x

6 Momen Dramatis dalam Perebutan Juara di Laga Terakhir Liga Inggris, Ada 'Sentuhan Emas' Aguero

Jumat, 20 Mei 2022 10:12 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan momen perebutan gelar juara di pekan terakhir Liga Inggris seiring hadirnya persaingan antara Manchester City dan Liverpool.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan momen perebutan gelar juara di pekan terakhir Liga Inggris seiring hadirnya persaingan antara Manchester City dan Liverpool di musim ini.

Liga Inggris musim 2021/22 menyisakan satu pertandingan tersisa. Dalam satu pertandingan tersisa ini, penikmat sepak bola akan dimanjakan dengan perebutan gelar juara antara Manchester City dan Liverpool.

Baca Juga

Kedua tim terbaik di Inggris dalam beberapa tahun terakhir ini, akan kembali bersaing memperebutkan gelar juara musim ini.

Keduanya berpeluang meraih gelar, mengingat saat ini baik Man City dan Liverpool hanya terpaut satu poin saja di tangga klasemen.

Sehingga, satu pertandingan terakhir ini akan menjadi penentu, siapakah yang akan menyandang gelar mahkota juara pada akhir pekan ini.

Baca Juga

Di laga terakhir, Man City akan menjamu Aston Villa. Sedangkan Liverpool akan berhadapan dengan Wolverhampton Wanderers di kandang.

Dengan satu pertandingan tersisa, Man City dan Liverpool wajib menang atas lawan-lawannya. Khusus bagi The Citizens, mereka bisa saja hanya mendapat hasil seri andai The Reds imbang atau takluk dari Wolves.

Perebutan gelar juara antara Man City dan Liverpool hingga pekan terakhir bukanlah barang baru dalam perhelatan Liga Inggris.

Baca Juga

Setidaknya, ada beberapa momen di mana gelar juara dipertaruhkan hingga pekan terakhir Liga Inggris. Berikut rangkumannya.


1. Deretan Momen Perebutan Juara di Pekan Terakhir Liga Inggris

Kericuhan laga Manchester United vs Arsenal dalam lanjutan Divisi I Inggris, 20 Otober 1990.

Gelar juara Liga Inggris musim 1994/95 juga harus ditentukan di laga terakhir. Perebutan gelar juara ini melibatkan dua tim, yakni Blackburn Rovers dan Manchester United.

Persaingan keduanya menjadi juara memuncak di pekan terakhir. Saat itu, Man United yang tertinggal dua poin, berpeluang keluar sebagai juara usai Blackburn ditumbangkan Liverpool di laga terakhir.

Namun nahas, Setan Merah malah bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas West Ham United, sehingga gelar di depan mata pun melayang.

Baca Juga

Rivalitas Man United dan Arsenal tercipta di era 90 an, terutama saat kedua tim bersaing memperebutkan gelar juara Liga Inggris di pekan terakhir musim 1998/99.

Saat itu, Man United dan Arsenal hanya berjarak satu poin saja di klasemen hingga menyisakan satu pertandingan tersisa.

Di laga terakhir, Arsenal yang bertemu Aston Villa, berharap rival sekotanya, Tottenham Hotspur, bisa membuat Man United bermain imbang di laga terakhir.

Nahas, harapan itu tak didapatkan The Gunners, sehingga Man United pun berhak menyabet gelar juara dengan keunggulan satu poin.

Baca Juga

Pertarungan merebut gelar juara secara mendebarkan terjadi di Liga Inggris musim 2007/08 saat Man United dan Chelsea bersaing satu sama lain.

Hingga satu pertandingan tersisa, Man United dan Chelsea memiliki poin sama. Bedanya, Setan Merah unggul selisih gol.

Di laga terakhir, Chelsea yang kalah selisih gol berharap Man United terpeleset saat bertandang ke markas Wigan Athletic.

Namun yang terjadi, justru Chelsea yang terpeleset di kandang saat melawan Bolton Wanderers sehingga gelar juara pun direngkuh Man United.


2. Deretan Momen Perebutan Juara di Pekan Terakhir Liga Inggris

Sergio Aguero saat memenangkan award player of the month.

Chelsea berhasil membalaskan dendamnya ke Man United dengan merebut gelar juara dari tangan rivalnya itu di pekan terakhir Liga Inggris 2009/10.

Saat itu, Chelsea dan Man United hanya berjarak satu poin saja hingga Liga Inggris menyisakan satu pertandingan, di mana The Blues berada di atas Setan Merah.

Di laga terakhir, Chelsea dan Man United membutuhkan kemenangan atas lawan-lawannya saat bermain di kandang masing-masing.

Tak disangka, Chelsea berhasil meraih kemenangan 8-0 atas Wigan sehingga gelar pun kembali ke Stamford Bridge, kendati Man United menang 4-0 atas Stoke City.

Baca Juga

Perebutan gelar juara Liga Inggris 2011/12 menjadi salah satu perebutan gelar juara paling dramatis sepanjang sejarah kompetisi tersebut. Perebutan ini melibatkan dua rival sekota, yakni Man City dan Man United.

Perebutan gelar juara ini ditentukan lewat selisih gol saja, di mana Man City lebih unggul dari Man United meski punya poin sama.

Dramatisnya perebutan juara di musim itu bisa dilihat di laga terakhir, di mana Man United untuk sementara duduk di puncak, setelah Man City tertinggal di menit ke-90. Bisa dikatakan, gelar akan mampir untuk Setan Merah.

Namun satu gol Edin Dzeko dan satu gol Sergio Aguero di menit ke-90+2 dan 90+4 mengubur harapan Man United dan memberikan gelar perdana bagi Man City di era Premier League.

Baca Juga

Sebelum musim ini, Man City dan Liverpool pernah bersaing hingga pekan terakhir untuk menentukan gelar juara Liga Inggris, tepatnya di musim 2018/19.

Saat itu, Man City unggul satu poin atas Liverpool di satu pertandingan tersisa. Sehingga laga terakhir menjadi penentuan kedua tim.

Di laga terakhir, Man City yang bertandang ke markas Brighton, mampu meraih kemenangan 4-1 sehingga merebut gelar juara atas Liverpool yang menang 2-0 atas Wolves.

Akankah hal ini terulang di Liga Inggris 2021/22? Ataukah Liverpool mampu mematahkan pengalaman buruknya di musim 2018/19 itu?

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityBlackburn RoversLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini