi Liverpool.

Namun, gelar domestik tetap mampir ke Setan Merah hingga akhirnya Bryan Robson berhasil membawa Man United menjuarai Liga Inggris secara Back to Back pada tahun 1993 dan 1994.

Manchester UnitedSir Alex FergusonRoy KeaneEric CantonaBryan RobsonLiga InggrisHarry MaguireSepak Bola

Berita Terkini